Manfaat dan Kegunaan Minyak Kayu Putih Bagi Kesehatan dan Kecantikan

.
.
Khasiat dan Manfaat Minyak Kayu Putih Bagi Kesehatan

Minyak Kayu Putih. Minyak kayu putih berasal dari pengolahan tanaman kayu putih yang diambil minyak atsirinya. Minyak kayu putih sudah sangat terkenal dan mashur terutama dikalangan ibu-ibu yang memiliki balita maupun bayi.

Sudah lama minyak kayu putih dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan balita, terutama untuk memberikan kehangatan pada tubuh bayi dan balita serta untuk mencegah perut kembung pada balita.



Minyak Telon. Untuk bayi biasanya minyak kayu putih dikombinasikan dengan minyak kelapa agar tidak terlalu keras efeknya. Juga dikombinasikan dengan minyak lain hingga menjadi 3 macam minyak dalam satu wadah dan biasa disebut dengan Minyak Telon. Efek minyak telon tidak sekeras minyak kayu putih jika berdiri sendiri sehingga jauh lebih aman digunakan pada bayi. Sedangkan balita dan anak-anak bisa langsung menggunakan minyak kayu putih untuk keperluan menjaga kesehatan dan pengobatan penyakit tertentu.

Ternyata manfaat minyak kayu putih tidak hanya untuk mencegah kembung pada bayi dan balita tetapi banyak sekali manfaat lainnya. Apa saja manfaat minyak kayu putih?

Berikut beberapa manfaat dan khasiat minyak kayu putih untuk kesehatan dan Cara Menggunakannya:

Obat Alami Untuk Sakit Kepala Ringan
Oleskan beberapa tetes minyak kayu putih pada bagian kepala yang sakit dapat membantu meredakan pusing dan sakit di kepala yang mengganggu. Hati-hati penggunaannya jangan sampai terkena mata karena akan terasa perih dan bisa membuat iritasi.

Obat Alami Untuk Influenza
Saat hidung anda tersumbat coba hirup minyak kayu putih, aroma minyak kayu putih akan meringankan hidung tersumbat anda.

Meringankan Mabuk Saat Diperjalanan
Cara memanfaatkan minyak kayu putih untuk meringankan mabuk perjalanan sebagai berikut: oleskan minyak kayu putih pada perut dan hirup aromanya, hal itu dapat menghilangkan mabuk perjalanan sehingga perjalanan menjadi menyenangkan dan tidak terganggu.

Obat Luar Untuk Meringankan Kembung
Oleskan dan balurkan pada bagian perut saat anda kembung dan juga pada bagian punggung serta pinggang maka kembung anda akan terasa lebih ringan

Obat Alami Untuk Batuk Ringan
Cara Menggunakannya: Campurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan segelas air hangat, lalu gunakan air tersebut untuk berkumur. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit akibat batuk dan tenggorokan juga menjadi lega.

Melancarkan Sirkulasi Darah
Minyak kayu putih merupakan stimulan yang baik yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dengan cara meningkatkan aktivitas jantung.

Obat Alami Untuk Berbagai Penyakit Kulit
Manfaat dan Khasiat Minyak kayu putih dikenal sebagai minyak esensial yang memiliki sifat antiseptik dan antibakteri, sehingga dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti luka lecet pada permukaan kulit atau juga karena infeksi. Hal itu karena minyak kayu putih terbukti dapat menenangkan kulit dan mampu mencegah datangnya virus, bakteri, serta jamur. Minyak kayu putih juga dapat mengobati luka yang bernanah.

Aromaterapi dan relaksasi tubuh
Spa dengan Minyak Kayu Putih. Minyak kayu putih memiliki aroma yang khas sehingga dapat digunakan sebagai obat analgesik yang alami. Cobalah untuk berendam dalam air hangat yang telah diberi beberapa tetes minyak kayu putih. Selain dapat mengurangi sakit akibat nyeri sendi, aromanya juga mampu menghilangkan stres dan dapat membuat tubuh dan juga pikiran menjadi rileks.

Manfaat Minyak Kayu Putih Sebagai Desinfektan
Minyak kayu putih yang dicampur dengan air dapat digunakan sebagai desinfektan rumah tangga yang efektif serta mudah didapat.

Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kecantikan

Menghaluskan dan Melembutkan Kulit Tubuh
Minyak kayu putih dapat dijadikan sebagai bahan untuk memijat atau dapat juga dicampurkan pada krim yang biasa digunakan untuk scrub. Jika hal itu rutin dilakukan dapat membuat kulit tubuh menjadi halus dan lembut, juga dapat menyamarkan bekas luka pada kulit.

Mencerahkan Pewarna Kuku
Apabila ingin mendapatkan warna cat kuku yang lebih cerah, tambahkan sedikit minyak kayu putih ke dalam campuran pacar (pewarna kuku) tersebut.

Campuran Bahan Pembuat Sabun, Lotion, Parfum dan lain-lain
Karena memiliki sifat antimikroba yang baik, minyak kayu putih juga sering digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat sabun, deodoran, lotion, parfum, pasta gigi, dan berbagai produk kesehatan lainnya.

Demikian beberapa Manfaat dari minyak kayu putih untuk kesehatan. Silakan sebarkan dan bagikan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive