Cara Unik Membuat Tanaman Mangga Berukuran Pendek Tapi Berbuah Lebat

.
.


Berikut ini jenis buah mangga-mangga cantik berukuran pendek yang cocok menghiasi halaman sempit rumah Anda, antara lain: mangga irwin, ice cream, rosigold, carrie, extrema, glenn, julie, ott, manila, villasenor, dan nam dok mai. Tinggi rata-rata jenis mangga-mangga tersebut hanya 130 cm. Tajuk tidak lebar sehingga tak butuh ruang tumbuh yang luas. Tampilan buahnya tak kalah cantiknya seperti irwin yang berkulit ungu, buah mangga ice cream yang lembut dan buah mangga rosigol yang berkulit kuning dengan bercak-bercak merahnya.
Gelayutan Mangga-mangga Cantik Berukuran Pendek
Mangga irwin bersosok pendek hanya 1 meter tingginya
Kunci utama bisa memperoleh tanaman mangga mini yang berbuah, antara lain: pemilihan kultivar, pemangkasan dan pembentukan tajuk. Pembentukan tajuk harus segera dilakukan setelah tanam. Tinggi percabangan pertama cukup 60-90 cm yang bisa kita ciptakan dengan memangkas  batang pada ketinggian tersebut. Biarkan tunas-tunas tumbuh. Setelah tumbuh tunas-tunas, ambil 3-4 tunas yang arah tumbuhnya horizontal. Nantinya tunas-tunas ini akan tumbuh dan berkembang menjadi dahan horizontal yang kuat dan mudah berbuah. Pilih tunas yang jaraknya proporsional mengelilingi batang. Nantinya, tunas-tunas ini yang akan menjadi bentuk tajuk utama tanaman.

Biarkan tunas-tunas terpilih tersebut tumbuh hingga 50 cm. Ulangi kembali pembentukan tanaman buah mangga-mangga cantik ini dengan memotong cabang dan memilih tunas sebanyak 3-4 yang memenuhi syarat. Pembentukan tanaman ini bisa butuh waktu sampai 2 tahun lamanya. Jika selama pembentukan tanaman ini dijumpai tunas yang tumbuh vertikal, rundukan dahan tersebut dengan cara diberi pemberat selama 3 bulan.

Pengontrolan dilakukan secara periodik. Terutama pada kemunculan tunas-tunas vertikal yang dirasa mengganggu harus dibuang. Pemeliharaan selama 3 tahun, tajuk tanaman mangga akan terlihat pendek, kompak, dan kuat. Dengan bentuk tajuk yang seperti ini akan memaksa pohon lebih cepat berbunga dan memberikan efek pengkerdilan. Dengan demikian, kita sudah siap menikmati gelayutan buah mangga-mangga cantik berukuran pendek.

Sumber : http://birdbody.blogspot.co.id/2015/10/gelayutan-mangga-mangga-cantik.html
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive