Cara mudah Stek Tanaman Alpukat

.
.

CARA STEK ALPUKAT





Perkembangan pertanian kali ini sangat cepat dan pesat perkembangannya karena dipermudah dengan bantuan teknologi informasi utamanya dalam mempereroleh akses apapun yang diinginkan oleh siapapun tergantung dari setiap individu yang berkepentingan untuk mengembangkan apa saja yang diinginkannya.

Para penghobi dan pecinta tanaman buah kiranya tidak pernah kesulitan memperoleh informasi apapun yang diingikannya, kali ini saya mau berbagi kepada para penghobi dan pecinta tanaman dalam hal memperbanyak tanaman buah alpukat (Persea americana) secara mudah,murah dan menyenangkan karena pengerjaan yang sangat sederhana.

Sebenarnya ada banyak sekali cara memperbanyak tanaman namun kali ini saya hanya akan bahas terkait dengan  cara stek saja khususnya tanaman buah Alpukat. Banyak orang mengira bahwa tanaman buah alpukat hanya dapat berkembang biak dengan biji, namun karena banyaknya permintaan akan bibit tanaman buah ini ,kemudian banyak orang mecoba mengembangkan melalui cara stek pucuk.

Keberhasilan dengan cara stek pucuk ditandai oleh terjadinya regenerasi akar dan pucuk pada bahan stek sehingga menjadi tanaman baru . Regenerasi akar dan pucuk dipengaruhi oleh faktor intern yaitu dari tanaman itu sendiri dan ekstern yaitu dari lingkungan sekitar. Salah satu faktor intern yang mempengaruhi regenerasi akar dan pucuk adalah fitohormon yang berfungsi sebagai zat pengatur tumbuh. Faktor intern yang paling penting dalam mempengaruhi regenerasi akar dan pucuk pada stek adalah faktor genetik.

Jenis tanaman yang berbeda mempunyai regenerasi yang berbeda pula. Untuk menunjang keberhasilan perbanyakan tanaman dengan cara stek pucuk, tanaman sumber seharusnya memiliki sifat-sifat unggul serta tidak terkena hama dan penyakit. Selain itu, manipulasi terhadap kondisi lingkungan dan status fisiologi tanaman sumber juga penting dilakukan agar tingkat keberhasilan stek tinggi.

Selain itu, manipulasi terhadap kondisi lingkungan dan status fisiologi tanaman sumber juga penting dilakukan agar tingkat keberhasilan stek menjadi lebih tinggi. Kondisi lingkungan dan status fisiologi yang penting bagi tanaman sumber diantaranya:

a. Status air 
    Stek lebih baik diambil pada pagi hari dimana bahan stek dalam keadaan turgid.
b. Temperatur 
    Tanaman stek lebih baik ditumbuhkan pada suhu 12°C hingga 27°C.
c. Cahaya 
     Durasi dan intensitas cahaya yang dibutuhkan tanaman sumber tergantung pada jenis tanaman,            sehingga tanaman sumber seharusnya ditumbuhkan pada kondisi cahaya yang tepat.
d. Kandungan karbohidrat.
     Untuk meningkatkan kandungan karbohidrat bahan stek yang masih ada pada tanaman sumber            bisa dilakukan pengeratan untuk menghalangi translokasi karbohidrat. Pengeratan juga berfungsi        menghalangi translokasi hormon dan substansi lain yang mungkin penting bagi pengakaran.                Sehingga terjadi akumulasi zat-zat tersebut pada bahan stek. Karbohidrat digunakan dalam                  pengakaran untuk membangun kompleks makromolekul. Elemen struktural dan sebagai sumber          energi. Walaupun kandungan karbohidrat dalam bahan stek tinggi, tetapi jika rasio C/N rendah             maka inisiasi akar juga akan terhambat karena unsur N berkorelasi negatif dengan pengakaran             stek (Hartmann et al., 1997).

Faktor lingkungan tumbuh stek pucuk yang cocok sangat berpengaruh pada terjadinya regenerasi akar dan pucuk. Lingkungan tumbuh atau media pengakaran seharusnya kondusif untuk regerasi akar yaitu cukup lembab, evapotranspirasi rendah, sistem drainase dan aerasi baik, suhu tidak terlalu dingin atau panas, tidak terkena cahaya penuh, dan bebas dari hama atau penyakit.

Menggunakan Hormon Tumbuh
Berdasarkan acuan diatas kali ini saya mencoba membuat stek pucuk tanaman dengan cara sederhana karena hanya menggunakan vitamin B1 yang saya beli seharga Rp.4000-an saya hanya butuh kurang lebih  4 - 5 butir  yang saya larutkan dalam 200 ml air untuk 25 pucuk bahan stek kemudian saya tetesi desinfektan  (bycl***) secukupnya untuk mencegah  pembusukan dan rendam selama 8 jam dan coba bandingkan dengan hormon buatan pabrik.....berapa yang harus anda bayar...... dengan cara sederhana ini saya telah mencoba beberapa tanaman stek punya daya tumbuh hampir 80%.....menarik bukan? selamat mencoba dan tetap semangat salam sukses.



Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive