Mau tau Penyebab Utama Sering Mengantuk ??Semoga Bermanfaat

.
.

Sering mengantuk ???? Ini ternyata penyebabnya  - Rasa ngantuk merupakan tanda yang diberikan oleh tubuh bahwa kita sudah seharusnya beristirahat, Biasanya rasa kantuk ini datang pada malam hari atau saat kita sudah merasa lelah. Akan tetapi, rasa ngantuk pun terkadang datang pada seseorang sedang berkendara. Kan bahaya tu.. yuk kita simak apa penyebab kita sering  mengantuk.
Copyright by sunsigns.org


Berikut ini adalah beberapa penyebab yang membuat orang selalu mengantuk di sepanjang hari :

1. Memiliki masalah pada kualitas tidur malam
Gangguan tidur ini seperti nafas yang tiba-tiba terhenti, mendengkur atupun sering terbangun maka dapat berpengaruh pada kualitas kurangnya tidur dan tubuh akan merasakan kantuk yang luar biasa pada keesokan harinya, walaupun orang tersebut telah tidur 8 jam lamanya pada malam harinya. 

2. Kurangnya tidur
Secara umum, seseorang itu membutuhkan tidur setidaknya selama 8 jam/hari. Jika kurang dari itu, maka akan mengakibatkan gangguan konsentrasi dan juga kesehatan. Sehingga orang tersebut akan mudah merasakan ngantuk. Jadi dengan alasan seperti itu, maka pastikanlah tubuh anda untuk memperoleh istirahat yang cukup dan berkualitas. 

3. Anemia (Kurang Darah)
Anemia ini adalah salah satu penyebab utama dari rasa ngantuk yang sering datang. kekurangan darah akan menyebabkan kurangnya zat besi dan juga sel darah merah yang di perlukan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh. dan jika kita kurang darah maka asupan oksigen pun akan berkurang, sehingga akan menyebabkan orang tersebut sering merasa ngantuk.

4. Dehidrasi
Kelelahan dan juga ngantuk bisa menjadi tanda dari dehidrasi. Maka dari itu cukupilah kebutuhan air dalam tubuh anda agar selalu merasa segar dan juga selalu bersemangat tiap harinya.

5. Diabetes
Glukosa adalah bahan bakar dari energi yang dilepaskan dalam sel-sel karena adanya oksigen. Orang yang mengidap diabetes tipe 2 memiliki tingkat glukosa darah yang cukup tinggi, karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa ini untuk menyediakan energi. Oleh sebab itu, seseorang dengan diabetes tipe 2 ini pasti mengeluh merasa lelah dan ngantuk sepanjang harinya.

6. Penyakit Jantung
Ketika anda mudah merasa lelah dan mengantuk maka sebaiknya anda harus memastikan terlebih dahulu  bahwa jantung anda dalam keadaan yang baik, karena selalu mengantuk bisa jadi pertanda awal dari penyakit jantung.

7. Alergi pada makanan 
Beberapa dokter telah percaya bahwa alergi terhadap makanan tertentu bisa membuat orang akan merasa ngantuk. Jika anda memiliki toleransi terhadap alergi maka gejala awalnya hanya kelelahan dan tidak menyebabkan gatal-gatal. karena anda kelelahan maka anda akan merasa ngantuk.


8. Gangguan Pada Saluran Kemih 

Gangguan pada saluran kemih dapat menyebabkan luka dan juga jga terbakar yang sering terjadi pada malam hari sehingga hal itu dapat mengganggu tidur anda.

9. Peralihan Kerja 
Memiliki pekerjaan dengan shift malam adalah salah satu hal yang dapat mengganggu pola tidur yang normal dan waktu biologis tubuh. Maka Hal ini dapat mengakibatkan orang merasa mengantuk selama seharian. 


10. Sindrom kelelahan kronis
Lelah biasanya akan segera hilang jika di bawa istirahat. tapi untuk sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome), lelah tidak cepat hilang dan biasanya ditandai dengan , mengantuk, kelesuan, nyeri otot, lekas marah,  dan dalam beberapa kasus terjadi hilangnya memori.

Itulah tadi beberapa penyebab mengapa seseorang selalu mengantuk sepanjang hari. 
semoga bermanfaat.. 
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive