Loading...

Cara Mendapatkan Bakal Bonsai

Sponsored Links
.
Loading...

Berbagai macam cara apabila kita ingin mendapatkan bakalan bonsai. Kadang tanpa disengaja dengan mudah kita mendapatkannya. Terkadang kita sudah meluangkan waktu hanya untuk mencari dan berburu bakalan bonsai namun tidak mendapatkan bakalan bonsai yang kita inginkan. Kalau sudah begitu maka kita harus belajar dan mencari akal bagaimana caranya memperbanyak tanaman, memperbanyak dan memperoleh anakan atau bakalan bonsai :

Persemaian dari biji ; sawo, jeruk lingkit dewa daru, nam nam, dll, persemaian dari biji membutuhkan kesabaran dan butuh waktu yang cukup lama bahkan bertahun-tahun. Perbanyakan dari biji keununggulannya adalah dari gaya atau style yang kita rencanakan dari kecil.

Cangkok, stek, okulasi ; memperbanyak dengan cara mencangkok, stek, okulasi. Perbanyak dengan cara dapat dilakukan terhadap semua pohon atau tanaman yang memenuhi syarat bonsai lihat posting (bagaimama cara memperbanyak tanaman dengan cara mencangkok, okulasi stek)

Anakan dari akar ; mengambil anakan dari akar ini sangat mudah dilakukan, anakan akan tumbuh disekitar tanaman induknya, tumbuh dari akarnya (Ranting putri, tanaman sisir)

Dari alam ; kebanyakan jenis ficus dapat ditemukan menempel dipohon lain (diats pohon kelapa, kelapa sawit, pohon yang sebagian mati) menempel diatas bangunan tua, tumbuh dipinggiran sungai (Sepang), batu-batu karang, Keunggulan bakalan dari alam ini adalah bentuknya yg sudah terbentuk oleh alam (karena tiupan angin, kerdil karena kurang makanan)
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter