Loading...

Cara Membuat Pupuk Cair untuk Sayuran mudah dan praktis

Sponsored Links
.
Loading...
Cara Membuat Pupuk Cair untuk Sayuran mudah dan praktis - Pupuk kandang adalah Salah satu jenis dari pupuk organik. Selain diberikan langsung ke tanaman, pupuk jandang juga bisa dijadikam sebagai pupuk cair.  Kandungan di dalam pupuk kandang menjadijan tanaman sehat karena mengandung nitrogen cukup dan juga dapat meningkatkan mikroba dalam tanah.

Caranya yaitu:
Tempatkan 1 sekop kotoran ayam, sapi, kambing dan lain-lain ke dalam kantong goni.
Tambahkan juga 2 sendok makan molases/ gula pasir atau gula merah.
Tambahkan Juga 1 sendok makan pupuk urea sebagai sumber nitrogen sebagai pendukung proses dekompisisi kotoran ternak oleh bakteri.
Setelah semua bahan di atas telah dimasukkan maka ikat karung goni kemudian masukkan dalam ember dengan volume 5 galon dan isi dengan air.
Biarkan pupuk kandang terurai selama kurang lebih satu minggu, aduk sesekali untuk melepaskan gas yang tebentuk akibat proses fermentasi.
Setelah seminggu maka air didalam wadah dapat digunakan sebagai pupuk cair untuk tanaman. Sedangkan yang didalam karung goni dapat di jadikan kompos.
Gunakan pupuk cair ini dengan di campur menggunakan air dengan perbandingan 1:9, artinya 1 pupuk cair dicampur dengan 9 air bersih. Penggunaanya disiramkan ditanah disekitar tanaman setiap seminggu sekali.
Mudah bukan cara buatnya ??
Yul dipraktekim dirumah masing-masing, agar ketergantungan kita dengan pupuk kimia dapat berkurang sehingga akan menjaga tanah dari kerusakan dalam jangka panjang.

Sekian artikel memgenai Cara Membuat Pupuk Cair untuk Sayuran mudah dan praktis, semoga bermanfat.

Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter