Luar Biasa!!! Inilah Khasiat Buah Tin, Buah Kesukaan Rasulullah yang disebut Dalam Al-quran

.
.

Anda tahu buah tin? Buah yang namanya dipakai dalam salah satu surat di dalam Alquran yaitu surat At-Tin (8).

Buah tin atau dalam bahasa latin disebut Ficus carica merupakan sejenis buah yang berasal dari Asia Barat yang sangat terkenal dalam dunia Islam. Hal ini dikarenakan buah tin disebut oleh Allah SWT, dalam firmannya di Alquran pada surat At-tin yaitu surat ke-95.

Buah ini merupakan salah satu buah yang menjadi kesukaan Rasululah SAW. Diriwayatkan dari Abu Zar r.a. bahwa pada suatu hari, Rasulullah mendapatkan hadiah satu buah tin.


Kemudian Nabi Muhammad SAW mengajak sahabat- sahabat untuk makan dan Nabi pun turut serta makan seraya berkata "Kalau aku perkataan tentang buah yang diturunkan dari surga, niscaya aku katakan inilah karena buah- buahan surga tidak berbiji. Oleh karena itu, makanlah buah ini. Sesungguhnya buah ini menyehatkan badan."

Dari sabda Rasulullah SAW tersebut, bisa kita simpulkan bahwa buah tin merupakan buah yang berasal dari syurga dan termasuk buah yang kaya kandungan manfaat di dalamnya dan telah disebutkan Rasulullah yaitu untuk mencegah penyakit dan menyehatkan badan, serta untuk menghilangkan toksin yang berbahaya di dalam tubuh manusia.

Di dunia ini, terdapat dua jenis buah tin yaitu buah tin basah dan buah tin kering. Perbedaan antara kedua jenis buah tin itu hanya pada kadar kalorinya. Jika pada buah tin kering, mengandung 6 kali kalori lebih banyak dari buah tin basah. Buah tin sangat kaya dengan nutrisi dalam tubuh buahnya. Diantara nutrisi- nutrisi tersebut antara lain protin, lemak, karbohidrat, vitamin, kalsium, zat besi, dan potassium. Kadar nutrisi buah tin adalah protin sebanyak 4.3 mg, serat 5.6 mg, energi 274 kkal, kalsium 126 mg, karbohidrat yaitu 63.4 mg, vitamin C sekitar 1 mg. Karena buah tin kaya dengan berbagai nutrisi di dalamnya, maka buah tin juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut kami uraikan manfaat buah tin bagi kesehatan yang perlu anda ketahui.

  • *Kandungan protein buah tin yang tinggi, dapat membunuh bakteri yang mengganggu kesehatan tubuh. Sehingga tubuh selalu terlihat segar dan bugar.
  • *Manfaat mengkonsumsi buah tin ialah dapat menurunkan kadar kolesterol tubuh. Jadi sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang memiliki kolesterol tinggi.
  • *Bagi anda yang sedang mela kukan program penurunan berat badan (diet)buah tin cocok untuk menurunkan berat badan anda dan memperlancar diet sehat anda. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsinya secara rutin.
  • *Menambah nafsu makan. Tak ada salahnya bagi anda yang mengalami selera makan yang tidak pasti atau berubah-ubah. Konsumsilah buah tin sebagai penambah nafsu makannya.
  • *Merangsang pembentukan hemoglobin dalam darah, sehingga sangat cocok digunakan bagi penderita anemia.
  • *Mengkonsumsi buah tin secara rutin sangat cocok untuk mengurangi risiko penyakit jantung.
  • *Mengkonsumsi buah tin juga dapat mengatasi sembelit atau konstipasi
  • *Kandungan kalsium yang cukup tinggi pada buah tin sangat cocok dikonsumsi orang dewasa atau anak-anak untuk memperkuat pertumbuhan tulang dan sendi dan mempercepat perkembangan tulang dan gigi pada anak karena banyak mengandung kadar kalsium.
  • *Manfaat selanjutnya mengkonsumsi buah tin dapat Melawan sel- sel kanker yang berkembang dalam tubuh manusia.
  • *Mengkonsumsi buah tin juga dapat membantu bernapas normal bagi penderita sesak napas atau asma.

Selain kesepuluh manfaat tersebut, buah tin juga mengandung beberapa manfaat lain diantaranya adalah ;

Mengobati Penyakit Usus dan Lambung

Wajar jika buah tin dikatakan sebagai buah kesukaan Rosulullah SAW, karena memang kaya akan manfaatnya bagi kesehatan, salah satunya mengobati penyakit usus dan lambung. Cara membuat ramuan obat ini cukup sederhana, tinggal anda potong sekitar 6 potong buah tin. Lalu anda campur dengan minyak zaitun. Kemudian, campurkan dengan beberapa potong jeruk nipis. Diamkan selama semalam. Potongan buah tin ini siap dikonsumsi sebagai obat pereda penyakit usus dan lambung.

Bermanfaat dalam mengobati Luka

Manfaat lain yang tidak kalah pentingnya dari buah yang satu ini adalah bermanfaat dalam mengobati luka. Caranya juga sangat sederhana, silahkan anda didihkan buah tin kering beserta susu. Setelah selesai, diamkan buah tin dan susu yang telah anda didihkan tadi sampai dingin. Lalu, balut luka dengan campuran ramuan ini. InsyaAllah luka akan sembuh dengan cepat.

Baiklah sahabat baca bersatulah.com semua itulah beberapa manfaat luar biasa yang terdapat pada buah tin yang menjadi buah kesukaan Rosulullah yang amay kaya manfaat. Semoga dengan membaca artikel ini, anda dapat mengenal lebih dalam tentang buah tin yang namanya terdapat dalam salah satu surat dalam Alquran. Semoga bermanfaat.


Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive