Cara Mudah Mengatasi Hama dan Penyakit Pada Tanaman Pepaya California

.
.
Mengatasi hama dan penyakit pada tanaman pepaya California perlu dilakukan secara cepat dan tepat, jika tidak serangan hama dan penyakit akan menyebar ke semua tanaman sehingga akan berimbas negatif pada budidaya pepaya California seperti nilai produktifitas menurun, tanaman bisa mati dan bisa menyebabkan gagal panen.

Untuk itu setiap petani yang akan terjun di budidaya pepaya California diwajibkan untuk mengetahui ciri-ciri gejala serangan hama dan penyakit sehingga dapat segera menanggulangi sesuai dengan hama dan penyakit yang menyerang tanaman.


Berikut ini beberapa hama dan penyakit yang kerap menyerang tanaman pepaya California
Hama Kutu Putih pada Pepaya California
Hama kutu putih atau Paracoccus Marginatus biasanya menempel pada bagian daun dan batang, jika didiamkan kutu ini dapat menyebabkan tanaman kerdil, hama kutu ini juga bisa menyebabkan buah gugur dan batang bisa membusuk dan akhirnya mati.

Pencegahan hama kutu putih

• Semprot pada daun dan buah yang terserang kutu putih dengan larutan detergen, larutan ini bertujuan untuk menghilangi lapisan lilin pada kutu putih
• Setelah dilakukan penyemprotan dengan detergen baru dilakukan penyemprotan dengan insektisida. Jenis inseksida bisa menggunakan jenis insektisida kontak seperti Cruracon, Bestox, Akothion, Imidor, Abuki, Marshal 200 EC, Natucide 100 EC dll atau menggunakan insektisida berbahan aktif.

Hama kutu batang pada Pepaya California
Hama kutu batang atau Pseudaulacapsis Papaya ini berbentuk pipih dengan ukuran 0,2cm dengan warna abu-abu dan membentuk sisik. Ciri terserangnya hama kutu batang adalah munculnya lapisan kerak putih pada batang pepaya sehingga akan menggangu pertumbuhan tanaman.Untuk mengatasi hama ini bisa diatasi dengan insektisida seperti Supracide atau Bassa 500 EC 0,1 – 2%.

Hama Nematoda pada Pepaya California
Hama nemotoda ini termasuk dalam jenis hama cacing parasit. Hama ini menyerang pada bagian akar tanaman pepaya, efek dari serangan hama nematode adalah muncuknya benjolan dan bengkak pada akar.

Untuk mencegah terjadinya serangan hama nematode bisa dilakukan mengocoran dengan nematisida pada lubang tanaman sebelum dilakukan penanaman.

Hama Lalat Buah Pada Pepaya California
Jenis lalat buah yang sering menyerang antara lain Dacus Dorsalis yang biasa menyerang cabai, Dacus Cucurbitae yang sering menyerang tanaman jenis labu-labuan dan Toxotrypana Curvicauda.

Untuk mengendalikan hama lalat buah bisa menggunakan perangkap lalat, buah dibungkus dengan kantong kertas , atau bisa dilakukan penyemprotan insektisida yang berbahan aktif Triazofos (Hostathion 40 EC sebanyak 2 cc/liter), Fipronil (Regent 50 SC sebanyak 1 cc/liter) serta Diazinon (Basudin), Fenotrothion (Sumithion 50 EC) dan Endosulfan (Thiodan 35 EC) sebanyak 2-3 cc/liter.

Sedangkan untuk lalat buah jenis Toxotrypana Curvicauda bisa dilakukan dengan insektisida berbahan aktif Permethrin (Pounce 3.2 EC) atau Ambush, aplikasi insektisida ini maksimum 7 hari sebelum panen dan tidak lebih dari 6 kali per musim tanam.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive