Cara Mudah Mengatasi dan Mencegah Kerontokan Buah Mangga

Sponsored Links
Buah mangga adalah salah satu buah yang banyak digemari semua kalangan, dari anak-anak sampai orang dewasa. Karena rasanya yang manis dan menyegarkan, membuat sekarang banyak orang yang membudidayakan buah mangga sendiri dirumah. Dahulu jika ingin memakan buah mangga kita harus mencari dipasar atau toko buah. Tapi sekarang sudah banyak orang yang menjual bibit pohon mangga, sehingga kita bisa menanam buah mangga sendiri dirumah maupun dipekarangan. Ketika kita sudah memutuskan untuk membudidayakan buah mangga, kita tentunya harus optimis dan rajin merawatnya agar pohon buah mangga yang kita tanam dapat berbuah maksimal. Biasanya masalah yang sering terjadi pada pohon mangga adalah bunga dan buah mangga sering rontok sebelum panen.

Buah mangga ini juga memiliki banyak jenis atau varietasnya yang berbeda-beda, salah satunya adalah buah mangga apel. Mangga apel ini sangat mirip sekali dengan buah apel dari bentuk fisiknya, makanya kita biasanya menyebutnya mangga apel. Untuk rasanya jika sudah matang sangat manis dan enak. Saya mencoba membudidayakan buah mangga apel ini dan akan saya bagikan kepada anda bagaimana cara agar budidaya buah mangga apel yang kita lakukan berhasil.

Cara Ampuh Mencegah Kerontokan Buah Mangga Apel
Budidaya buah mangga apel
Cara budidaya buah mangga apel agar berhasil ini tidak terlepas dari beberapa faktor diantaranya; pemilihan bibit, perawatan, hingga pemupukannya juga perlu diperhatikan. Sebenarnya sama halnya dengan tanaman buah mangga pada umumnya. Yang menjadi kendala dan masalah dalam budidaya buah mangga apel adalah seing terjadi kerontokan bunga maupun buah mangga, sehingga kita tidak jadi atau gagal panen. Untuk itu dasar-pertanian akan bagikan sedikit informasi dan pengalaman tentang bagaimana Cara Ampuh Mencegah Kerontokan Buah Mangga Apel. Sehingga dengan pengetahuan ini diharapkan budidaya mangga apel yang anda lakukan akan berhasil dan buah mangga apel tidak lagi mengalami kerontokan. Berikut penjelasannya.



Cara Ampuh Mencegah Kerontokan Buah Mangga Apel


1. Melakukan penanaman serempak

Maksudnya adalah kita tidak hanya menanam satu batang pohon mangga apel, jadi yang kita tanam lebih dari satu pohon mangga. Apa tujuan menanam lebih dari satu pohon mangga ini? Tidak lain adalah supaya terjadi penyerbukan silang. Sudah saya coba terapkan cara ini dan terbukti ampuh mengatasi kerontokan bunga dan buah. Perlu anda pahami bahwa mangga ini merupakan salah satu tanaman buah yang mengalami penyerbukan silang, jika tidak terjadi penyerbukan pada putik sari maka bunga akan rontok dan gugur. Jadi cara pertama mengatasi kerontokan buah mangga apel adalah mencoba menanam mangga lebih dari satu batang.


2. Mensuplai kebutuhan nutrisi tanaman

Tanaman buah mangga apel ini juga membutuhkan nutrisi, lebih lagi pada saat memasuki masa berbunga dan berbuah. Jadi juah lebih membutuhkan nutrisi pada masa tersebut, jadi yang harus kita lakukan agar buah mangga tifak rontok adalah dengan memberikan pupuk penguat buah, dan lain sebagainya.


3. Rajin menyiram 

Menyiram adalah cara sederhana untuk mencegah agar tanaman buah mangga apel tidak mudah rontoh pada saat memasuki masa berbunga dan berbuah. Apalagi jika musim kemarau datang, maka penyiraman lebih di tingkatkan lagi.


4. Menanggulangi hama dan penyakit

Hama dan penyakit merupakan masalah yang juga menggannggu tanaman buah mangga apel. Maka cara mencegah agar buah mangga tidak rontok adalah dengan menyemprot hama dan penyakit dengan insektisida atau sejenisnya. Tujuan penyemprotan ini adalah agar hama dan penyakit tidak mengganggu. Apalagi jika buah mangga sudah berbuah, umumnya hama seperti ulat akan mengganggu dan akhirnya buah mangga banyak yang busuk dan rontok.

Jika anda melakukan semua cara diatas dengan benar, maka saya dapat pastikan budidaya buah mangga apel akan berhasil dan anda bisa menikmati jerih payah selama ini. Mudah-mudahan informasi tentang Cara Ampuh Mencegah Kerontokan Buah Mangga Apel ini dapat memberikan pemahaman dan wawasan kepada anda semua. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive