Mantan TKI Yang Sukses Jadi Petani dan Pengusaha - Kisah Inspirasi

.
.

Dunia dipenuhi dengan hal-hal yang tidak mungkin. Tidak mungkin bagi sebagian orang tapi mungkin bagi sebagian kecil orang. Yang membedakan adalah pengalaman, pola pikir dan keimanan. Cerita hidup layaknya sebuah dongeng yang kadang naik dan turun. Cerita kehidupan kadang kelam dan kadang gembira. Warna-warni kehidupan itulah yang membentuk karakter seseorang menjadi pribadi kuat, tangguh dan cerdas. Hal itulah yang dialami oleh Haryanto yang kini menjadi petani muda yang sukses dan moderen. Hal tersebut tak terlepas dari berbagai pengalaman yang telah ia timba di negara Jepang dan Korea Selatan dalam bidang pertanian.

Orang muda di Indonesia sekarang ini ingin hidup sukses secara instant. Padahal tidak ada kesuksesan secara instant. Semua itu harus dimulai dari bawah, kerja keras, tekun, ulet, sabar dan sikap pantang menyerah. Oleh sebab itu, pikiran anak muda di Indonesia harus mulai berpikiran bahwa kesuksesan harus diperjuangkan dan diusahakan sejak awal dari nol sekalipun. Selain itu, untuk menjadi anak muda yang sejati seharusnya generasi muda saat ini harus gila yakni mesti berani melawan arus atau status quo demi kehidupan yang lebih baik di lingkungan sekitarnya.

TKI Jadi Pengusaha Dan Petani Sukses
Jika dilihat di pelosok desa maka sekarang ini sudah jarang dilihat seorang petani berusia muda. Kebanyakan mereka yang lanjut usia. Lalu kemana generasi muda? Mereka tidak mau menjadi petani karena merasa hidupnya akan susah seperti kedua orangtuanya. Namun mereka lebih memilih merantau ke kota menjadi buruh bangunan, karyawan pabrik dan swasta serta lain sebagainya. Hal itulah yang coba dilawan oleh Hariyanto yang memulai menjadi seorang petani di desanya di waktu usia muda belia.
Kinerja Hariyanto dalam bidang pertanian tidak usah diragukan. Karena ia telah berguru ilmu pertanian di negara samurai dan ginseng. Oleh sebab itu, pria kalem ini aktif di berbagai kegiatan kelompok tani demi memajukan ekonomi para petani di desanya. Ia melakukan serangkaian langkah teknik pengoptimalan lahan pertanian sehingga dalam satu tahun lahan pertanian bisa panen tiga kali. Petani muda ini sangat menguasai ilmu pertanian jagung. Sehingga penghasilannya dari usaha pertanian jagung sekitar Rp28 juta sekali panen. Wow lumayan bukan?!
Untuk meningkatkan pendapatannya dan membantu petani di desanya, Hariyanto mengajak 200 petani untuk menanam jagung di atas lahan sekitar tujuh puluh hektare. Agar usaha pertanian jagung sukses yang penting adalah pemilihan bibit jagung yang unggul, tahan terhadap hama penyakit dan tahan terhadap kekeringan. Dengan demikian hasil panen bisa berkali lipat dengan kualitas bagus. Hal ini telah diaplikasikan di negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan. Atas saran Haryanto, penghasilan petani jagung di kampung halamannya meningkat sangat tajam yang membuat banyak petani jagung kaya raya.

SUmber : http://www.usahabersama.net
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive