Wow Kreatif !Begini Cara Membuat Arang Sekam Padi dengan Mudah

.
.
Membuat Arang Sekam Padi - Sekam padi dapat dijadikan sebagai Arang untuk campuran pupuk bokashi ataupun sebagai bahan bakar setelah diolah menjadi Briket Arang Sekam Padi.
Sekam padi ini sering diartikan sebagai bahan buangan ataupun sebagai limbah penggilingan padi, keberadaannya cendrung meningkat karena proses penghancuran alaminya berlangsung lambat, sehingga dapat mengganggu lingkungan juga kesehatan manusia itu sendiri.

Mengapa sekam padi perlu dijadikan arang sekam terlebih dahulu sebelum di jadikan media tanam, hal ini dikarenakan penggunaan sekam padi secara langsung sebagai media tanam maka dapat dikawatirkan akan  menjadi sumber penyakit bagi tanaman itu sendiri dikarenakan tingkat pertumbuhan jamur pada sekam padi cukup tinggi yang dikarenakan sekam padi ini dapat menyimpan air.



Sekam padi memiliki kerapatan jenis bulk density 125 kg/m3, dengan nilai kalori 1 kg sekam padi sebesar 3300 k.kalori dan ditinjau dari komposisi kimiawinya,  sekam padi mengandung karbon (zat arang) 1,33%, hydrogen 1,54%, oksigen 33,645, dan Silika (SiO2) 16,98%, artinya sekam dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri kimia dan sebagai sumber energi panas untuk keperluan manusia.

Kadar selulosa sekam yang tinggi pada sekam padi dapat memberikan pembakaran yang merata dan stabil. Maka dari itu untuk memudahkan diversifikasi penggunaannya, maka sekam terlebih dahulu melalui proses pembuatan arang sekam kemudian selanjutnya dipadatkan, dibentuk dan kemudian dikeringkan, dan biasa disebut dengan Briket Sekam Padi.

Cara Pembuatan Arang Padi

Bahan yang dibutuhkan:
1.  Sekam padi. Sekam padi yang kering digunakan sebagai bahan dasar.
2.  Cerobong. Cerobong digunakan untuk pembakaran sekam, dengan kapasitas 15 kg/jam:
3.  Kayu bakar. Kayu bakar digunakan sebagai bahan bakar pada proses pengarangan sekam.

Cara Membuat:
1. Buatlah bara api, kemudian bara api ditutup dengan cerobong di bagian tepi-tepinya.
2. Selanjutnya cerobong ditutupi dengan mengumpulkan sekam kering ke dinding-dinding cerobong, maka akibat dari proses pemanasan pada cerobong pembakaran maka pembakaran ini terjadi tanpa menimbulkan api sehingga lambat laun sekam padi akan mengalami perobahan warna dengan sendirinya. Perubahan warna gelap pada sekam padi itu tanda sekam padi telah menjadi arang sekam

Arang Sekam Padi yang sudah jadi dapat dijadikan sebagai campuran bokashi pupuk kandang dan juga dapat juga dijadikan Briket Sekam Padi yang terlebih dahulu diproses untuk dipadatkan lalu dibentuk dan dikeringkan.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive