Loading...

Cara Pemangkasan Tanaman Buah Naga Agar Cepat Berbuah

Sponsored Links
.
Loading...

Cara Pemangkasan Tanaman Buah Naga

29DEC
Beberapa waktu lalu, ada beberapa teman yang menanyakan cara pemangkasan tanaman buah naga supaya berbuah, karena memang pemangkasan tanaman buah naga wajib dilakukan pada budidaya untuk memunculkan bunga dan buah terutama pada masa musim buah seperti akhir tahun saat ini.
Sebenarnya pemangkasan tanaman buah naga bisa dibilang mudah dan sederhana. Intinya, pemangkasan bertujuan untuk menghentikan pertumbuhan cabang / sulur buah naga atau menghilangkan tunas baru yang muncul.
Penjelasannya begini (lihat gambar), setelah cabang/sulur tumbuh panjang (kurang lebih 70cm) atau sudah melengkung kebawah (sulur jangan terlalu panjang, karena buah yang tumbuh terlalu jauh jaraknya dari cabang utama tidak bisa bagus), pemangkasan dilakukan pada setiap ujung cabang (saya beri tanda lingkaran kuning).
pemangkasan buah naga
Untuk lebih jelasnya seperti pada gambar dibawah ini, potong sedikit saja pada ujung cabang / sulur :
pemangkasan buah naga
Perlu diingat, intinya tidak ada pertumbuhan cabang atau tunas baru, jadi jika nanti muncul tunas baru, tunas tersebut tetap harus dipotong agar tidak terus tumbuh. Sederhananya, jika tidak ada pertumbuhan cabang/tunas, maka nutrisi/unsur hara hanya digunakan untuk menumbuhkan bunga/bakal buah.
Semoga bermanfaat.

Sumber : denidi.com
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter