Cara Unik dalam Budidaya Tanaman Kelapa Biasa Menjadi Kelapa Kopyor

.
.


Kelapa kopyor di Jakarta harganya bisa mencapai Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu. Biasanya, kelapa kopyor disetok dari Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Lantas, bagaimana tips dan cara budidaya kelapa biasa menjadi kelapa kopyor?

Mudah sekali! Meskipun harus butuh ketelitian dan kesabaran. Karena, pada dasarnya kelapa kopyor hanya bisa hidup dengan mudah di kawasan pesisir, seperti Kecamatan Dukuhseti, Pati.

Berikut ini tips dan cara budi daya kelapa kopyor  dari petani kelapa dari Pati dan sebuah buku terbitan Divapress karya Inayati (2010). Menurut Inayati, kelapa biasa menjadi kelapa kopyor dengan cara melubangi tanah dekat pohon sekitar satu meter dan menaruhnya kapur atau batu gamping.

Jadi, kalau Anda punya pohon kelapa, buatlah lubang dengan kedalaman satu meter. Jarak lubang dan pohon juga berkisar 1 meter. Setelah itu, masukkan batu gamping atau kapur kira-kira 50 sampai 60 cm, lalu tutup kembali dengan tanah galian tadi.

Nah, bunga kelapa yang menghadap lubang itu sudah bisa dipastikan akan berbuah menjadi kopyor. Ajaib sekali, bukan?

Namun begitu, kami masih belum bisa membuktikan tips dan cara yang ditulis Inayati dalam buku Seabrek Tips dan Kiat Praktis Sehari-hari (2010) karya Inayati tersebut.

Karenanya, kami juga akan bertanya kepada petani kelapa kopyor di Pati. Salah satu sumber Berberita.com menyebut, Anda harus membeli bibit kelapa kopyor terlebih dahulu agar pohonnya nanti juga kopyor.

Meski begitu, hal itu juga tidak bisa dipastikan karena kopyor tidaknya sesuai dengan penyerbukan yang dilakukan secara alami. Inilah yang membuat harga buah ini sangat mahal, karena tidak mudah untuk mendapatkan buah kelapa yang benar-benar kopyor.

Kalau Anda serius ingin budidaya dan bisnis kelapa kopyor, sebaiknya siapkan lahan nganggur selama kurang lebih 5 tahun. Karena, pohon siap berbuah jika sudah mencapai umur sedikitnya lima tahun. Inilah yang menyebabkan kelapa kopyor di Pati tidak ditemui di kebun, tetapi di rumah-rumah yang nantinya dikumpulkan oleh pengepul.

Namun, jika Anda mau bersabar dan tekun budi daya kelapa kopyor, niscaya Anda akan kaya raya! Bayangkan, satu pohon bisa panen antara 20 buah sampai dengan 30 buah setiap bulan secara terus menerus dengan kalkulasi kopyor sebanyak 40 persen, yaitu sekitar 15 buah.

Satu buah dihargai sekitar Rp 30 ribu hingga Rp 60 ribu. Kalau Anda punya kebun dan 50 tanaman saja, setiap bulan bisa panen sekitar 750 buah kelapa kopyor dan masing-masing buah katakanlah harganya Rp 35 ribu saja, Anda bisa meraup uang sebesar Rp 27 juta per bulan!

Tantangan
Salah satu tantangan budidaya kelapa kopyor adalah hewan kumbang. Serangga ini sangat getol menggerogoti pohon hingga buah dan menjadi hama yang paling ditakuti petani.

Orang Jawa menyebutnya "kuwawung". Anda harus telaten, sabar dan meminta tips dari petani kelapa kopyor senior di bidangnya. Untuk menjadi pengusaha atau petani yang kaya raya memang butuh perjuangan yang tidak mudah.

Demikian Cara Mudah Budidaya Kelapa Biasa Menjadi Kelapa Kopyor. Semoga bermanfaat bagi dunia pertanian dan Anda yang ingin mencoba mengembangkan budi daya kelapa kopyor.

Sumber : http://www.berberita.com/2015/12/cara-budidaya-kelapa-biasa-menjadi-kelapa-kopyor-mudah.html
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive