Akhirnya Bulog Siap Beli Semua Beras Petani

.
.

Bulog siap menyerap gabah petani berapapun banyaknya, apalagi Presiden baru saja menambah anggaran kepada BUMN pangan tersebut sebesar Rp3 triliun untuk pembelian gabah petani melalui Penyertaan Modal Negara, selain dana yang sudah dimiliki Bulog saat ini Rp30 triliun.
Menurut Amran, Bulog diharapkan mampu menyerap gabah petani sebesar 500 ribu ton khusus untuk Jawa Tengah, Jatim 500 ribu ton, Jabar 250 ribu ton dan Sulsel 500 ribu ton.
"Dengan penyerapan itu kita pastikan tahun ini tidak akan ada impor beras," katanya.
saat ini pemerintah menetapkan harga pembelian padi dan beras oleh Bulog untuk gabah kering panen (GKP) sebesar Rp 3.700 per kg, gabah kering giling (GKG) Rp 4.600 per kg, dan beras sebesar Rp 7.300 per kg
"Produksi terbesar kedua Oktober-Maret (secara nasional) yaitu Jateng termasuk Klaten. Saya minta petani serahkan hasil panennya ke Bulog, minimal 20 persen," katanya.
Sementara itu Kadrive Bulog Jawa Tengah, Usep Karyana yang juga menghadiri panen perdana tersebut mengatakan, saat ini pihaknya sudah ada 200 mitra dari gabungan kelompok tani (Gapoktan), koperasi unit desa (KUD), Perpadi, Pengusaha/Pedagang beras.
"Kami siap beli gabah petani melalui mitra-mitra kami tersebut. Sangat mudah sekali. Hanya butuh surat rekomendasi dari pemda setempat. Semata-mata untuk ketahanan pangan. Ini untuk mempermudah menambah mitra supaya lebih dekat dengan petani," katanya.
Menurut dia, Bulog ingin memutus siklus penjualan padi secara ijon yang selama ini menjerat petani, melalui bermitra dengan Bulog serta menjanjikan pelayanan yang mudah dan pembayaran cepat.
Sabtu-Minggu tetap kami layani pembelian gabah petani bahkan sampai malam," katanya.
Sumber: AntaraNews

Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive