Sangat Menarik Catat ya !! Berbagai Jenis Tanaman Unik Pengusir Nyamuk

.
JENIS TANAMAN PENGUSIR NYAMUK -- Tanaman hias ternyata tidak semata-mata berfungsi mempercantik taman rumah saja. Ada berbagai macam kegunaan tanaman hias selain itu antara lain penyerap racun dan Pengusir Nyamuk. Terkadang saat kita membuat taman di rumah kita, lingkungan dipenuhi oleh rimbunnya pepohonan. Rimbun pepohonan di rumah ini menjadi tempat yang nyaman bagi nyamuk untuk bersembunyi. Nah jika ingin lingkungan rumah anda asri sekaligus bebas dari nyamuk, mungkin anda perlu menanam jenis-jenis tanaman yang berfungsi sebagai pengusir nyamuk.

Tanaman Hias pengusir nyamuk sebenarnya banyak sekali, namun yang sangat terkenal adalah bunga lavender. Tanaman hias pengusir nyamuk ada yang bisa ditempatkan di dalam ruangan dan bisa juga ditempatkan pada luar ruangan.

Jenis Tanaman Hias Pengusir Nyamuk

Berikut ini adalah jenis-jenis tanaman hias yang bisa berfungsi sebagai pengusir nyamuk :
1. Tanaman    Lavender
Tanaman Lavender Berfungsi Mengusir Nyamuk

Fungsi tanaman hias  Lavender sebagai pengusirs nyamuk  memang sangat populer. Tanaman  Lavender memiliki aroma segar dan khas yang berasal dari minyak esensial pada daunnya. Yang menbuat bunga lavender bisa menjadi pengusir nyamuk adalah pada aromanya. Aroma Lavender yang khas ini tidak disukai nyamuk bahkan dibenci,ehingga tidak akan mendekati daerah yang ditanami lavender. Selain mampu mengusir nyamuk, lavender juga cocok dijadikan tanaman hias karena bunganya yang berwarna ungu cerah dan juga ketahanannya di daerah yang kering.

2. Tanaman Tapak Dara Atau Geranium
Tapak dara Atau Geranium Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman Tapak dara atau Geranium ini mengandung geraniol dan sitronelol yang dapat mengusir nyamuk. Kedua zat yang dimiliki Geranium dapat dengan mudah terbang memenuhi udara, layaknya pengharum ruangan yang menguap.

Untuk menjadikan Tanaman Tapak Dara Atau Geranium ini sebagai pengusir nyamuk, bisa ditanam di dalam pot atau langsung ditanam di tanah. Tempatkan di tempat yang mudah terkena tiupan angin, saat daun-daun Geranium bergesakan, aroma zat yang ada di tanaman ini akan tercium, membuat nyamuk menjauh dari ruangan.

3.  Tanaman   Zodia
Zodia, Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman Zodia merupakan tanaman Pengusir nyamuk yang habitat aslinya adalah pulau Papua. Tanaman Zodia ini  termasuk ke dalam Rutaceae atau suku jeruk-jerukan. Seperti halnya lavender, zodia juga memiliki minyak esensial dalam daunnya yang aromanya tidak disukai nyamuk.  Daunnya yang ramping memanjang dan berwarna hijau cerah menjadikan zodia cocok dijadikan tanaman hias pemanis kebun.

4.     Rosemary
Rosemary

Daun rosemary kering sering digunakan untuk campuran masakan Barat karena aromanya yang khas. Rosemary memiliki bentuk meruncing dengan bunga-bunga kecil berwarna putih yang cocok dijadikan sebagai tanaman hias. Agar rosemary Anda tumbuh maksimal, pastikan tanaman ini mendapat sinar matahari secara langsung.

5. Tanaman Akar Wangi
Tanaman ini dapat mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai nyamuk Aedes Aegypti. Tanam akar wangi di pekarangan rumah untuk merasakan manfaatnya. Tanaman akar wangi bisa di tanam langsung pada tanah atau bisa juga ditanam di pot.

6. Rosemary
Bunga Rosemary menghasilkan bau seperti aroma minyak kayu putih. Aroma yang tidak disukai oleh nyamuk karena mengacaukan penciumannya. Tanaman ini dapat ditanam ke dalam pot atau tanah. Di dekat jendela. Untuk pemanfaatannya, ambil daunnya yang berbentuk jarum dan digosokkan ke kulit.

7. Kecombrang
Kecombrang, kantan, atau honje (Etlingera eliator; sinonim Nicolaia elatior, Phaeomeria speciosa) adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Bunga ini juga dapat mengusir nyamuk. Nama lainnya adalah kincung (Medan) serta siantan (Malaya). Orang Thai menyebutnya kaalaa, harga tanaman ini cuma 1500/satuannya.

8. Tanaman Citrosa Mosquito
Citrosa Mosquito, tumbuhan yang berasal dari Belanda ini merupakan musuh nyamuk dan serangga karena mengeluarkan aroma lemon yang sangat kuat. Tidak membutuhkan perawatan khusus, tanaman ini sangat menyukai sinar matahari dan air yang cukup.

9.  Marigold
Warnanya yang cerah dan bunganya yang mudah tumbuh dengan lebat membuat marigold sering digunakan sebagai tanaman hias. Orang Indonesia biasa menyebut marigold sebagai bunga tahi kucing karena aromanya yang tidak sedap. Aroma tidak sedap ini ternyata ampuh juga untuk mengusir nyamuk.

10.  Lemon grass Atau Serai Wangi
Serai Wangi, Tanaman Pengusir Nyamuk

Kita mengenal lemon grass atau serai sebagai bumbu penyedap pada masakan. Ternyata, minyak esensial citronellal yang ditemukan dalam daun serai berfungsi sebagai pengusir nyamuk alami. Tanaman serai ini selain bermanfaat, juga mempunyai bentuk yang unik untuk dijadikan tanaman hias.

11.   Ageratum
Bunga ageratum memiliki warna biru keunguan yang sangat cantik dengan kombinasi merah muda di bagian tengahnya. Anda bisa menjadikannya tanaman hias dengan menanamnya dalam pot dan meletakkannya di teras rumah. Bunga ageratum memiliki kandungan coumarin yang aromanya dibenci nyamuk.

Menanam Tanaman Pengusir nyamuk merupakan cara alami dan sehat dalam mengatasi masalah nyamuk di rumah. Selain bermanfaat membuat rumah menjadi asri dan segar menanam jenis tanaman pengusir nyamuk membuat nyamuk menjauh dari rumah kita, Kita tidak perlu khawatir nafas menjadi sesak karena aroma obat nyamuk.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive