Panduan Cara Memberi Pakan Ayam Kampung Yang Baik Dan Benar

.
.


Cara Memberi Pakan Ayam Kampung Yang Baik Dan Benar
Ilustrasi

Cara Memberi Pakan Ayam Kampung Yang Baik. Menjalani usaha atau beternakayam kampung sebenarnya susah-susah gampang, dari cara perawaran hingga dalam pemnberian pakan. Dan didalam setiap tahap tersebut tentu caranya tidak sembarangan, harus dilakukan dengan pola, prosedur dan tata cara yang benar.Bagaimana jika dalam pemberian pakan ayam kita tidak benar? Hal ini akan menyebabkan ayam kampung memiliki pertumbuhan badan yang kurang optimal. Dan dari situlah akan membuat waktu pemeliharaan ayam kampung akan semakin lama dan tentunya akan memakan biaya yang lebih.

Masalah ini sering sekali di derita oleh para peternak ayam kampung maupun yang lainnya. Dan disini saya akan mencoba memberikan solusi kepada anda khususnya para peternak ayam kampung untuk mengatasi hal tersebut. Dan dibawah ini adalah caranya untuk memberi pakan ayam kampung agar peternakan ayam kita produksinya semakin maksimal :

1. DOC Ayam Kampung Umur 1-21 Hari

Saat ayam sudah menetas dan mulai memasuki har-hari kehidupan mereka, cara pemberian makan yang baik adalah secara kontinyu atau terus menerus. Dengan cara ini diharapkan doc ayam kampung akan mendapat asupan yang optimal sesuai dengan pertumbuhannya. Memang cara ini terkesan sedikit merepotkan karena kita di tuntut untuk terus memberikan makanan kepada doc ayam kampung kita tetapi sudah banyak peternak ayam yang membuktikan cara ini sangat efektif sekali dan membuat pertumbuhan ayam lebih optimal. Menggunakan cara diatas juga membuat kita mampu mengecek kondisi doc ayam agar cepat dilakukan tindakan bila terjadi masalah pada pertumbuhannya (kontrol setiap saat).

Dalam hal jenis makanan kita bisa menggunakan pakan jenis pre-starter berbentuk mesh atau tepung (BR1 yang dihaluskan). Karena makanan jenis satu ini akan mudah dicerna oleh anak ayam.

2. Ayam Kampung Umur 21 Hari-3 Bulan

Pada masa usia umur 21 hari - 3 bulan di rekomendasikan untuk memberikan pakan basah dan kering pada waktu pagi hari dan pakan kering pada sore hari. Dengan cara diatas kita tidak perlu lagi memberikan makan secara terus menerus karena waktu pemberian makan hanya pada pagi hari dan sore hari, hal ini selain efektif untuk ayam juga akan menghemat waktu kita.

Dalam hal ini jenis pakan yang digunakan adalah menggunakan jenis starter yang berbentu butiran kecil atau scrumble.

3. Ayam Dara

Pada ayam ini usahakan saat kita memberikan makanan untuk menggunakan wadah dan pola makan ayam diatur yaitu 2x sehari. Sama seperti saat ayam berumur 21 hari-3bulan, waktu pemberian makan ini yaitu pada pagi hari dan sore hari.

Dalam hal ini jenis pakan yang digunakan adalaj pakan finisher berupa campuran biji-bijian dan pelet.

4. Ayam Indukan/Petelur

Pada ayam indukan, cara memberikan makannanya adalah dengan selalu menyiapkan makanan di segala sudut kandang. Hal ini karena pada ayam indukan/petelur mereka hanya makan selama 1x sehari dan rata-rata itu hanya pada pagi hari saja.

Selain tips dan cara memberikan pakan pada ayam kampung, dibawah ini saya juga akan memberikan cara saat memberikan pakan pada ayam kampung agar ayam terhindar dari berbagai macam serangan penyakit :

1. Berikan Pakan Yang Masih Fresh

Dalam memberikan pakan ayam kampung kita diwajibkan untuk selalu memberikan makanan yang masih baru/fresh. Jangan sampai kita memberikan pakan yang sudah berjamur dan berbau akibat penyimpanan pakan yang terlalu lama. Makanan yang sudah berjamur dan berbau akan menurunkan kadar vitamin yang ada dalam pakan ayam tersebut. Dan hal ini akan berpeluang menimbulkan penyakit pada ayam. Selain menimbulkan penyakit makanan yang sudah berjamur akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan hal ini akan menurunkan nafsu makan ayam, dan inilah yang sering membuat ayam rentan terkenan serangna berbagai macam penyakit.

2. Memberi Pakan Sesuai Nutrisi

Cara kedua adalah dengan memberikan ayam dengan nutrisi yang cukup. Hal ini akan mempersingkat waktu pemeliharan ayam dan tentunya akan mengurangi/menghemat biaya prosukdi peternakan.

3. Beri Pakan 3/4

Maksudnya adalah kita memberikan pakan pada ayam dengan kadar 3/4 dari batas ketinggian tempat makan. Selain hal ini baik untuk kesehatan ayam, hal ini akan mencegah pakan ayam mudah tumpah kemana-mana dan hanya akan membuang-buang pakan dan pembengkakan biaya pakan.

4. Beri Pakan Sesuai Dengan Porsi

Dalam memberikan pakan kita tidak boleh sembarangan, kita harus tau porsinya. Karena jika kita terlalu banyal memberikan pakan kepada ayam kita maka malah akan membuat nafsu makan ayam berkurang pada pemberian makan selanjutnya.

5. Kedisiplinan Peternak

Selai kualitas jenis makanan kedisiplinan peternak dalam memberikan pakan juga mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan ayam. Dibawah ini saya akan memberikan beberapa sikap yang harus dimiliki oleh peternak :

a. Dalam memberikan makan harus sesuai jadwal, jangan sampai kita lupa dan telat memberi pakan ayam. Jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi ayam khusunya pada perut ayam.

b. Dalam memberikan pakan kepada ayam ternak kita, kita tidak boleh tergesa-gesa apalagi sembrangan. Kita harus tenang dan telaten saat memberikan pakan kepada ayam ternak kita.

c. Jika anda sedang sakit pakailah masker agar penyakit anda tidak menular ke ayam-ayam anda. Atau anda bisa menyuruh orang lain yang lebih sehat untuk memberikan pakan pada ayam-ayam ternak anda. Hal ini penting sekali karena penyakit manusia juga bisa menular ke ayam-ayam ternak kita.

d. Dalam memberikan pakan kepada ayam usahakan di waktu pagi dan sore hari. Anda juga bisa memberikan pakan ayam sebanyak 3x sehari.

Dalam menjalani usaha peternakan ayam kesabaran dan kedisplinan adalah faktor utama yang mempengaruhi berhasil tidaknya kita dalam beternak. Karena dalam beternak ayam kampung adalah karkas dan daging ayam yang menjadi faktor paling utama maka sudah selayaknya kita memberikan pakan yang baik, benar dan cukup agar tercapai tujuan bisnis dari ayam kampung tersebut.

Sekian artikel tentang Cara Memberi Pakan Ayam Kampung Yang Baik semoga dapat menambah wawasan bagi kita semua khususnya bagi kita yang sedang mengeluti bisnis peternakan ayam kampung. Salam Sukses..!!!





Sumber : http://docayamjawasuper.blogspot.co.id/2015/09/cara-memberi-pakan-ayam-kampung-yang-baik-dan-benar.html
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive