Cara Menanam Cabai Pelangi

.
.

Cabai Pelangi mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai cabai yang indah, berasal dari Bolivia. Dikenal juga sebagai bolivian rainbow atau cabai pelangi dari Bolivia. Warna yang beragam dari satu rumpun membuat cabai ini cocok dijadikan tanaman hias yang bisa dipajang dimanapun diruangan anda berada. Ingin tahu cara menanam cabai pelangi dan peluang usaha yang bisa didapat. Simak ulasan di bawah dengan cermat ya.



Cabe Pelangi, Cabe nan Indah dan Menguntungkan
Dalam satu pohon terdapat bermacam warna yang Indah, itulah kenapa disebut sebagai Cabai Pelangi
Cabai pelangi adalah sejenis cabai yang berasal dari Bolivia sehingga dikenal sebagai bolivian rainbow. Warna dari cabai ini sangat indah. Walaupun berwarna warni cabai ini tetap berasa pedas seperti cabai rawit hanya saja tentu lebih pedas cabe rawit. Untuk lebih rinci kita lihat karakteristik dari cabai pelangi ini.
  • Tingkat kepedasan: 5.000 – 30.000 SHU
  • Tinggi tanaman rata-rata: 60-90cm
  • Iklim ideal: dataran rendah – tinggi
  • Sinar matahari: sepanjang hari
  • Media tanam: tanah2 : humus, pupuk organik, arang sekam
  • Kebutuhan air: sedang
  • Masa perkecambahan 7-21 hari
Tingkat kepedasan dari cabai pelangi ini hanya mencapai 30.000 SHU tentu tidak sepedas cabai rawit yang mencapai 50.000-100.000 SHU. Tetapi untuk lidah orang bule itu sudah cukup pedas kok. Kalau di Indonesia ya untuk lidah orang Jogjakarta itu sudah cukup pedas. Cabai ini walaupun bisa dikonsumsi tetapi banyak orang membudidayakan untuk tanaman hias.

Cara Penanaman Cabai Pelangi

Sama seperti postingan saya sebelumnya, tentang cara membuat benih cabai. Sekarang saya akan membahas cara menanam cabai pelangi sampai menjadi tanaman hias yang indah.
  1. Siapkan bibit atau benih tanaman cabai pelangi
    Jika kamu mempunyai cabai pelangi, maka caranya adalah keluarkan biji cabai pelangi, kemudian rendam dalam air dan pilih biji yang tenggelam saja untuk ditanam dengan hasil berkualitas. Untuk lebih jelas silahkan baca postingan saya tentang persiapan benih cabai.
  2. Siapkan media semai,
    Media semai yang dipakai bisa memakai arang sekam, tissu yang dibasahi, kapas dan lain sebagainya. Penyiraman dilakukan pagi dan sore dengan semprotan.
  3. Setelah panjang bibit padi mencapai 10 cm pindahkan ke media pot yang sudah terkandung komposisi 50 % tanah, 50% pupuk organik dan arang sekam yang sudah difermentasi. Pupuk organik dan arang sekam yang sudah difermentasi akan sangat baik untuk menumbuhkan lingkungan yang ramah untuk tanaman.
  4. Siram dan rawat seperti anda menyiram bunga.
    Perawatan yang dimaksud adalah jangan terkena sinar matahari langsung. Dan pastikan di tempat yang agak luas. Andaikan tanaman maka jarak tanam 30x30 cm adalah ruang kosong. Jangan terlalu banayk air ya, karena air dapat membuat akar tanaman membususk.

Peluang usaha dari Cabai Pelangi

Harga di pasaran adalah untuk satu paket biji pelangi adalah 1 biji dihargai 1000 rupiah. Bayangkan jika anda berhasil mengembangkan cabai ini dan panen satu kg. Taruhlah dari 1 cabai saja terdapat 20 biji. Maka anda bisa tahu betapa bisnis ini sangat menguntungkan dan menyenangkan bukan. Anda tertarik mencoba, Cobalah sebagai hobby.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive