Cara Mengatasi Masalah Prostat Dengan Tomat, Silakan Coba Cara Ini

.
.
Cegah Gangguan Kanker Prostat dengan Mengkonsumsi Buah Tomat
Masalah prostat selalu menjadi momok pria berumur. Para pekerja berat yang menggunakan otot dalam bekerja seperti buruh bangunan, kuli panggul dipasar dan terminal atau stasiun adalah salah satu golongan pekerja yang rawan terkena gangguan prostat. Pekerja kantoran yang terlalu banyak duduk juga beresiko dengan masalah prostat.


Mereka yang menderita prostat akan merasakan sakit dan sebah pada bagian bawah perut akibat pembengkakan prostat. Sebelum anda terkena prostat alangkah lebih baik jika kita bisa sedini mungkin mencegah timbulnya gangguan prostat semisal kanker prostat.

Ada kebiasaan kita yang kurang baik saat bersantap direstoran terutama saat menikmati menu lalapan ikan bakar atau ayam panggang yang biasanya sayur lalapannya terdiri dari sawi, kubis, kacang panjang dan tomat. Sayur yang lain selain tomat biasanya akan ludes disantap sebagai teman ikan atau daging bakar tetapi tomat biasanya ditinggalkan saja tanpa teman di piring bersama sisa-sisa makanan yang lain.

Padahal jika kita tahu manfaat tomat untuk para pria, bapak-bapak maupun kaum mudanya sangat disayangkan jika tidak menyukai tomat ini karena salah satu manfaat tomat yang sangat baik bagi kesehatan pria adalah kemampuannya mencegah kanker prostat.

Seperti diketahui kandungan zat aktif dalam buah tomat yang sangat berperan dalam mencegah kanker atau gangguan prostat adalah adanya Lycopene. Lycopene sangat ampuh menghancurkan radikal bebas dalam tubuh yang salah atau efek negatif radikal bebas adalah menyebabkan kanker. Kemampuan lycopene untuk meredam radikal bebas bahkan disebut-sebut lebih baik atau lebih efektif dari vitamin E.

Sebagai referensi ilmiah akan manfaat tomat dalam mencegah kanker prostat adalah hasil dari sebuah penelitian yang diterbitkan di Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention.

Peneliti pada kasus ini  menemukan bahwa mengonsumsi tomat bisa menurunkan risiko terkena kanker prostat hingga 18 persen (18%). Untuk penelitian ini, para peneliti di Universitas Bristol, Cambridge, dan Oxford membandingkan diet dari 1.806 pria dengan kanker prostat dengan orang-orang dari 12.005 orang bebas kanker.
Para peneliti berhasil menemukan bahwa sementara mengonsumsi lebih selenium, kalsium, dan lycopene semua terkait dengan penurunan risiko kanker prostat, lycopene, antioksidan yang terdapat dalam tomat merah ternyata mengandung manfaat yang super besar.
Menurut ahli gizi Rui Hai Liu, MD. yang dilansir dari Fox News Menyatakan bahwa Lycopene dikenal untuk menghancurkan oksigen radikal bebas. Lycopene sebenarnya adalah pemadam oksigen yang paling efisien daripada vitamin E. Itulah mengapa Lycopene sering dikaitkan dengan rendahnya risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker paru-paru, prostat dan perut, menurut American Cancer Society.

Sedangkan untuk membiasakan kita agar bisa menyukai tomat, berikut ini ada beberapa pilihan cara mengkonsumsi tomat. Silakan pilih yang menurut anda merupakan cara paling mudah dan paling nikmat mengkonsumsi tomat agar bisa mendapatkan manfaat tomat untuk mencegah kanker prostat tersebut.

Dimakan langsung
Buah tomat mentah sangat baik dimakan secara langsung tentunya setelah dicuci bersih kalau perlu dengan cairan pembersih untuk membersihkan residu obat-obat tanaman yang mungkin masih menempel pada buah tomat. Dengan dikonsumsi mentah bauh tomat tidak akan kehilangan zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Memang harus diakui beberapa orang tidak suka jika diminta memakan tomat dalam kondisi mentah secara langsung. Untuk menyamarkan rasa, tomat segar bisa juga dimasukkan dalam sayuran lain saat kita mengkonsumsi burger atau hotdog.

Dibuat Jus Tomat
Cara yang kedua ini lebih banyak yang menyukainya apalagi jika ditambahkan madu sehingga rasa jus tomat akan lebih nikmat. Sebaiknya hindari menambahkan gula pada jus tomat.

Tomat panggang
Tomat panggang biasanya disajikan dengan sedikit campuran keju dan dimakan dengan kentang. Bagi yang tidak terbiasa, rasa tomat panggang bahkan lebih "aneh" daripada memakan tomat mentah.

Dibuat Sambal Tomat
Sambal tomat disini adalah sambal alami dimana kita menggunakan tomat segar dibuat sambal dan bukan dari sambal tomat kemasan. Cara ini kalau menurut penulis adalah cara paling nikmat dalam mengkonsumsi buah tomat segar karena kita bisa atur campuran cabenya mau pedas, sedang atau ringan saja.

Jadi tidak ada alasan untuk tidak menyukai tomat terutama untuk para pria yang peduli dengan kesehatan prostat. Kalau bisa dicegah mengapa harus menunggu penyakit datang dan baru berobat.

Silakan bagikan dan sebarkan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive