Cara Mendapatkan Pakan Hijauan Alternatif Untuk Kambing Dengan Mudah

.
.
Cara Membuat Pakan Hijauan Alternatif Untuk Kambing - Memenuhi kebutuhan pakan untuk ternak kambing memang terbilang gampang-gampang susah, sebagian kambing akan milih-milih dalam mengkonsumsi makanan. Saat ini banyak budidaya kambing dengan memanfaatkan makanan buatan atau konsentrat sebagai pemenuhan pakan ternak sepertihalnya pemanfaatan bekatul atau pakan olahan pabrik, tentunya ini akan menambah biaya yang banyak dalam memelihara kambing ternak. Sebaiknya kambing ternak jangan terus-terusan diberi pakan instan seperti itu, untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh ternak kambing sebaiknya berikan pakan hijauan secara berkala.

Ternak Kambing, Cara membuat pakan kambing sendiri, tips membuat pakan hijauan untuk kambing,


Mencari tumbuhan atau rumput mungkin akan terasa mudah bagi peternak yang tinggal di daerah yang masih banyak lahan-lahan kosong yang ditumbuhi semak dan rumput, namun bagi sebagian orang di perkotaan yang hendak memelihara kambing sebagai hewan ternak akan terasa sulit. Berikut beberapa tip memenuhi kebutuhan pakan hijauan bagi ternak kambing pada daerah yang sulit mendapatkan rumput.

Tunas Jagung (fodder)

Daun Jagung merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak disukai oleh hewan ternak termasuk kambing, untuk membuat pakan hijauan bagi ternak dapat memanfaatkan tunas-tunas dari persemaian biji-biji jagung atau sering disebut dengan fodder.

Daun jagung bukan diperoleh dari tanaman jagung dikebun, melainkan hasil semaian pada nampan-nampan yang sengaja dibuat untuk membuat pakan. Nampan-nampan ini dibuat dengan memanfaatkan kayu kasau dan triplek atau papan yang dibentuk kotak-kotak menyerupai nampan. Untuk ukuran disesuaikan dengan selera masing-masing, tentu saja acuannya adalah banyaknya kebutuhan fodder jagung yang diperlukan. Berikut beberapa langkah cara membuat fodder jagung untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak.
  1. Menyiapkan kotak nampan buatan, dan lapisi dengan koran.
  2. Menyiapkan biji-biji jagung yang sudah tua dan kering.
  3. Rendam biji jagung ke dalam air selama kurang lebih 10 -12 jam, kemudian angkat.
  4. Taburkan biji jagung ke nampan yang telah dilapisi koran secara merata.
  5. Lakukan penyiraman dengan sistem spray setiap 4 jam sekali.
  6. Biji jagung akan tumbuh dan mencapai masa panen pada umur 11 hari setelah penaburan.
  7. Pemanenan dilakukan dengan mengulung fodder seperti karpet.
Pemberian makanan dengan fodder ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pakan hijau untuk ternak, selain itu pemberian variasi pakan akan membuat ternak kambing semakin lahap dalam mengkonsumsi makanan.

Memanfaatkan Pohon di Sekitar

Pemenuhan pakan hijauan untuk kambing juga dapat diperoleh dari tanaman-tanaman yang ada disekitar tempat tinggal kita, namun ketersediaannya pasti sangat terbatas. Beberapa daun pohon yang biasanya disukai oleh kambing adalah daun lamtoro, daun sengon, daun nangka, daun mangga. Pemberian daun-daun ini dapat menjadi alternatif untuk memberikan selingan pakan konsentrat pada ternak kambing.

Selain daun pepohonan, pakan hijau juga bisa diperoleh dari pemotongan rumput liar seperti pinggir sawah, lapangan, dan semak. Biasanya beberapa jenis rumput saja yang disukai oleh kambing, untuk mengantisipasi hal ini perlu ditambahkan penambah nafsu makan dengan memberikan vitamin khusus pada ternak kambing.

Itulah beberapa cara memenuhi kebutuhan pakan hijauan pada ternak kambing, selain memberikan konsentrat pada kambing ada beberapa alternatif lain untuk pemeuhan pakan yaitu membuat pakan fermentasi.

Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive