Loading...

WOW Daun yang biasa tumbuh Liar ini Ternyata Ampuh untuk Berbagai Penyakit Ini Loh!

Sponsored Links
.
Loading...

Ada yang tau nama tanaman ini? Walaupun tanaman ini tumbuh liar, nyatanya dia mampu memberi manfaat luar biasa bagi manusia, begitu banyak khasiat yang dapat ia berikan mulai dari untuk mengobati panu, sariawan, hingga sembelit.

Manfaat Ketepeng Cina disebabkan kandungan zat bermanfaat dalam tanaman itu, seperti rein, aloe emodina, rein aloe emodina diantron, rein aloe emodina asam krisofanat(dehidroksimethilantroquinone) serta tanin. Disamping zat khas tadi dalam Ketepeng Cina juga terkandungalkaloida, flavonoida, dan atrakinon.


Mudah saja menggunakan tanaman ini untuk mengobati penyakit yang umum diderita oleh masyarakat kita. Misalnya :

Panu

7 Genggam daun ketepeng cina segar di rebus lalu dilumatkan hingga jadi bubur. Lalu berikan pada kulit yang terinfeksi jamur panu.

Sembelit/Susah buang air besar

7 lembar daun ketepeng cina segar di rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih sampai cuma tersisa 1 gelas. Dinginkan untuk lalu diminum sekaligus.

Sariawan

4 lembar daun ketepeng cina segar dicuci lalu kunyah dengan sejumput garam selama sebagian waktu, telan air kunyahan daun serta buang ampasnya.

Cacing Kremi pada anak-anak

7 lembar daun ketepeng cina segar direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga sisa 1 gelas, saring dinginkan lalu diminum pada malam hari.

Ketepeng Cina bisa kita dapatkan tumbuh liar di tempat-tempat yang teduh serta lembab, seperti di tanah kosong, halaman rumah serta pekarangan. Tanaman ini mempunyai banyak nama daerah umpamanya :

Melayu : Daun kupang
Sunda : Ki manila
Jawa : Tengah Ketepeng cina
Madura : Acong-acong
Ternate : Kupang-kupang

Kalau di daerahmu apa sebutannya?

Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter