Loading...

Cara Membuat Bonsai Adenium

Sponsored Links
.
Loading...
bonsai-adenium
CARA MEMBUAT BONSAI ADENIUM -- Sahabat berkebun tentu sudah tidak asing dengan tanaman adenium. Selain warna bunganya yang menarik, tanaman Adenium bisa dibentuk menjadi bonsai yang aduhai. Namun untuk membuat tanaman bonsai adenium yang indah dan menarik bukanlah perkara sepele. Namun jika para sahabat kebun mau, tentu kerumitan membuat bonsai dari tanaman adenium bukan masalah. Jika ada kemauan maka ada jalan, begitu kata orang. Jika anda memiliki kemauan untuk membuat bonsai Adenium, tentu anda bisa lakukan itu.

Konon Tanaman Bonsai Adenium terinspirasi dari Seni Tanaman Bonsai. Di karenakan sebagian type atau species adenium bila dilewatkan tumbuh alami kurang menarik serta terkesan berantakkan, maka nampak inspirasi untuk mengubah penampilan mirip tanaman bonsai. Merawat Bonsai Adenium merupakan pekerjaan yang tidak sulit, asal telaten.

Ada perbedaan pendapat di mana adenium tidak bisa di kategorikan tanaman bonsai di karenakan tidak berkayu. Namun apa pun itu saya tidak mempersoalkan. Terhitung bonsai atau bukan hanya yang mutlak membikin tanpilan adenium lebik menarik supaya tidak menjemukan.

Bentuk-Bentuk Kreasi Bonsai Adenium

Pada dasarnya bentuk Bonsai Adenium tidak ada aturan yang baku. Semua tergantung pada selera anda. Sahabat berkebun berkebun bisa melakukan kreasi dalam membuat Bonsai Adenium. Berikut beberapa bentuk kreasi Bonsai Adenium:

  • Bentuk bonggol sisi tiga terisi penuh semakin kebawah makin besar. Dari bawah berbatang satu lurus atau berkelok, selanjutnya bercabang satu kesamping diikuti dengan percabangan ranting-ranting. Demikian selanjutnya hingga keatas. Seperti sebatang pohon yang tumbuh cabang kiri serta kanan dengan batang utama terus satu hingga atas. Bentuk ini umumnya dari type Obesum, Socotranum, Somalense.
  • Akar terurai atau terisi penuh. Dari bawah tumbuh dua atau tiga batang. Setelah itu tumbuh cabang seperti di atas. Hingga berupa pohon kembar.
  • Bonggol lebar. Dari bawah berbatang banyak, lima atau lebih tumbuh dari bonggol. Setelah itu mulai bercabang disemua batang, semakin keaatas percabangan makin banyak serta serempak. Sehinga membentuk seperti sapu lidi mengembang. Type ini umumnya dari Arbicum, RCN.
  • Bonggol terurai atau terisi penuh. Tumbuh banyak batang menuju ke semua arah. Selanjutnnya batang diarahkan kesamping berserta cabang ranting. Dipotong atau di bentuk seperti paku payung. Dapat pakai type Swazicum
  • Memakai pot tinggi atau diletakkan pada lokasi tinggi. Adenium tumbuh seperti pohon melengkung kebawa dengan cabang ranting. Seperti pohon tumbuh di tepi jurang di mana dahan serta ranting terurai kebawah. Umumnya type Obesum, Swazicum
  • Berupa unik. Bonggol atau batang adenium mirip suatu hal benda, perumpamaan mirip binatang ular kelinci ikan dan lain-lain. Terkadang diukir oleh yang memilikinya. Hal semacam ini syah-syah saja tidak ada larangan bergantung selera

Cara Membuat Bonsai Adenium

Setelah Sahabat kebun memiliki gambaran bagaimana bentuk bonsai Adenium yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah membuat bonsai adenium itu sendiri, atau membentuk bonsai tanaman adenium sesuai yang diinginkan.

Dalam membuat Bonsai Adenium dapat diawali dari menentukan tipe bonsai Adenium. Di karenakan tipe atau species benar-benar mendukung pembentukan akar serta judul adenium. Bisa diawali dari beli anakkan atau perbanyak sendiri dengan langkah semai biji.

Kemudian lanjutkan membentuk akar bonggol. Sesuikan dengan type species adenium. janganlah memaksakan berlawanan dari karakter akar yang telah dipilih. Contoh. bila type akar terurai janganlah berupaya membentuk terisi penuh begitupun sebaliknya.

Selanjunya membentuk batang cabang. Hal semacam ini juga baiknya janganlah memaksakan diri berlawanan dengan type adenium. Membikin cabang ranting bisa dibantu dengan langkah:

  • Tehnik Potong
  • Tehnik Grafting
  • Tehnik Pruning
  • Tehnik Double Tracking

Nah Sahabat berkebun itu tadi sekelumit tentang cara membuat bonsai dari tanaman adenium.  Pada intinya membuat bonsai dari tanaman adenium adalah teknik membentuk bonggol serta rencana batang cabang. Seluruh itu dapat jalan prima benar-benar bergantung dari tipe adenium itu sendiri.

Sumber : tatakebun.blogspot.com
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter