Loading...

Tabulampot Durian, apa bisa...??

Sponsored Links
.
Loading...

Tabulampot durian, durian di tabulampotkan, apa bisa. Hampir 6 bulan keliling sekitar daerah potensi penghasil durian, yaitu daerah agak tinggi maka saya menyimpulkan bahwa durian ini termasuk buah yang tidak bisa di tabulampotkan. Alasanya adalah bahwa durian adalah buah berpohon besar dan berumur panjang. Jadi tidak mungkin bisa di masukkan drum atau wadah lain. Untuk usia berbuah durian dari bibit stek memerlukan waktu minimal 5 thn.

Saya pernah ke pakar durian yang sudah 15 tahun menjaga kebun durian milik orang cina di daerah lereng wonosalam, yaitu kaki gunung arjuno. Bapak itu menanam 50 pohon durian montong dan menyediakan bibit juga. Saya ngobrol panjang lebar bagaimana Durian bisa dibuahkan walau di semua wilayah. Maka hasil yang saya dapat adalah:
1. Potong ranting pohon durian yang mempunyai sudut tegak. Dengan asumsi bunga durian yang bisa jadi banyak di ranting yang mendatar.
2. Lukai/potong akar durian di salah satu bagianya. Menurut beliau, dengan memotong sebagian akar, maka akan merangsang durian untuk berbunga. ( durian ini akan merasa tersakiti maka dia akan melakukan upaya regenerasi dengan memunculkan bunga )
3. Upayakan jangan terlalu banyak ranting, karena proses perkawinan bunga durian ini sebagian dilakukan oleh kelelawar. Jadi jika terlalu banyak ranting dan rimbun kelelawar akan malas untuk menggapai bunga. Jadi jangan harap banyak ranting akan banyak buah.
4. Upayakan di sekitar derah itu ada habitat kelelawar, misal dengan menanam pohon pisang. Karena daun pisang kering adalah rumah kesukaan kelelawar.

cerita:
1. Teman saya mempunyai pohon durian di depan rumah yang memang lokasi bukan dataran tinggi. Hanya mampu berbunga tanpa bisa berbuah. Umur sekitar 8 thn diameter batang 25.
2. Paman saya mempunyai 3 pohon durian di lokasi dataran rendah. Umur 13 thn lebih tidak berbuah sama sekali. Pohonya menjulang tinggi dan sangat rimbun. Ini adalah masalahnya. Jumlah ranting sangat banyak. Kesan sumpeg ini yang membuat kelelawar atau hewan lain kesulitan untuk membantu peyerbukan.
Maka saya menyarankan trik/tips membuahkan DURIAN. Semoga akan menjawab pertanyaan "durian sulit berbuah, cara durian bisa berbuah, pupuk durian agar berbuah dll"
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter