Cara Mudah Menanam Bibit Anggrek dalam Botol

.
.
Anggrek merupakan salah satu tanaman bunga yang banyak disukai oleh orang terutama kaum perempuan. Hal ini karena bunga anggrek sangat cantik dan lagi jenis anggrek ada banyak macamnya dengan bentuk yang cantik juga. Bunga anggrek sendiri berfungsi untuk mempercantik halaman rumah. Cara menanam bunga anggrek ada bermacam-macam. Yaitu ada yang cara menanam anggrek dalam botol, dan ada juga dalam tanah. Harga jual bibit anggrek botol ini juga bervariasi di pasaran pada kisaran 25rb – 30rb per botolnya di kios pertanian.
Cara budidaya anggrek dalam botol yaitu pertama melakukan proses pembibitan terlebih dahulu. Pilih bibit anggrek botolan yang baik dan sehat yang terlihat dari bentuk batangnya yang kuat, daunnya subur, bunganya lebat dan juga indah. Lalu lakukan pensterilan biji bunga anggrek. Pensterilan ini harus dilakukan dulu sebelum melakukan penyebaran biji bibit anggrek dalam botol. 
cara menanam anggrek dari botol
cara menanam anggrek dari dalam botol
Untuk cara pensterilan bibit anggrek dalam botol dilakukan dengan cara yaitu buat terlebih dahulu larutan air kaporit dengan jumlah takaran 100 cc air untuk 10 gram kaporit. Lalu saring air kaporit menggunakan kertas filter. Setelah itu biji anggrek dimasukkan dengan larutan kaporit tadi ke dalam botol. Lalu botol digojong sampai warna biji anggrek berubah dari warna kuning menjadi warna kehijauan. Lamanya kurang lebih 10 menit. Setelah itu larutan air kaporit dibuang dan ganti aquades. Lalu gojog kembali. Lakukan secara berulang-ulang sampai 2-3 kali. Setelah itu cara menanam anggrek dari botol selanjutnya adalah melakukan pensterilan botol dengan memanaskan leher botol di atas campur spirtus supaya kumannya hilang. Dan masukkan biji anggrek dengan menggunakan pipet yang bersih ke dalam botol. Setelah itu panaskan lagi botol yang sudah diisi biji anggrek di atas spirtus. Lalu tutup lagi.
Cara menanam anggrek dari botol untuk pensterilan sudah selesai. Selanjutnya yaitu proses penyemaian benih. Langkah pertama yaitu biji anggrek dipilih terlebih dulu yang baik dengan menggunakan mikroskop. Jika isinya kosong maka warnanya putih. Jika berisi berarti warnanya coklat/kuning/warna lain. Lalu siapkan botol yang ukurannya lebar dan juga bersih. Pilih yang tidak berwarna supaya cahaya matahari bisa masuk ke dalam botol dan supaya dapat terlihat dengan jelas pertumbuhan dari biji anggrek.
Setelah itu tutup botol dengan kapas yang digulung sampai keras. Ikat dengan menggunakan tali di bagian ujungnya agar mudah saat dilepas nantinya. Tutup botol dengan rapat supaya terhindar dari masuknya bakteri atau jamur agar tanaman tidak terkontaminasi atau terkena infeksi. Cara budidaya anggrek dalam botol selanjutnya yaitu siapkan lemari kaca yang bersih dari jamur atau bakteri dengan disemprotkan alkohol atau spirtus terlebih dahulu. Beri tablet formalin agar tidak terkontaminasi. Cara menanam anggrek dari botol untuk bagian penyemaian bibit sudah selesai.
Selanjutnya adalah cara menanam anggrek dari botol untuk bagian membuat media tanam. Biasanya membuat media tanam untuk bunga anggrek menggunakan resep Khudson C (NORTHEN) 12. Yaitu:
-          Ca (NO3) 2H2O                  :  1 gram
-          MgSD47H2D                       :  0,25 gram
-          KH2PO4                                :  0,25 gram
-          (NH4) 2SO4                         :  0,25 gram
-          FeSO4 4 H2O                      :  0,25 gram
-          Saccharose                         :  20 gram
-          MnSO4                               :  0,0075 gram
-          Aquades                             :  1000 cc
-          Agar-agar                           :  15 – 17,5 gram
Langkah selanjutnya dalam cara menanam anggrek dalam botol adalah memindahkan bibit dari botol ke tempat pot penyemaian. Setelah anggrek di dalam botol sudah berkembang, pindahkan bibit ke pot yang sudah dilubangi. Berikan pecahan genting di dasarnya dan juga potongan akar pakis berwarna coklat berukuran 5-30 mm. Media tanam sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum dipakai dan airnya sampai hilang. Selesai dicuci, akar pakis direndam di dalam campuran media selama kurang lebih 24 jam. Campuran media tersebut terdiri dari urea/ZA sebanyak 0, 50 gram. DS, TS atau ES sebanyak 0, 25 gram, 0, 25 gram kalium sulfat, 1000 cc air. Demikian cara merawat anggrek dari botol dan cara menanamnya. Semoga bermanfaat.

Sumber : http://caraberkebun.com/cara-budidaya-menanam-bibit-anggrek-dalam-botol/
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive