Cara Tanam Buah Tin dalam Pot, begini Caranya!

.
.


Buah tin dapat tumbuh pada suhu 21-27 °C dengan kelembapan tinggi dan membutuhkan sinar matahari penuh sepanjang hari untuk pertumbuhan, perkembangan tanaman, serta proses pematangan buah


  • Pohon buah tin dalam pot. (Istimewa) 
  • Pohon buah tin dalam pot.

Siapa yang tidak kenal dengan buah tin, buah ini terkenal dengan sebutan buah dari surga. Merunut sejarahnya, pohon tin awalnya berasal dari arab dan kemudian menyebar kae seluruh pencuru dunia. Karena buah ini berasal dari arab maka secara otomatis buah ini memerlukan udara panas atau matahari yang lebih agar dapat berkembang dan tumbuh dengan baik.
Buah ini sudah dikebunkan secara makro di Gresik, Jawa Timur, dikembangkan oleh H.M. Kuntajaya Ahmad, ST dan rekan. beberapa waktu lalu, pria yang akrab disapa Kunta itu berujar bahwasanya sejak awal tahun 2014, kebun buah tin miliknya ini sering menerima kunjungan wisata edukasi yang bertujuan untuk memperkenalkan manfaat buah tin dan cara budidaya buah tin.
Di kebuh buah tin milik Kunta ini terdapat beragam jenis pohon tin, diantaranya varian Jordan Purple, Jordan Green, Brown Turkey, Abicou, Red Israel, Panache dan masih banyak jenisnya. Hasil yang didapat selain bibit dan buahnya, daun pohon tin inipun telah diolah Kunta menjadi teh dengan merek Teh Kunta.
Ditanam di Pot. Selain ditanam di kebun, buah tin juga banyak ditanam di pot. Satu yang pasti, tanaman ini dapat tumbuh pada suhu 21-27 °C dengan kelembapan tinggi dan membutuhkan sinar matahari penuh sepanjang hari untuk pertumbuhan, perkembangan tanaman, serta proses pematangan buah.
Nah, bagi Anda yang tertarik mengebunkan tanaman langka ini pot, dikutip dari laman pertanianku.com, berikut adalah langkah-langkah menanam buah tin dalam pot yang bisa Anda praktikan di pekarangan rumah Anda.
1. Siapkan pot berukuran diameter 50 cm dan tinggi lebih dari 60 cm, lalu masukkan pecahan genting atau batu bata ke dalam dasar pot untuk mencegah keluarnya media tanam bersama air siraman. Selanjutnya, masukkan media tanam sampai mengisi minimal setengah pot.
2. Siapkan bibit yang dipilih berasal dari setek dengan ketinggian minimal 60 cm dan berdaun sempurna lebih dari enam helai. Batangnya tegak dan sehat dengan diameter 1 cm. Setelah itu, gunting polibag dan keluarkan bibit beserta media tanamnya dari polibag. Tanam bibit tepat di tengah-tengah pot, lalu tambahkan media tanam hingga mendekati bibir pot. Siram bibit yang baru ditanam sampai media tanam basah.
3. Tempatkan pot di lokasi teduh dalam beberapa hari, lalu pindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari setelah segar.
Tertarik mencobanya?


Sumber :  http://www.jitunews.com/read/35567/yuk-tanam-buah-tin-dalam-pot-ini-caranya#ixzz4667hbygF
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive