Ternyata Tanaman Juga Perlu Kasih dan Sayang Untuk Merawatnya

.
.
Untuk mencapai hasil maksimal tanaman yang kita tanam entah apapun jenisnya, perlu kasih sayang sebagaimana kita menyayangi kekasih kita. Menanam tanaman tidak sulit, tidak membutuhkan waktu yang lama. Lima menit pun tanaman dapat kita tanam. Namun untuk hasil maksimal, tidak segampang itu. Pemeliharaan dan perawatan setelah tanam menjadi faktor 90 % tanaman akan tumbuh dengan baik.


Beragam cara untuk merawat tanaman dari berbagai jenis tanaman dapat anda pelajari dan dipraktekan. Namun tanpa kasih sayang, semua akan menguap hampa tak terbekas. Dari menyiram, membersihkan tanaman dari hama, membersihkan tanaman dari rumput liar sampai pemupukan yang benar merupakan bukti bahwa kita sayang dengan tanaman yang kita tanam. 

Memang merawat tanaman akan jauh lebih sulit dari proses menanam. Namun tidak ada kamus lain, kecuali melakukannya agar keinginan kita terhadap tanaman tersebut sesuai harapan. Jika Anda menaman padi, anda pasti menginginkan padai tumbuh dan berkembang dan dapat terbebas dari berbagai hama. Anda akan mengecek ketersediaan air, anda juga membutuhkan pestisida jika sewaktu-waktu padi di sawah anda terserang hama wereng. Dan banyak hal lain yang perlu dilakukan agar padi siap panen dengan hasil berton-ton. 

Bilamana anda menaman pohon Mangga, Anda juga perlu kerja keras setelah proses menanam bibit Mangga. Dari pemupukan, pembersihan rumput liar disekitar pohon Mangga, sampai pengamatan apakah bibit pohon albasia terserang penyakit atau tidak. Perawatan ini pun tidak satu dua bulan. Perawatan harus dilakukan sepanjang tanaman ini hidup dan berbuah lebat. Perlu trik khusus dengan cinta dan kasih sayang layaknya merawat kekasih anda.

Kadang banyak orang bermimpi akan mendapat buah yang banyak dari pohon Mangga yang telah ditanam. Namun setelah ia menanam ia enggan merawat dan memelihara pohon mangga tersebut. Mungkin anggapan orang, jika pohon Mangga adalah pohon yang tumbuh besar tidak satu dua bulan, sehingga dibiarkan tumbuh apa adanya. Sampai rumput ilalang pun subur di lahan pohon Mangga

Ingat jika ingin hasil maksimal tanaman perlu dirawat dan dipelihara. Orang tidak dapat melakukannya tanpa ada rasa kasih dan sayang. Berikanlah perhatian terhadap tanaman Anda. Maka tanaman Anda akan membalas perhatian dan kasih sayang Anda. Salam tani! Hidup dunia pertanian Indonesia ! 
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive