Aplikasi Ponsel Khusus Untuk Petani

.
.
Aplikasi Ponsel Khusus Untuk Petani Indonesia
Hasil gambar untuk aplikasi pertanian di android

Optimalisasi fungsi telepon seluler diharapkan mampu menyelesaikan masalah pertanian sehari-hari, sehingga dapat meningkatkan kuantitas, kualitas, dan kontinuitas produksi yang siap diserap oleh pasar. Informasi-informasi yang harus disediakan oleh operator seluler sehingga cepat diakses melalui telepon seluler pertanian meliputi : (1) global positioning system, (2) data lingkungan spesifik lokasi, (3) data tanaman spesifik lokasi, (4) data sarana produksi pertanian, (5) data teknik budidaya spesifik lokasi, (6) informasi pasar jual-beli, dan (7) informasi teknologi pertanian terbaru, serta (8) pengambilan keputusan melalui customer service. Fungsi-fungsi tersebut tentu saja dapat beroperasi berdasarkan koleksi pusat data, oleh sebab itu petani pengguna juga dituntut untuk selalu memberikan input data spesifik lokasi terbaru, meliputi data kuantitatif dan kualitatif (misalnya : foto gejala penyakit), yang akan dicocokkan dengan database koleksi pusat data. Selain itu, data-data input yang dianggap baru oleh database koleksi pusat data akan segera dihubungkan kepada lembaga-lembaga penelitian mitra untuk segera dianalisis, sehingga selalu dapat digunakan untuk memperbarui koleksi pusat data yang siap diakses oleh petani pengguna.
Aksesibilitas berbagai informasi pertanian yang terintegrasi melalui peran strategis operator seluler bukanlah hal yang sulit diwujudkan. Beberapa perangkat lunak telah berhasil diluncurkan, diantaranya :
(1) Nokia Life Tools

nokia_life_tools_logo
Nokia Life Tools merupakan layanan telepon seluler yang bertujuan untuk menjembatani petani dalam akses informasi harian tentang harga dan ketersediaan sarana produksi pertanian, prakiraan cuaca, berita pertanian, dan tips yang disesuaikan dengan lokasi petani dan tanaman yang dipilih (Nokia, 2014);
(2) PHSL-Pemupukan Hara Spesifik Lokasi Padi Sawah v1.11 (webapps.irri.org/),
PHSL-Pemupukan Hara Spesifik Lokasi Padi Sawah v1.11
PHSL merupakan layanan online untuk membantu dalam pengambilan keputusan, dengan memberikan saran pengelolaan hara sesuai kebutuhan tanaman dan kondisi spesifik lokasi hingga level desa untuk seluruh Indonesia (IRRI, 2012);
(3) Kalender Tanam Terpadu Versi 1.8,
Kalender Tanam Terpadu Versi 1.8
Kalender Tanam Terpadu adalah pedoman atau alat bantu yang memberikan informasi spasial dan tabular tentang prediksi musim, awal tanam, pola tanam, luas tanam potensial, wilayah rawan banjir dan kekeringan, potensi serangan OPT, serta rekomendasi dosis dan kebutuhan pupuk, varietas yang sesuai (pada lahan sawah), dan data alsin berdasarkan prediksi variabilitas dan perubahan iklim.
Google Play™: Katam Terpadu
Sumber : Beranda Inovasi.com


4. Mata Daun

Aplikasi petani ciptaan anak negeri ini bernama Mata-Daun. Dengan aplikasi ini para petani bisa menghitung jumlah pupuk yang dibutuhkan tanaman seperti padi dan kedelai hanya dengan memfoto daunnya. Selain itu hanya dengan kamera gadget aplikasi ini bisa mendeteksi warna-warna daun dan mengukur kadar klorofil dan nitrogen di daun tersebut.
Menurut Marcellinus, aplikasi ini sangat membantu petani meski ketepatannya hanya 80 persen dari alat buatan Jepang yang harganya bisa mencapai Rp 20 juta.
Aplikasi Mata-Daun bisa berjalan di sistem operasi Android minimal versi 4.0 dan dengan prosesor minimal 1GB serta ROM 2GB dan kamera 5MP.
Google Play™: Unduh Mata Daun

5. Petani

Aplikasi Petani untuk Android
Aplikasi yang di beri nama “Petani” ini merupakan hasil kreasi pengembang dari Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada. Apps ini layanan-nya menggunakan short message service (SMS) yang akan berfungsi sebagai jembatan dan sarana komunikasi antara petani dan para pakar pertanian.
Bahkan dari pihak fakultas pertanian menyediakan mobil khusus yang akan meninjau langsung kondisi petani di lapangan setelah mendapat informasi dari para petani.
Aplikasi Petani bisa berjalan di sistem Android minimal versi 2.2 dan ukuran filenya hanya 5.5 MB. Aplikasi ini bisa di unduh melalui link ini www.8villages.com/petani atau di Play Store.
Sumber : Klik for klik.com



Semoga Bermanfaat Tolong sebarkan

Tunggu Postingan selanjutnya Aplikasi Ponsel dari Luar Negeri



Sumber : dari berbagai sumber
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive