Loading...

Cara Mudah Membuat Keripik Nangka Gurih dan Renyah

Sponsored Links
.
Loading...

Buah-buahan umumnya dibuat untuk dijadikan dodol, namun semakin kreatifnya dunia kuliner kita sekarang ini menjadikan orang untuk berlomba-lomba menciptakan ide baru, ada buah-buahan yang hanya diambil sarinya untuk dijadikan minuman, namun sekarang ini sudah banyak orang yang menjadikan buah-buahan untuk di olah menjadi keripik. Bahkan buah yang sifatnya basah seperti nangkapun kini sudah bisa diolah untuk menjadi keripik. Mungkin sebagian dari Anda ada yang sudah pernah mencicipi keripik nangka.

cara membuat keripik nangka
Dan mungkin juga ada yang sama sekali belum pernah mencicipi, bahkan belum pernah melihat keripik nangka. Keripik nangka sebenarnya sudah dikenal di Indonesia sejak lama, keripik nangka sering kita jumpai di beberapa gerai pusat oleh-oleh. Hal ini karena keripik nangka sangat cocok jika dijadikan oleh-oleh untuk keluarga.

Anda pasti penasaran bagaimana cara membuat keripik nangka, keripik nangka biasanya disukai banyak orang karena rasa manisnya asli dan tidak berubah layaknya buah nangka yang belum diolah, keripik nangka sangat cocok untuk disajikan saat keluarga sedang bersantai menikmati acara tv ataupun disajikan untuk tamu.


Bahan-bahan Cara Membuat Keripik Nangka :
  • buah nangka segar, tidak terlalu matang 1 kg
  • air 1½ liter
  • kapur sirih 100 gram
  • garam 75 gram
  • gula pasir 150 gram
  • minyak goreng 2 liter
Cara Membuat Keripik Nangka Gurih dan Renyah

  1. Kupas buah nangka dan bersihkan kulit beserta  jeraminya, belah daging buah, buang bijinya lalu potong ujung-ujungnya.
  2. Rendam buah nangka dengan air larutan kapur sirih hingga 5 jam.
  3. Cuci bersih buah nangka kemudian tiriskan hingga benar-benar kering.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang sedikit mengembang sebaiknya buah yang telah dicuci dijemur dulu selama 5 jam.
  5. Kemudian Masukkan ke dalam mesin vacum frying (mesin penggoreng hampa udara) dengan minyak yang dipanaskan pada suhu rendah tidak melebihi 90° Celcius.
  6. Goreng hingga matang dan buih pada minyak semakin mengecil atau berkurang, angkat dan tiriskan. Dapat menggunakan mesin peniris minyak, agar keripik nangka tidak mudah tengik.
  7. Simpan keripik buah nangka ke dalam wadah atau plastik kedap udara supaya rasa renyah dan gurihnya tahan lama.

Informasi tambahan : Penambahan rasa pada keripik nangka dapat dilakukan sebelum buah nangka digoreng, kita bisa menambahkan gula pasir, garam atau madu.

Nah keripik nangka sudah siap disajikan untuk keluarga tercinta. Jika Anda sudah membaca cara membuat keripik nangka dan gagal, silahkan Anda coba terus di rumah dan jangan pernah takut gagal, karena untuk mendapatkan hasil yang bagus itu kita harus berani gagal dulu.

Selamat mencoba dan siapa tahu dari resep diatas bisa mengawali Anda dalam berusaha. dan ketika Anda mencobanya dirumah sebaiknya pada saat musim-musim panas. Hal ini disebabkan karena keripik nangka yang dikeringkan dengan menggunakan sinar matahari langsung hasilnya akan lebih bagus ketika digoreng nanti, sebaliknya keripik nangka akan keras ketika belum kering namun sudah digoreng.

Nah sekian dulu informasi mengenai cara membuat keripik nangka. Semoga bisa Anda jadikan satu referensi dan semoga bermanfaat buat Anda. Selamat mencoba semoga mendapatkan hasil yang terbaik.

Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter