Mau Tau Jenis Makanan dan Minuman yang Baik dan Kurang Baik Saat Berpuasa?

Sponsored Links

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinanti-nanti oleh umat muslim di dunia. Selama bulan Ramadhan inilah seluruh umat muslim mulai memikirkan asupan makanan apa saja yang sangat dibutuhkan disaat menjalani ibadah puasanya.
Asupan makanan merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh semua umat muslim yang sedang berpuasa. Nutrisi yang ada di dalam makanan harus diperhatikan agar pada saat puasa semuayang menjalankannya bisa menjalaninya dengan keadaan yang sangat bugar.
Berikut ini merupakan beberapa makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat puasa:
  1. Kurma
Tingginya kandungan vitamin A, B6, kalium, natrium alami, besi dan magnesium membuat kurma menjadi menu yang sangat disarankan untuk dikonsumsi saat bulan puasa. Kurma mengandung gula alami yang dapat memberi energi yang lebih saat melakukan shalat malam.
  1. Buah-buahan segar
Selama puasa untuk mengisi elektrolit yang hilang, kita dapat mengonsumsi buah-buahan segar. Karbohidrat kompleks dan penuh serat dapat meningkatkan kadar glukosa secara bertahap dan membantu pencernaan. Beberapa buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi, yaitu: Blewah, Pisang, Pepaya, Apel, Stroberi, Mangga, Jeruk, Belimbing, dan Melon.
  1. Sayuran segar
Jenis makanan yang mudah dicerna oleh lambung adalah sayur-sayuran. Di dalam sayuran hijau (rekomondasi) banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti serat, mineral, protein, vitamin C, K dan asam folat. Kandungan zat besi pada sayuran juga amat baik sekali untuk meningkatkan tekanan darah bagi penderita anemia, dan ini juga dapat melancarkan proses pencernaan dan pengeluaran racun dalam tubuh.
  1. Ikan
Ikan banyak sekali manfaatnya untuk tubuh, hal itu karena daging ikan mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi, antioksidan, protein hewani, vitamin D dan B2 serta sejumlah mineral. Kandungan pada omega 3 (EPA dan DHA) pada ikan membuat pertumbuhan sel saraf otak dengan baik, melancarkan peredaran darah, menjaga keseahtan jantung, mencegah peradangan, menjaga organ penglihatan dan baik untuk tulang. Oleh karena itu, ikan disarankan untuk dikonsumsi disaat bulan puasa.
  1. Kacang mentah
Lemak baik yang terkandung dalam kacang mentah, membuat makanan ini dianjurkan untuk dikonsumsi saat bulan puasa.
  1. Daging, ayam
Agar kenyang lebih cepat dan lama, konsumsilah protein seperti daging dan ayam
  1. Madu
Manfaat besar mengkonsumsi madu saat berbuka puasa juga akan memberikan vitamin dan mineral untuk tubuh kita, hal itu karena madu mengandung kalium, kalsium, natrium, magnesium, zat besi, phosphor, sulfur dan mangan. Madu juga dapat melancarkan metabolisme dan mengatasi gangguan pencernaan.
  1. Air mineral
Sekitar 1-2 liter air putih yang dicampurkan dengan 1 liter lemon, baik bagi hati. Vitamin C dipercaya baik untuk menghidrasi otot, mengurangi rasa lelah dan lesu. Demi kesehatan, hindari minuman berkafein seperti soda, kopi, dan teh selama 4-5 hari sebelum bulan Ramadan
Selain makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang berpuasa, ada juga makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari oleh orang yang sedang berpuasa.
Berikut merupakan beberapa makanan dan minuman yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang berpuasa:
  1. Makanan pedas dan bersantan
Hindari makanan pedas dan bersantan karena bisa mengganggu pencernaan. Asupan makanan yang tidak terkontrol saat buka puasa bisa membuat kadar kolesterol meningkat, tekanan darah naik, kadar gula darah melambung, atau penyakit lain yang sudah bersarang kambuh kembali. Makanan bersantan merupakan salah satu jenis makanan yang punya andil cukup besar dalam masalah tersebut.
  1. Minuman bersoda
Hindari minuman yang bersoda. Minuman bersoda bisa menyebabkan ganguan pada perut dan bisa berakibat pada terganggunya sistem pencernaan tubuh. Air soda sangat mudah menyerap air. Meskipun kita banyak minum minuman bersoda, namun tubuh tidak akan merasa kenyang dan juga tidak akan meredakan rasa haus, yang ada justru kita akan menjadi lebih mudah merasakan haus.
  1. Minuman dingin
Minum minuman yang dingin ketika berpuasa memang terasa sangat menyegarkan. Namun ternyata, kebiasaan mengkonsumsi minuman dingin saat berbuka puasa adalah kebiasaan yang tidak sehat karena bisa menyebabkan konstraksi pada lambung. Selain itu, minuman dingin juga bisa memberikan efek kenyang berlebih, akibatnya tubuh pun jadi malas untuk makan makanan yang bergizi.
  1. Makanan Besar
Agar lambung tidak kaget, berbukalah dengan makanan ringan terlebih dahulu. Jangan langsung makan makanan berat karena itu bisa membuat pencernaan kita kaget karena harus langsung bekerja mencerna makanan setelah sebelumnya beristirahat bekerja sepanjang hari. Jangan lupa, biasakan untuk mengunyah makanan dengan baik karena bisa membantu meringankan kerja pencernaan.
  1. Makanan Berlemak
Salah satu jenis makanan berlemak adalah makanan yang digoreng untuk memasaknya, makanan jenis ini sebaiknya kita hindari saat sahur ataupun berbuka puasa. Makanan berlemak bisa menyebabkan kegemukan dan gangguan pencernaan serta nyeri di ulu hati. Selain itu, makanan yang banyak mengandung lemak juga membuat perut kita cepat kenyang, sehingga makanan lain yang lebih bernutrisi tidak termakan.

Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive