Tanaman Unik "Tom Tato' Bisa Menghasilkan Tomat dan Kentang Dalam Satu Pohon

.
.

Sebuah tanaman yang bisa menghasilkan kentang dan tomat sekaligus, yang digambarkan sebagai sebuah “sayuran yang diplot di dalam pot”, telah diluncurkan di Inggris.

Tumbuhan yang dinamakan Tom Tato tersebut bisa menghasilkan 500 buah tomat cheri dan sekaligus menghasilkan kentang pada saat yang sama.

Perusahaan hortikultura mail order Thompson & Morgan, yang menjual tanaman tersebut seharga £14.99 sebatang, mengatakan bahwa tanaman hibrid tersebut dicangkokkan dengan tangan secara individual dan bukanlah merupakan hasil rekayasa genetik.

Tanaman cangkokan dari kentang dan tomat telah pernah dibuat di Inggris, namun Thompson & Morgan mengatakan ini adalah pertama kalinya mereka berhasil memproduksi tanaman cangkokan ini secara komersial.

Perusahaan tersebut mengatakan tomat yang dihasilkan jauh lebih manis dibandingkan dengan tomat yang ada di supermarket.

Paul Hansord, direktur hortikultura di perusahaan tersebut, mengatakan dia pertama kali mempunyai ide mengembangkan tanaman tersebut 15 tahun lalu di AS, ketika dia mengunjungi sebuah kebun di mana seseorang menanam tomat di bawah tanaman tomat lainnya sebagai sebuah lelucon.

Dia mengatakan: “Tom Tato tersebut telah diujicobakan selama beberapa tahun dan hasil akhirnya jauh lebih sempurna daripada yang pernah saya bayangkan, sebuah batang yang penuh dengan buah tomat dengan cita rasa yang bisa membuat tomat warung tak lagi layak dimakan, dan sekaligus, sebuah tanaman kentang yang baik hati untuk akhir musim.

“Adalah sangat sulit untuk membuat Tom Tato seperti yang dihasilkan sekarang ini karena batang tanaman tomat dan batang tanaman kentang harus mempunyai ketebalan yang sama agar bisa dicangkok, sebuah pekerjaan yang membutuhkan kemahiran tingkat tinggi untuk.

“Kami pernah melihat produk yang serupa, akan tetapi setelah diamati lebih dekat ternyata hanya tanaman kentang dan tanaman tomat yang ditanam bersama-sama di dalam sebuah pot—sedangkan tanaman kami ini adalah satu tanaman dan tidak menumbuhkan daun kentang.”

Tanaman ini bisa ditanam baik di luar maupun di dalam gedung, asalkan ditanam di dalam sebuah pot atau kantung yang besar.

Sebuah produk serupa, yang disebut “Potato Tom”, diluncurkan di sentra perkebunan di Selandia Baru minggu ini. 
By John Hall/Friday 27 september, 2013)

Sumber : http://www.independent.co.uk/news/uk/home-news/the-tomtato-plant-which-produces-both-potatoes-and-tomatoes-launched-in-uk-8839501.html
Sponsored Links
loading...
Loading...
.