Jangan Sepelekan Mimisan, Kenali Penyebabnya dan Pengobatannya Secara Alami

.
.
Apa itu Mimisan?

Mimisan adalah keluarnya darah dari hidung, ini adalah deskripsi secara gampangnya. Secara ilmu kesehatan, definisi mimisan adalah pendarahan dari lubang hidung yang diakibatkan oleh lepasnya mukosa yang mengandung pembuluh darah kecil, dikenal juga dengan istilah kedokteran epistaksin.


Sering mimisan dianggap sebagai hal sepele cuma pembuluh darah yang "bocor" dan bisa sembuh sendiri dengan cepat. Sebenarnya mimisan tidak selamanya sesederhana itu karena banyak juga mimisan diakibatkan oleh penyakit yang kadang juga berbahaya. Langkah yang terbaik jika sering mimisan adalah memeriksakan diri ke dokter dan mencari tahu apa penyebab mimisan tersebut.

Mimisan bisa terjadi dengan sebab-sebab sebagai berikut, antara lain:

Tumor
Inilah salah satu sebab mengapa mimisan kadang tidaklah sesederhana yang terlihat. Angiofibroma atau disebut juga tumor yang tumbuh dilubang hidung. Bentuk tumor ini adalah berupa benjolan yang besarnya bisa sebesar biji rambutan dan berwarna kemerahan.

Demam Tinggi
Demam tinggi juga bisa memicu mimisan, sementara demam tinggi juga bisa mengindikasikan adanya penyakit lain dalam tubuh.

Cuaca Yang Sangat Panas
Ini adalah penyebab mimisan dari faktor eksternal. Cuaca yang sangat panas dan kelembaban yang sangat rendah bisa memicu iritasi pada lubang hidung yang bisa berakibat mimisan.

Penyakit Demam Berdarah
Pada kondisi sakit demam berdarah, mimisan bisa terpicu. Hal ini terjadi jika penyakit demam berdarah tersebut sudah memasuki stadium yang paling parah/berat.

Hidung Terbentur benda Keras
Hidung terbentur benda keras juga bisa mengakibatkan pendarahan dalam lubang hidung dan tentu saja hal ini oleh orang awam juga biasa disebut mimisan karena adanya pendarahan dari hidung.

Kebiasaan Mengorek Lubang Hidung
Kebiasaan buruk ini dapat mengakibatkan iritasi dan pendarahan jika terlalu keras saat mengorek bagian dalam lubang hidung.

Masih banyak penyebab lain dari mimisan seperti saat tekanan darah tinggi, emosi yang berlebihan dan lain-lain. Jadi sangat lebih baik jika anda mengenali terlebih dahulu penyebab mimisan sebelum mengambil tindakan pengobatannya.

Pertolongan Pertama pada Mimisan
  • Posisi penderita mimisan tidak boleh berbaring karena aliran darah akan jadi semakin deras, yang terbaik adalah penderita mimisan disuruh duduk agar posisi jantung lebih rendah dari hidung.
  • Bernafas dengan mulut sambil badan sedikit membungkuk ke depan.
  • Selama 3 - 5 menit, tekan cuping hidung sambil terus bernafas lewat mulut
  • Biasanya jika ini hanya mimisan biasa saja maka pendarahan akan segera berhenti
Mengobati Mimisan dengan Obat Alami (Herbal)

Untuk mimisan yang bukan disebabkan penyakit yang spesifik seperti tumor atau DB bisa diobati secara sederhana dengan tanaman obat. Cara pengobatannya sebagai berikut:

Daun Sirih
  • Cara pertama yang paling mudah adalah dengan memotong daun sirih menjadi dua, diremas sekedarnya saja, linting daun sirih dan masukkan pada hidung yang mimisan.
  • Cara kedua, ambil daun sirih secukupnya kemudian ditumbuk dan masukkan dalam lubang hidung yang mimisan.
Tanaman Obat Pegagan
Caranya adalah siapkan pegagan segar sekitar 60 gram. Cuci bersih pegagan dan rebus dengan air 400cc hingga mendidih sampai air tersisa 200 cc (sekitar 1 gelas). Minum 2 kali sehari dalam kondisi hangat.


Daun Kangkung Segar

Cuci daun kangkung segar sebanyak 25 gr kemudian di blender hingga menjadi jus kangkung, tambahkan gula atau madu secukupnya minum jus ini 2x sehari.

Akar Teratai
Ambil 200 gram akar teratai kemudian dicuci bersih, tumbuk halus sampai keluar airnya. Gunakan airnya untuk diteteskan pada lubang hidung sekitar 3 tetes. Sisa air bisa diminum.

Akar Alang-Alang
Siapkan Akar Alang-Alang 60 gram, rebus dengan dua gelas air (400 cc) hingga tersisa 1 gelas, minum 2 x sehari dalam kondisi hangat.

Kacang Tanah
Ambil 25 gram Kulit Ari Kacang Tanah kemudian cuci bersih bahan diatas, rebus dengan air 400cc hingga sisa 200cc, saring air rebusan dan minum selagi hangat dengan dosis 2 x sehari.

Jika mimisan tetap berlanjut, kemungkinan ada penyakit lain yang menjadi penyebabnya sehingga lebih baik segera hubungi dokter untuk mendiagnosa penyebabnya sehingga bisa diambil tindakan yang tepat.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive