Cara Menanam Bunga Melati Yang Indah

.
.
Seputih melatikah hatimu? Mungkin sepotong kata itu yang terlukiskan dari bunga melati. Bunga dengan sejuta keharuman yang menusuk hingga jantung dan hati manusia yang menghirupnya. Fisik mungil yang mampu hidup hingga tahunan, pembuktian kekuatan yang tak hanya sekedar becermin dari keadaan fisik semata. Berdiri tegak dengan berbagai tantangan alam selayaknya hujan menerpa, angin menerjang dan panas menghujam. Putihnya melati kian menjelma menjadi simbol nasional yang mewakilkan tradisi, dan kearifan bangsa. Kepedulian akan keberadaan bunga melati seakan tak sebanding dengan filosofi bunga melati itu sendiri. Usaha membudidayakannya pun seakan-akan terasa sulit jika kita tak mempunyai lahan yang memadai. Maka dari itu, dengan keadaan fisik melati yang tak memakan banyak ruang akan membuat halaman rumah lebih indah dipandang, harum sepanjang hari dengan kehadiran wewangian si putih Melati. Kita sajikan berikut bagaimana menanam melati yang bisa anda terapkan di halaman rumah anda. Langkah-langkah yang akan kita lakukan untuk mengeksekusinya adalah:



1. Siapkan pecahan-pecahan batu atau kerikil (untuk mengikat air di dasar  pot).
2. Campurkan tanah yang ideal, dengan ketentuan sebagai berikut:
   a. Campuran umum; pasir 1/3 bagian, tanah 1/3 bagian dan 1/3 bagian pupuk kandang.
   b. Campuran untuk jenis kering; pasir ½  bagian, dan ½ bagian pupuk kandang.
   c. Campuran untuk jenis lembab; ½ tanah dan ½ pupuk kandang.

Keterangan: Apabila campuran tanah ideal tersebut telah tersedia, maka media sudah siap untuk ditanami.
Tahap selanjutnya adalah cara menanam melati dalam pot. Ingat! Tahap yang satu ini menuntut kehati-hatian dan ketelitian yang lebih agar bunga melati dapat tumbuh dengan indah. Oke, simak baik-baik tahap berikut:

1. Pilihlah pot dan media tanam sesuai dengan tanaman yang akan kita tanam di dalam pot (pastikan pot memiliki lubang udara yang cukup). Keterangan: Pot tanaman harus sesuai dengan tempat dimana dan bagaimana pot tanaman tersebut diletakkan.

2. Masukkan bibit melati (yang ada di dalam plastik polybag) dan sobeklah plastik polybag dengan hati-hati supaya tidak merusak akar bunga melati. Setelah itu, simpan bibit di bagian tengah pot. Kemudian, timbun bibit dengan campuran tanah dan pupuk kandang. Keterangan: Isilah media tanam kurang lebih 1/3 bagian di dalam potnya. Ibarat manusia yang tinggal di komunitas baru, tanamanpun bisa mengalami stres saat berpindah  dan beradaptasi dengan tempat atau media baru. Oleh karena itu, usahakan masih ada media asal yang menempel pada tanaman.

3. Agar memperoleh hasil yang lebih maksimal, tambahkan media tanam lagi dengan cara menekan media perlahan lahan dengan ibu jari supaya tanaman dapat berdiri kokoh. Keterangan: Supaya mudah dalam melakukan penyiraman, jangan mengisi media tanam di dalam pot sampai penuh, beri ruang sekitar 2 cm dari bibir pot.

4. Tahap terakhir, siramlah tanaman secukupnya setelah tanaman dipotkan. Namun, sebelum meletakkan tanaman ditempat yang diinginkan, jangan lupa membersihkan dinding luar dan dasar pot dari kotoran dan media tanam yang masih menempel. Simpanlah di tempat yang lembab namun pastikan tetap mencicipi hangatnya sinar mentari selama beberapa hari untuk mempercepat proses tumbuh kembang si elok melati.

Demikianlah sistematis menanam bunga melati. Kualitas Si Putih Melati bisa anda nikmati kecantikan, wangi dan keindahannya jika anda merawatnya dengan keikhlasan. Selamat mencoba
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive