Cara Menanam Pohon Bonsai Sejak Pemilihan Bibitnya

.
.
Sebelum mengetahui cara menanam pohon bonsai, terlebih dahulu mengetahui apa itu tanaman bonsai. Memperindah dengan tanaman hias yang paling banyak digemari adalah bonsai. Meskipun harganya sangat mahal namun tidak mengurangi minat pengusaha untuk bisnis peronsaian. Tanaman yang dipakai memiliki waktu hidup atau umur yang cukup lama seperti tumbuhan kayu. semua yang menekuni dengan sabar dapat menciptakan bonsai dengan maksimal. Bonsai bukanlah jenis pohon yang kerdil, akan tetapi membuat tanaman besar menjadi lebih kecil dengan cara membatasi makanan dan ruang lingkup pertumbuhan.

Tanaman yang dapat dibuat bonsai memiliki kriteria tersendiri yakni tanaman dikotil yang paling bagus untuk bonsai. Sebenarnya jenis monokotil juga bisa tetapi sebutannya bonsai sejati. Selanjutnya yang umurnya panjang karena bonsai harus tetap tumbuh jadi harus bisa memilih tanaman yang dapat hidup hingga ratusan tahun. Tahan dari segala cuaca juga termasuk dalam kriteria utama bonsai meskipun makanan dan nutrisinya sedikit tetapi masih tetap bisa hidup. Pohon yang ingin dibuat bonsai harus memiliki keindahan yang menarik baik itu bentuk batangnya atau hanya bunganya sekalipun, karena jika pembonsaian dengan cara yang tepat akan menghasilkan keindahan yang menonjol. Teknik tertentu diperlukan ketika membonsai seperti dipangkas dan diiris agar mendapatkan bentuk yang indah.

Cara menanam bonsai yang pertama harus dilakukan adalah mencari bibit yang sesuai. Harga dari bibit bervariasi tergantung dari jenisnya. Disarankan untuk memilih pohon dengan batang kayu karena mudah untuk dikerdilkan. Memiliki beberapa karakteristik yang khusus seperti daunnya berbentuk jarum sehingga indah jika dibuat bonsai. Untuk menanam dan memelihara bonsai di awal dengan memilih batang yang kuat lalu pindahkan ke pot. Bentuk alur sesuai dengan keinginan dengan menggunakan kawat. Pilih yang humusnya sedikit tetapi dengan air yang sedikit. Yang perlu diperhatikan dalam menanam bonsai ialah pot dan isinya, cara mengisi bonsai ke dalam pot, pengamanannya dan pemeliharaan. Ada beberapa gaya tanaman bonsai yaitu tegak lurus, menggantung, setengah menggantung, miring dan tegak berliku.

Cara menanam bonsai memiliki tahapan-tahapan yang pertama membentuk kerangka dasar, mengubah arah dan bentuknya. Ketika merawat bonsai, pot harus diganti setahun sekali, disiram secara rutin dan tetap terjaga dari sinar matahari.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive