Cara Budidaya Tanaman Cincau Yang Kaya Manfaat

.
.
menanam-cincau
BUDIDAYA TANAMAN CINCAU -- Kita kebanyakan mengenal cincau sebagai bahan pembuat minuman segar , kenyal dan lezat. Namun ternyata tanaman cincau memiliki manfaat yang lebih dari sekedar untuk konsumsi. Daun cincau ternyata bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, menyembuhkan demam, radang lambung dan lain sebagainya. Maka tidak ada salahnya jika pada lahan pekarangan kita ditanam tanaman cincau. Budidaya tanaman cincau sendiri ada yang dilakukan secara serius pada lahan yang disediakan sendiri dan ada yang ditanam pada pekarangan rumah bahkan dengan media pot.

Tanaman Cincau  dikenal dengan  berbagai macam nama, misalnya saja  camcauh, juju, tarawulu dan kepleng. Tanaman ini memiliki manfaat untuk ksehatan karena memiliki kandungan kimia yang banyak sekali yang berguna bagi kesehatan tubuh kita diantaranya karbohidrat yang menyerap air, zat lemak dan alkaloid siklein, kardioplegikum, tentradine dan dimetil tetradine, polifenol, saponoid dan flavonoida.

Cara Menanam Tanaman Cincau

Jika anda tertarik untuk menanam tanaman cincau ini, berikut ini langkah-langkah menanam tanaman cincau :
1. Ambil bibit yang merupakan batang cincau yang merambat ke bawah hingga ke tanah dan sudah ditumbuhi akar.
2. Pilih bibit yang baik, biasanya bibit ini masih berumur tiga sampai empat hari.
3. Siapkan pot atau polybag/plastik berdiameter 20 cm.
4. Siapkan tanah, sekam dan pupuk kandang.
5. Masukkan campuran tanah ke dalam pot berdiameter 20 cm, siram, letakkan di area yang mendapat banyak matahari.
6. Setelah tiga bulan, pindahkan tanaman ke lahan yang telah disiapkan untuk menanam pohon cincau.
7. Sebulan kemudian pohon akan tumbuh subur, daun cincau akan banyak dan siap dipanen. Untuk konsumsi, pilih daun cincau yang segar.

Tanaman Cincau hijau sudah bisa dipanen sejak umur enam bulan dan masa panen bisa setiap dua minggu sekali. Jika dirawat dengan baik, tanaman cincau bisa bertahan hingga puluhan tahun. Yang dipanen pada tanaman cincau ini  hanya bagian daunnya saja. Bagian batang yang tersisa akan bertunas kemudian menghasilkan daun baru yang akan dipanen di minggu berikutnya.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.