Seputar Tanaman Bunga Lotus

.
.
TANAMAN BUNGA LOTUS -- Salah satu jenis tanaman air ini biasa dianggap orang sama dengan bunga teratai air. Namun Antara tanaman Lotus dan Teratai ternyata memiliki perbedaan. Jika anda perhatikan kedua tanaman hias air tersebut akan jelas bedanya. Tangkai pada tanaman bunga lotus  menjuntai dengan ukuran tinggi lebih dari pada bunga teratai. Selain itu tangkau dari Bunga Lotus lebih kuat dibandingkan tangkai bunga teratai. Jika diamati pada bagian daun , pada daun  bunga teratai tergolong anti air atau waterproof, sedangkan lotus daunnya tidak tergolong waterproof. Nah meski keduanya sama-sama memiliki keindahan yang eksotik, tetap saja berbeda.

Tanaman Lotus atau yang biasa dikenal dengan Bunga Seroja ini selain memiliki keindahan pada bagian daun maupun bunganya ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat bunga lotus atau seroja ini diyakini memiliki manfaat sebagai bahan antioksidan, sebagai agen Hepatoprotection, Obat anti diabetes, sebagai agen   Immunomodulation hingga membantu mencegah obesitas. Nah selain menanam Bunga Lotus sebagai hiasan kita juga bisa memanfaatkannya untuk mengobati penyakit-penyakit tersebut.

Dari segi jenis bunga Lotus atau bunga seroja inio terdapat  beberapa jenis . Akan tetapi yang paling sering kita lihat dan paling umum yang ditanam yakni bunga lotus pink dan bunga lotus putih. Bagian dari  bunga lotus pada umumnya terdiri dari selapis kelopak bunga, namun ada juga  jenis lotus dengan kelopak bunga jamak.Dan seperti tanaman bunga lainnya, bunga lotus juga memiliki putik bunga serta benang sari untuk penyerbukan untuk menghasilkan buah lotus, bahkan baik biji dan batang lotus dapat konsumsi.

Cara Merawat Bunga Lotus

Tanaman Bunga Lotus merupakan tanaman air yang menyukai media berlumpur yang tergenang oleh air. Selain itu karakter lain dari tanaman bunga lotus ini adalah menyukai sinar matahari langsung sepanjang hari.  Karena itu dalam menanam dan merawat tanaman bunga lotus, hal penting yang harus diperhatikan adalah masalah penempatannya. Sediakan pula pot atau media yang berlumpur.

Untuk  media tanam yang dipakai adalah  campuran dari  pasir, tanah dan pupuk kompos yang sudah jadi dengan perbandingan komposisinya adalah 1:1:1.  Penanaman Bunga Lotus bisa ditanam dari biji atau mengampil rimpang dari Tanaman Lotus tersebut.

Setelah penanaman bibit bunga lotus dilakukan, langkah selanjutnya adalah perawatan bunga lotus. Perawatan dilakukan dengan pemupukan secara berkala. Pemupukan dapat dilakukan melalui daun dengan disemprotkan atau melalui penambahan pupuk cair pada media tanam bunga lotus.

Perawatan lain dari Bunga Lotus ini adalah proses pemangkasan batang dan daun. Caranya adalah dengan menyingkirkan daun-daunnya yang sudah mulai layu dan mati. Dengan pemangkasan daun Lotus ini akan membuat lotus tetap terlihat cantik bahkan jika ia belum berbunga.

Untuk lebih mengoptimalkan pertumbuhan dari tanaman bunga lotus ini, selalu diperhatikan kondisi akar pada media tanam. Jika sudah cukup penuh maka perlu dilakukan repotting atau penggantian media dan pot. Akar-akar yang sudah tua dan mati dibuang dan sisakan yang masih bagus. Dengan proses repotting ini anda bisa mendapatkan rimpang yang bisa ditanam sebagai bibit untuk ditanam di pot lain atau tempat lain.

Karena tanaman Lotus ini ditanamn di media yang mengandung air, agar media tidak digunakan sebagai sarang jentik nyamuk, taruh ikan-ikan kecil di media tersebut. Ikan yang bisa dipelihara bersama bunga Lotus adalah Cupang, ikan Molly atau bisa juga ikan pedang. Cara lain bisa memberikan larutan abate secara periodik pada media tanaman lotus.



Sponsored Links
loading...
Loading...
.