Loading...

Cara Membuat Pakan Alternatif Lele Yang Bagus Supaya Cepat Besar

Sponsored Links
.
Loading...
Pakan Alternatif Lele Yang Bagus Supaya Cepat Besar- Pakan Alternatif Lele di Sekitar Kita Yang Bagus Untuk Mempercepat Pertumbuhan. Lele atau ikan keli, adalah sejenis ikan yang hidup di air tawar. Lele mudah dikenali karena tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang, serta memiliki kumis. Budidaya Lele 40 hari panen sudah menjamur dan bukan rahasia lagi. Budidaya lele 40 hari bisa mudah dicapai dengan tip dan trik yang ada di google dengan Penelusuran yang terkait dengan lele, seperti lele klasifikasi yang lebih rendah, pengertian ikan lele, deskripsi ikan lele, nama ilmiah ikan lele, budidaya ikan lele di kolam terpal, masakan lele, lele jawa, ikan lele raksasa makan manusia, pakan ikan lele, cara membuat pakan lele dari dedak, membuat pakan lele sendiri, makanan ikan lele selain pelet, pakan alami ikan lele dari tumbuhan, pakan lele buatan sendiri, Pakan Lele, ikan lele supaya cepat besar, cara membuat pakan lele murah, jenis pelet lele dll.

https://miefbird.blogspot.com/2017/09/pakan-alternatif-lele-yang-bagus-supaya.html
Pakan Alternatif Lele



Pakan merupakan salah satu faktor utama penunjang kesuksesan dalam budidaya ikan lele. Mahalnya Harga Pakan Lele menjadi kendala tersendiri bagi para petani, sehingga kami berinisiatif memberikan jalan keluar dengan memberikan Pakan Alternatif Lele yang berada di Sekitar Kita seperti ikan rucah. Biasanya, ikan rucah melimpah di tempat-tempat pelelangan ikan dan dijual dengan harga murah. Pastikan ikan rucah untuk pakan alternatif lele ini berada dalam kondisi segar karena jika ikan sudah membusuk maka dikhawatirkan mengandung bibit-bibit penyakit. Tidak terlalu sulit memang dalam urusan pakan ikan lele, karena ikan ini menyukai makanan apa saja yang ada disekelilingnya.


Berikut adalah bahan pakan yang relatif mudah ditemukan juga murah, jika diolah dengan bahan-bahan lainnya.

Ikan rucah
Ikan runcah adalah ikan-ikan kecil sisa tangkapan ikan yang nilai ekonominya rendah dan tidak dikonsumsi manusia. Biasanya, ikan rucah melimpah di tempat-tempat pelelangan ikan dan dijual dengan harga murah. Pastikan ikan rucah untuk pakan alternatif lele ini berada dalam kondisi segar karena jika ikan sudah membusuk maka dikhawatirkan mengandung bibit-bibit penyakit. Ikan rucah tidak banyak mengandung duri sehingga pemberiannya cukup dicincang kecil-kecil dan diberikan langsung pada lele.

Bekicot
Bekicot banyak ditemukan di area persawahan. Sebelum diberikan ke lele, bekicot direbus dulu dalam air mendidih selama 5-10 menit. Tujuannya agar dagingnya empuk dan menghilangkan bibit penyakit. Daging bekicot diambil menggunakan garpu, didinginkan, dicincang kecil-kecil, lalu diberikan pada lele.

Maggot
Maggot, atau bahasa Indonesianya adalah belatung, adalah bentuk larva dari serangga. Maggot yang baik untuk pakan tentu tidak sembarang dari serangga atau lalat rumah biasa, tetapi harus diperhatikan jenis dan kandungan proteinnya. Maggot yang biasa digunakan untuk pakan alternatif lele berasal dari serangga black soldier fly (BSF), atau nama latinnya adalah Hermetia illucens. Maggot jenis ini dikenal memiliki kadar protein sampai 40% sehingga cocok untuk jadi pakan ikan lele.

Untuk membiakkan maggot, ada beberapa cara khusus yang dilakukan oleh pembudidaya. Ada yang menggunakan campuran ampas tahu, ada yang menggunakan bekatul. Bahan media biasanya disimpan dalam wadah/ember kemudian diberi air sedikit, lalu di atasnya disimpan daun pisang kering sebagai tempat lalat BSF bertelur dan menghasilkan maggot. Wadah ditutup, kemudian tunggu sampai 2-3 minggu, maka maggot siap dipanen dan diberikan pada lele.

Tanaman / daun-daunan
Daun-daunan seperti daun pepaya, daun lamtoro, kangkung, atau eceng gondok sudah banyak diketahui memiliki khasiat obat bagi lele. Dedaunan ini juga dapat dijadikan pakan dengan cara mengolahnya terlebih dahulu dengan proses fermentasi lalu dibuat pelet.

Selain itu, tanaman Azolla yang awalnya dianggap gulma di perairan kolam, kini juga dimanfaatkan sebagai pakan ikan. Azolla segar memiliki kandungan protein sekitar 31% sedangkan jika Azolla difermentasi, maka kandungan proteinnya bertambah menjadi sekitar 39%. Seperti daun-daunan sebelumnya, Azolla juga harus difermentasi dulu lalu dibuat pelet baru kemudian bisa diberikan pada lele sebagai pakan.

Cara fermentasi Azolla
1. Pertama 50 kg Azolla dicampur dengan 1 liter molase (tetes tebu) dan 30 cc probiotik.
2. Kemudian semua bahan dimasukkan dalam drum plastik ukuran 200 L. Fermentasi (diamkan) selama 15-20 hari.
3. Setelah fermentasi selesai, dicampur dengan bahan lainnya (biasanya tepung jagung atau jenis tepung lainnya) untuk dibentuk pelet.

Cacing
Biasanya, cacing diolah dulu menjadi tepung untuk dibuat pelet yang akan diberikan pada lele. Cacing adalah sumber protein dan asam amino yang baik bagi lele. Menurut salah satu sumber(link), untuk mendapatkan pakan pelet dengan kandungan 35%, maka komposisinya adalah 47% tepung cacing, 20% telur ayam, 14% terigu, 18% dedak, dan 1% kanji.

Cara membuat tepung cacing

1. Pertam cacing dicuci dengan air bersih, lalu ditimbang.

2. Lalu cacing dijemur pada panas matahari di atas seng selama 24 jam (suhu 32-35 derajat Celcius).

3. Setelah cacing jadi kering, cacing dimasukkan ke mesin penggiling tepung. Tepung cacing siap digunakan.
untuk membuat pakan pelet, bahan yang disiapkan antara lain:
- Tepung cacing
- kuning telur ayam yang telah direbus,
- epung terigu, dan dedak.

Cara membuatya sebagai berikut:
1. Semua bahan dicampur dan diaduk jadi satu.

2. Air hangat ditambahkan hingga adonan menjadi cukup kenyal (jangan terlalu banyak air).

3. Setelah adonan terbentuk, giling adonan menggunakan mesin penggiling daging sehingga terbentuk pelet basah yang panjang seperti mie.

4. Pelet basah dipotong per 0,5 cm Setelah itu pelet dijemur di panas matahari seharian.

5. Lalu pelet ditimbang dan siap digunakan.

Itulah Pakan Alternatif Lele Yang Bagus Supaya Cepat Besar. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter