Loading...

Ide dan Peluang Usaha Sederhana Bidang Pertanian Dengan Modal Kecil Menguntungkan

Sponsored Links
.
Loading...

Kali ini admin ingin berbagi informasi mengenai beberapa peluang usaha di bidang agribisnis yang sekalipun usahanya kelihatan "mudah" dan "sederhana" saja, namun peluang bisnis ini ternyata sangat menjanjikan keuntungan yang besar dan yang terpenting adalah modal yang dibutuhkan  lagi lagi ternyata relatif cukup kecil.

Tidak hanya itu, Peluang usaha di bidang agrobisnis sesungguhnya sangat patut dipertimbangkan karena waktunya yang sangat fleksibel dan lebih santai dibandingkan dengan jenis usaha lainnya, faktor inilah tentunya yang membuat para karyawan, pegawai maupun adik adik yang masih pelajar juga berpeluang untuk menggeluti usaha ini.


 Usaha di bidang Agrobisnis ini juga terbilang mudah dan peluang serta pangsa pasarnya yang masih sangat terbuka lebar dan beragam. Sehingga tidak berlebihan rasanya ketika dikatakan bahwa usaha agrobisnis ini masih sangat bagus prospeknya dan juga termasuk dalam Jenis usaha yang menjanjikan keuntungan dan penghasilan tambahan yang besar. :)


1. Bertanam Sayur- Sayuran Kecil Kecilan

  Bisa dibilang sayur mayur sudah  termasuk dalam daftar kebutuhan pokok setiap rumah tangga di Indonesia.


 Jadi kenapakah anda tidak mengambil kesempatan dan memanfaatkan peluang ini ? Anda pastinya pernah kan melihat iklan viral di facebook yang mengemukakan tentang kisah sukses seorang petani kangkung hidroponik sederhana di tahun 2016 dengan omset 90 juta per bulan itu?

Dengan bertanam kangkung potong atau kangkung cabut, seledri air, budidaya sayuran bayam, menanam kacang panjang, daun kemangi, daun singkong secara kecil kecilan dahulu di halaman atau di kebun yang sekalipun lahannya sempit, tentunya anda sudah bisa membuka sebuah usaha agribisnis budidaya sayuran yang akan dapat menghasilkan tambahan lembaran rupiah dari usaha agrobisnis anda ini.

Jadi membuka atau merintis sebuah usaha agrobisnis itu cukup mudah dan sederhana ataukah sulit ?  :)



2. Peluang Budidaya Tanaman Obat Untuk Menyuplai Usaha Minuman dan Obat Kesehatan Herbal.

Jenis tanaman untuk bahan baku minuman mempunyai pangsa pasarnya sendiri, dan usaha ini sangat cocok bagi anda yang hendak memulai untuk men-suplai sebuah bisnis berbasis produksi minuman segar atau usaha minuman bahan baku obat herbal.

Beberapa Contoh peluang usaha dalam kategori ini antara lain ;

1. Bertanam Jahe Merah Dalam Karung/Polybag

2. Budidaya Tanaman Bunga Rosela untuk bahan baku sirup alami dan obat herbal tertentu

3. Budidaya Tanaman Lidah Buaya.

4 .Budidaya Tanaman untuk Jamu Kesehatan lainnya, misalnya temulawak, kunyit dan tanaman rimpang rimpangan lainnya

5. Budidaya Daun Sirih dll.






3. Usaha Membuat dan Menjual Cangkokan Tanaman Buah dan Tabulampot (Tanaman buah dalam Pot)

Ini dia salah satu peluang usaha bidang agribisnis pertanian yang paling menguntungkan dan admin prediksi akan segera populer mulai tahun ini karena admin melihat pada ramainya ulasan dan laju promosi serta perdagangan pada tahun tahun ini di media sosial.


Selain Hemat Modal, peluang bisnis agri yang satu ini sepertinya akan benar benar luar biasa di masa mendatang. Minat dan antusias masyarakat yang cukup tinggi pada tanaman buah dalam pot ini, terutama bagi warga di perkotaan menjadikan peluang usaha menjual bibit tanaman buah kerdil/perdu di dalam pot akan semakin terbuka lebar.

Semua orang pasti tertarik untuk memetik tanaman buah yang ranum bergerombol di halaman belakang atau pekarangan mereka bukan? ini dia peluang bisnis pertanian tahun ini yang sangat menjanjikan.


4. Peluang Bisnis Agrobisnis Sedehana :  Berjualan Bunga dan Tanaman Hias

Apakah Anda hobi berkebun? suka menata dan mendekorasi taman bunga anda yang indah ?dan sangat bersemangat untuk merawat tanaman hias dan aneka tanaman bunga di pekarangan anda?

Hmm. hobi anda tersebut sebenarnya memilik potensi usaha yang lumayan loh..
Jadi mengapakah anda tidak mencoba untuk sekalian mengembangkan taman indah anda dan mulai berjualan bunga/ menjadi petani bunga untuk para pecinta tanaman hias seperti anda atau untuk mensupplai kebutuhan akan tanaman hias bagi para penjual bunga di daerah anda?

 Yakinlah peluang bisnis ini benar benar hanya butuh modal yang cukup kecil namun memiliki potensi bisnis yang sangat menguntungkan. Hampir setiap rumah memiliki pekarangan dan kebanyakan mereka membutuhkan tanaman hias bagi taman atau kebun mini mereka.

Tentu saja ini belum termasuk para dekorator eksterior, bahan dasar karangan bunga, taburan untuk ziarah dan hiasan pelaminan atau hajatan di indonesia yang sudah dimaklumi membutuhkan banyak bunga dan tanaman hias.

Tertarik dan ingin mencoba? modalnya tidak banyak kok, cukup kembangkan tanaman hias yang anda miliki dahulu dan mulailah memperlengkap koleksi bunga ada dari uang hasil penjualan tersebut.

5. Budidaya Jamur Konsumsi Modal Kecil-Kecilan


Peluang Bisnis Jamur konsumsi juga cukup menjanjikan.

Pasalnya, dengan pangsa pasar yang masih sangat terbuka lebar serta persaingan yang masih sepi, memilih budidaya jamur tentunya adalah pilihan yang sangat tepat.


Berbagai panganan dan kudapan dari olahan jamur sangat digemari masyarakat karena rasannya yang lezat serta kandungan gizinya yang tinggi. 



Jamur adalah makanan yang sangat di rekomendasikan oleh para ahli gizi dan juga para vegetarian.



6. Usaha Pembibitan Pohon.


Varian/Jenis bibit pohon sangatlah beragam dan kondisional sesuai daerah anda.

Cobalah anda kira kira tanaman apa saja ya yang berpeluang paling bagus dan menguntungkan serta bisa berpeluang akan dapat menghasilkan lembaran lembaran rupiah di daerah sekitar anda.


Pembiakan Bibit Pohon Kelapa, bibit pohon jati emas, bibit pohon cendana, bibit pohon pisang dll. mungkin adalah bibit pohon yang bisa anda pilih dalam jenis usaha ini.



7. Budidaya Tanaman Buah Produksi.

 Dalam kategori budidaya tanaman/ bisnis agrobisnis modal kecil kecilan yang ke tujuh ini, anda bisa menanam jenis tanaman buah yang murah bibit alias mudah didapatkan di daerah anda dan juga terjangkau biaya perawatannya.

Contoh Tanaman buah yang bisa anda budidayakan antara lain ; 


Budidaya Kedondong

Budidaya Pisang Raja / Kepok / Susu
Budidaya Jeruk Manis
Budidaya Jeruk Purut
Budidaya Buah Naga dll.


Nah kiranya demikianlah 7 ide dan peluang usaha sederhana di bidang Agrobisnis dengan modal kecil yang bisa anda pertimbangkan.  semoga bemanfaat. 


Salam sukses selalu. 
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter