Loading...

Cara unik Merawat Anis Kembang Saat Mabung Agar Cepat Selesai

Sponsored Links
.
Loading...
Cara Merawat Anis Kembang Saat Mabung Agar Cepat Selesai- Salah satu jenis burung anis ini memang banyak dipelihara para kicau mania. Pasalnya selain mempunyai postur yang bagus, warna yang indah juga kicauannya sangat merdu dengan variasi khasnya. Jika Anda punya burung anis kembang ini, pernahkah anis kembang anda mabung atau molting? Mabung atau molting adalah rontok, berganti bulu, atau meranggas, yaitu bergantinya bulu yang lama ke bulu yang baru yang berlangsung selama 1 sampai 3 Bulan Burung dewasa minimalakan mengalami mabung 1x dalam satu tahun.

Selama proses ngurak metabolisme d idalam sel-sel burung meningkat hingga 30%, sehingga kebutuhan nutrisi burung juga  mutlak ditingkatkan. Masa mabung pada anis kembang seperti burung yang lain berlangsung antara 1-3 Bulan. Jika proses mabung terhambat / terganggu, waktunya bisa lebih lama lagi, dan sangat dimungkinkan burung macet bunyi. Yang harus anda lakukan adalah merawat dengan lebih intens pada saat mabung tersebut, yang meliputi pemberian pakan, pemberian multivitamin, dan juga kebersihan sangkarnya.

Untuk diketahui saja, energi yang diperlukan burung selama masa mabung sebesar dua setengah kali lebih banyak ketimbang burung yang sedang memproduksi telur. Selama ngurak pada umumnya burung jarang berkicau atau tidak berkicau sama sekali dan burung  tidak kelihatan lincah. Nah untuk mempermudah anda dalam merawat anis kembang yang sedang mabung maka pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai perawatan anis kembang saat mabung atau molting yang benar agar berhasil.

http://miefbird.blogspot.com/2016/09/cara-merawat-anis-kembang-saat-mabung.html
Cara Merawat Anis Kembang Saat Mabung Agar Cepat Selesai

Cara Merawat Anis Kembang Saat Mabung Agar Cepat Selesai


Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan saat Merawat Anis Kembang Mabung :

1. Cek kondisi anis kembang

Hal yang pertama adalah mengecek kondisi anis kembang anda terlebih dahulu. Yang pertama yang bisa anda cek adalah apakah anis kembang anda terjangkit virus penyakit atau tidak, misalnya virus polyoma dan circovirus. Virus tersebut akan menghambat proses tumbuhnya bulu baru ketika anis kembang sedang mabung. Anda bisa meminta tolong kepada dokter hewan di sekitar lingkungan anda. Yang kedua adalah membasmi atau menyingkirkan parasit pengganggu seperti cacing, kutu, dan mikroba.

2. Pemandian dan penjemuran

Tahapan yang kedua untuk anis kembang yang sedang mabung, anda sebaiknya memandikannya cukup sekali saja dalam seminggu. Jangan terlalu sering memandikan anis kembang yang mabung karena dapat menghambat pertumbuhan bulu baru. Untuk penjemurannya, durasi maksimal yang kami sarankan adalah 20 menit saja setiap hari. Bahkan jika memungkinkan, anda tidak perlu membersihkan kotorannya selama tidak berjamur. tetapi jika berjamur segera bersihkan agar tidak mendatangkan penyakit.

3. Pemberian pakan

Selanjutnya saat merawat anis kembang mabung adalah pemberian pakan. Pakan yang dimaksud di sini adalah pakan yang berkualitas. Berkualitas di sini artinya bukan hanya banyak, tetapi pakan yang mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan anis kembang saat mabung. Pakan yang baik untuk anis kembang yang sedang mabung adalah yang mengandung mineral dan protein. Untuk porsinya bisa ditambah dari hari biasa karena kebutuhan nutrisinya juga bertambah.

4. Extra Fooding (EF) dan multivitamin

Selain makanan pokok, anda juga sebaiknya memberikan multivitamin dan extra food yang tepat. EF yang cocok untuk anis kembang yang sedang mabung adalah jangkrik, cacing, dan kroto. Untuk jangkrik, berikan 4 ekor di pagi hari dan 4 ekor di sore hari. Untuk cacing, berikan 3 kali seminggu masing-masing 2 ekor. Sedangkan kroto anda bisa memberikannya 1 sendok saja setiap pagi. Multivitamin juga sangat penting dan bisa anda campurkan dalam air minum dua kali seminggu. Buah-buahan yang tepat untuk anis kembang yang sedang mabung/molting adalah pepaya, karena pepaya banyak mengandung vitamin C yang dapat memperkuat ketahanan tubuh anis kembang dan melancarkan proses metabolismenya.

5. Pemasteran/mastering

Saat anis kembang sedang mabung, anda bisa melakukan mastering/pemasteran setiap hari agar hasilnya maksimal. Karena pada saat masa mabung, anis kembang lebih banyak diam dan mendengar saja, sehingga inilah waktu yang paling baik melakukan mastering suara. Mastering bisa anda lakukan dengan audio/mp3 maupun burung spesialis mastering yang sesuai dengan jenis suara anis kembang anda.

6. Penempatan gantangan

Pada saat mabung anis kembang sangat rawan stress dan sensitif. Untuk itu penempatan gantangan sebaiknya jauh dari hiruk pikuk/keramaian karena dapat mengganggu konsentrasi anis kembang. Jauhkan dari lingkungan ramai dan gaduh, serta dari gangguan binatang pengganggu seperti tikus,kucing, dan anjing. Untuk pengerodongan, anis kembang yang sedang mabung lebih baik banyak dikerodong kecuali pada saat dijemur dan dimandikan.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Merawat Anis Kembang Saat Mabung Agar Cepat Selesai. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini.
Salam AK...
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter