Cara Mengatasi Bunga Jambu Air Yang Sering Rontok

Sponsored Links
Penyebab bunga jambu air sering rontok adalah karena beberpa faktor, seperti kurangnya asupan air pada tanah sehingga tekstur tanah menjadi kering. Ketika tanah kering dan pasokan air berkurang, terutama dalam masa buah jambu berbunga, maka otomatis nutrisi bagi kelangsungan bunga jambu menjadi berkurang, sehingga menyebabkan bunga jambu air mudah rontok dan tidak menjadi buah. Buah jambu air ini sendiri banyak jenis dan varietasnya. Masing-masing jenis varietas buah jambu tentu memiliki karakter dan bentuk buah yang berbeda. Namun meskipun berbeda varietasnya, dalam masa pertumbuhan dan berbunga memiliki kesamaan, juga dalam permasalahan dalam budidaya jambu air, seperti rontok bunga, rontok buah, dan serangan hama penyakit.Image result for bunga jambu air

Sebelum anda mulai membudidayakan buah jambu air ini, ada baiknya anda kenali dulu seluk beluk buah jambu, dan permasalahn dalam menanam buah jambu air. Seperti halnya buah jambu gagal menjadi buah karena bunga jambu air sudah rontok terlebih dahulu. Kalau anda tidak tahu apa yang menyebabkan bunga jambu air sering rontok, maka jelas anda juga tidak tahu apa solusinya nanti. Makanaya disini dasarpertanian akan bagikan informasi tentang Penyebab Bunga Jambu Air Sering Rontok Dan Cara Mengatasinya. Untuk itu silahkan simak berikut ini penjelasannya.


Penyebab Bunga Jambu Air Sering Rontok


1. Kekurangan Air

Penyebab bungan jambu sering rontok ini bisa jadi karena kondisi tanah kering atau kemarau panjang. Ketika tanaman mulai berbunga, maka keutuhan air akan lebih banyak, begitu juga dengan tanaman buah jambu air ini. Jika tanah disekitar pohon jambu kering, maka akan menyebabkan bunga tidak jadi dan bahkan rontok.

2. Tidak Ada Penyerbukan

Penyebab bunga jambu air sering rontok juga bisa jadi karena tidak adanya penyerbukan pada putik bunga jambu. Sehingga bunga jambu air akan rontok dan berjatuhan. Makanya kalau bisa anda tanam buah-buahan jangan hanya satu pokok saja, tanamlah beberapa pokok agar dapat melakukan penyerbukan silang. Memang tanaman buah seperti jambu air ini bisa melakukan penyerbukan sendiri, namun hanya 5 % saja, selebihnya adalah dilakukan oleh binatang seperti kumbang, kelelawar, dan lain-lain.

3. Kurang Nutrisi

Penyebab bunga jambu air sering rontok dan tidak pernah jadi buah adalah karena kurang nutrisi. Nutrisi ini bisa mencakup pupuk, seperti pupuk NPK yang sangat dianjurkan agar memperkuat tangkai pada bunga calon buah jambu tersebut. Pemberian nutrisi berupa pupuk ini juga ada aturannya, tidak bisa sembarang anda berikan begitu saja.

Cara Mengatasi Kerontokan Bunga Jambu Air


Untuk mengatasi agar bunga jambu air tidak mudah rontok, anda bisa lakukan perawatan khusus seperti memberikan nutrisi penuh pada tanaman jambu air yang anda budidayakan, memberikan pupuk khusus tanaman buah, dan sebagainya. Untuk lebih lengkapnya bagaimana mencegah agar bunga buah jambu tidak rontok bisa anda baca berikut ini.


Demikianlah sedikit informasi tentang Penyebab Bunga Jambu Air Sering Rontok Dan Cara Mengatasinya. Mudah-mudahan adanya tips diatas dapat membantu mengatasi masalah anda dalam budidaya buah jambu air. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook