Cara Mengatasi Masalah Hama Saat Bertanam Hidroponik

.
.

Memiliki aneka tanaman sayur dan buah di rumah sendiri mungkin menjadi mimpi bagi sebagian orang  yang hidup di perkotaan. Selain dapat menghilangkan stres, penyaluran hobi dan konsumsi sayuran bisa tersalurkan. 
Hidroponik merupakan cara bertanam yang menyenangkan. Sistem ini memungkinkan teknis bertanam tanpa lagi menggunakan tanah sebagai media tumbuh. Cukup menggunakan air, nutrisi, dan pencahayaan yang cukup, tanaman seperti sawi, pakchoykangkung, bayam, cabai, dan tomat dapat tumbuh subur dan dipanen dalam jangka waktu tertentu.
Sistem penanaman metode hidroponik banyak memiliki keistimewaan. Misalnyadapat ditanam di lahan sempit dan tanpa penyiraman rutin. Sayangnya, tidak melulu bertanam sayur hidroponik tumbuh secara maksimal. Ada saja kendala yang dihadapi perihal penanaman. Salah satunya adalah keberadaan ulat.Ulat merupakan jenis hama yang kerap menyerang tanaman sayurSerangan ulat dapat mengakibatkan daun berlubang hingga habis tak tersisa.
Jika serangan belum terlalu parahlakukan pencegahan serangan dengan menggunakan pestisida nabati. Pestisida nabati ini bisa dibuat dari dari bahan alami, yakni daun pepaya. Menurut penelitian, daun pepaya mengandung bahan aktif papain yang efektif untuk mengendalikan hama seperti ulat. Berikut contoh pembuatan pestisida nabati dari daun pepaya.
Bahan:
1 kg daun pepaya segar, rajang halus
10 liter air
2 sendok makan minyak tanah
30 gram deterjen
Cara Membuat
  1. Campurkan seluruh bahan di dalam wadah ember, aduk-aduk hingga rata, lalu diamkan semalaman.
  2. Saring larutan menggunakan kain halus.
  3. Larutan siap digunakan.
Bagaimana Agromate? Tidak terlalu sulit bukan membasmi hama tanaman. Bahan yang digunakan pun bisa dengan mudah diperoleh di sekitar kita.Selamat bertanam sayur di rumah. Salam hijau.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive