Cara Mengatasi Penyebab Bunga dan Buah Durian Muda Rontok

.
.



Bunga Durian Rontok  - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Penyebab Bunga dan Buah Durian Muda Rontok Dan Cara Mengatasinya. Periode berbunga dan berbuah suatu tanaman adalah saat yang paling dinantikan oleh petani buah dan penanam karena harapan terbesar penanam adalah memanen buah dari tanaman yang sudah dirawat dengan baik dan dalam kurun waktu yang cukup panjang.
Bunga Durian Rontok
Bunga Durian Rontok
Namun, harapan ini terkadang tidak menjadi kenyataan karena bunga rontok dan berguguran sebelum berkembang sempurna, berubah menjadi bakal buah. Kalaupun berubah, bakal buah yang terbentuk hanya berjumlah sangat sedikit
Bunga Durian Rontok
Bunga Durian Rontok
Berikut adalah penyebab bunga dan buah muda durian rontok dan cara mengatasinya :

1. Kekurangan Air
Makanan tanaman begitupula durian adalah mineral dan air. Pada musim berbunga cabang pohon durian mulai menimbun karbohidrat hasil fotosintesa dengan bantuan hormon tertentu. Hasilnya ialah, kelurnya tandan bunga di sekujur cabang tersebut.
Sejauh air tanah masih mencukupi, pertumbuhan putik bunga akan berlangsung normal hingga saat bunga mekar . Biasanya hal ini berlangsung sekitar 6-8 minggu. Keadaan akan menjadi kritis kalau air tanah berkurang atau tidak ada, sementara pohon durian sudah mulai membentuk
tanah. Kekurangan air inilah yang mengakibatkan bunga dan buah muda rontok. Cara mengatasi kekurangan air ini sudah tentu dengan menyiram atau mengairi pohon durian itu pada masa pembentukan bunga di musiam kemarau.

2. Kekurangan mineral kalium

Jikla menjelang berbunga durian kekurangan mineral, pembentukan bunga tidak juga memuaskan. Kekurangan mineral kalium menyebabkan daya tahan tanaman menurun hingga tak mampu mengahdapi lingkungan yang tidak mendukung. Seperti kekeringan, misalnya. Untuk itu pohon durian sebaiknya diberi pupuk sekitar 2 bulan menjelang berbuah.

3. Gagalnya Penyerbukan

Bunga durian umumnya melakukan penyerbukan silang. Putik bunga dari satu pohon harus diserbuki oleh tepung sari dari pohon lain agar dapat berbbuah. Di, duga hanya 5 % saja bunga durian yang dapat menyerbuk sendiri. Penyerbukana dan pembuahan durian hanya dapat terjadi pada saat bunga mekaar penuh dari pukul 5 sore hingga pukul 3 dinihari berikutnya. Bunga yang tidak diserbbuki dalam masa itu akan rontok pada pagi harinya.

Karena pemekaran bunga penuh itu berlangsung malam hari, maka peranan serangga malam penting sekali dalam penyerbukan. Inilah yang menyebabkan pohon durian yang berbbunga terlalu awal, tumbuh terpencil, atau ditanam dalam secara sendirian, tidak terserbuki dengan baik, hingga ada saja bunga yang rontok. Cara mengatasinya sudah tentu dengan menanam durian lebih dari satu pohon bersama-sama.

4. Umur dan diameter cabang
Semakin besar cabang atau dahanm, semakin besar pula kemampuannya menimbun makanan yang diperlukan untuk menghasilkan bunga dan memperbesar buah. Bunga dan buah yang keluar dari cabang atau dahan seperti inilah yang dapat selamat sampai panen nanti. Biasanya, cabang atau dahan itu paling tidak sudah berdiameter 2 cm dan umur sedikitnya dua tahun.

Kadang juga ditemukan pohon durian yang berumur kurang dari dua tahun dapat berbunga, bahkan buah juga, namun sering rontok, Jika tidak rontok cabang atau dahannya yang kemudian menderita, kamasih lemah guna menahan beban durian yang berat. Cara mengatasinya dapat digunakan penyangga berupa tongkat bambu atau sejenisnya.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive