Loading...

Cara Mudah dan Praktis serta Sederhana Menanam Tomat Hidroponik Dirumah

Sponsored Links
.
Loading...
Tips Sederhana Menanam Tomat Hidroponik Dirumah - Budidaya sayuran maupun buah-buahan dirumah sangat menyebangkan, apalagi kalau cara yang digunakan unutk menanam adalah cara menanam hidroponik. Tanaman hidroponik adalah cara yang bisa kita lakukan untuk bercocok tanaman dipekarangan yang sempit. Karena menanam dengan cara hidroponik ini tidak membutuhkan media lahan atau tanah yang luas. Kita bisa menggunakan bahan-bahan bekas seperti botol aqua bekas, sterofoam, dan sebagainya. salah satu cara yang paling mudah dan murah dalam menanam metode hidroponik adalah sistem wick atau sumbu. Sebagaimana sudah saya posting pada aertikel sebelumnya bahwa sistem wick atau sumbu ini lebih praktis dan murah.

Menanam hidroponik sangat menguntungkan dan tentunya hasil yang didapatkan akan maksimal. Banyak tanaman yang bisa dibudidayakan menggunakan sistem hidroponik ini, salah satunya adalah tomat. Nah tomat ini sangat mudah kita budidayakan dengan metode hidroponik, dan dibawah ini akan admin share bagaimana tips sederhana budidaya tomat hidroponik.

Tips Sederhana Menanam Tomat Hidroponik Dirumah


Sebelum kita menanam tomat hidroponik, maka hal yang perlu dipersiapkan adalah pemilihan benih tomat. Untuk memilih benit atau bibit tomat, anda bisa beli benih yang baik ditoko pertanian atau bisa juga menyemai sendiri dengan memilih buah toamat yang berkualitas. Namun jika anda ingin cara yang praktis ya dengan membeli benih yang dijual ditoko pertanian.

Setelah benih anda dapatkan, maka sekarang anda lakukan pembuatan media tanam. Metode hidroponik yang bisa anda gunakan adalah dengan menanam hidroponik sistem wick atau sumbu. Anda bisa baca pada postingan saya sebelumnya tentang Tehnik Menanam Hidroponik Sistem Wick.

Penyemaian

Penyemaian benih tomat bisa anda lakukan dengan metodehidroponik rockwool. Karena cara ini bisa dibilang cukup simpel yaitu mudah nantinya untuk dipindahkan. Caranya potong rockwool berbentuk dadu keci-kecil, kemudian anda rendam kedalam air yang sudah diberikan nutirisi. Setelah itu silahkan anda benam biji tomat tersebut dalam rockwool dengan masing-masing 1 biji untuk satu rockwool. Agar benih tomat dapat tumbuh degan baik maka perlu diberikan perawatan, caranya simpan benih ditempat yang cukup teduh selama beberapa hari sampai benih tumbuh kecambah. Setelah tumbuh kecambah silahkan anda pindahkan benih yang tumbuh kecambah tersebut ditempat yang cukup terkena sinar matahari. Setelah benih mulai tumbuh 4 daun atau lebih, maka saatnya anda pindahkan tomat hidroponik anda ketampat yang lebih besar.

Tomat Hidroponik Siap Untuk Dipindah ke Pot atau Botol Plastik

Silahkan anda pindahkan benih tomat yang sudah memiliki 4 lembar daun tadi pada pot atau bekas botol plastik dengan maksud agar benih bisa berkembang dengan baik. Yang perlu anda perhatikan adalah akar tomat jangan samapi terendam semuanya. Lebih baik kasih jarak antara akar dengan air nutrisi suapaya akar juga mendapatkan oksigen.

Membesarkan Tomat Hidroponik

Untuk langkah selanjutnya adalah membesarkan tomat hidroponik anda. Anda bisa gunakan sistem wick yang sudah sebelumnya anda persiapkan. Untuk caranya silahkan anda baca artikel sebelumnya tentang Tehnik Menanam Hidroponik Sistem Wick. Anda juga bisa menambahkan batu atau krikil pada media tanaman untuk membantu menopang tumbuhnya tanaman hidroponik anda. Jika tomat hidroponik anda sudah bertambah besar dan tinggi, sebaiknya gunakan sulur yang membantu tanaman agar dapat tegak berdiri.

Untuk menunjang pertumbuhan tomat hidroponik silahkan anda pakai nutrisi khusus hidroponik untuk tomat hidroponik, karena kandungan nutrisi didalamnya sudah disesuaikan. Cara penggunaan nutrisi hidroponik tomat adalah sebagai berikut :

Nutrisi khusus tomat hidroponik


Cara membuat pekatan AB Mix:

Pekatan A : Larutkan kantong A sehingga menjadi 500 ml
Pekatan B : Larutkan kantong B sehingga menjadi 500 ml
Cara pemakaian pekatan AB Mix:
masa semai : 3 ml pekatan A + 3 ml pekatan B dengan 1 liter air bersih
Masa pertumbuhan: 5ml pekatan A +5 ml pekatan B per 1 liter air
Masa pembuahan : 7 ml pekatan A + 7 ml pekatan B per 1 liter air naikkan secara bertahap hingga 10 ml per 1 liter air agar bunga tidak rontok.


Baca juga artikel lain Panduan Sederhana Menanam Tomat Hidroponik Dirumah, mudah-mudahan bermanfaat dan menambah wawasan anda semua. Salam pertanian..
Sponsored Links
Loading...