Loading...

Cara Membuat Bonsai Asem Jawa

Sponsored Links
.
Loading...
bentuk-bonsai-asem-jawa
CARA MEMBUAT BONSAI ASEM JAWA -- Jika anda sedang mencari bahan untuk tanaman bonsai mungkin anda bisa mencoba pohon asem Jawa. Asem Jawa merupakan satu dari banyak jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai karena memiliki beberapa kelebihan. Salah satu kelebihan dari pohon asem jawa dijadikan bonsai adalah karena memiliki batang yang  alot  atau ulet sehingga tidak mudah patah saat dibentuk. Karena sifat asem jawa seperti itu sehingga mudah untuk dibentuk sesuai dengan keinginan dan kemauan kita. Selain itu daun asem jawa yang kecil serta batang yang bisa dibentuk indah membuat tanaman asem jawa banyak digemari sebagai bakalan bonsai.

Untuk mendapatkan tanaman asem jawa sebagai bakalan bonsai sebenarnya tidaklah sulit. Karena tanaman asem jawa banyak tumbuh diseluruh pelosok Indonesia. Hanya tidak diketahui mengapa tanaman ini disebut tanaman asem jawa. Pohon asem jawa banyak dijadikan bahan membuat bonsai karena  mempunyai tajuk yang rapat dengan daun kecil serta batang dan ranting yang super rapat.  Batangnya kokoh dan memiliki keindahan pada bagian kulit batang sehingga menjadi  daya tarik tersendiri.

Cara Membuat Bonsai Asem Jawa

Untuk membuat bonsai dari tanaman Asem jawa ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kita bisa membuat bonsai asem jawa dari biji yang kita semaikan, mencangkok dari pohon asem yang sudah besar atau mengambil bakalan bonsai dari tempat asalnya. Tanaman asem jawa tidak bisa ditanam dengan cara stek, jadi jangan coba-coba lakukan ini.

Selain itu media untuk membuat bonsai Tanaman Asem jawa juga harus tepat. Pohon asam akan memiliki kesenangan dan akan subur pada mesia tanam yang memiliki  drainase yang lancar. Karena itu media tanam bonsai asem jawa  yang paling baik adalah tanah yang sedikit berkapur dan berpasir. Kondisi ph yang normal akan membantu pemunculan tunas tunas baru yang lebih baik lagi.

Asam Jawa Berkelas Juara, Koleksi H Rofiq ,Sumenep


Membuat Bonsai Asem Jawa Dari Biji

Jika di atas sudah dijelaskan untuk membuat bonsai tanaman asem hawa bisa dilakukan dengan biji dan cangkok, berikut ini adalah cara membuat bonsai Asem Jawa dari biji:
1. Pilih Biji asem Jawa yang sudah tua atau sudah masak.

2. Rendam Biji Asem Jawa dalam air selama kurang lebih satu minggu dalam keadaan terbuka dalam mangkuk atau baskom. Perendaman ini dimaksudkan agar cangkang biji asem yang tebal dan keras itu bisa mengelupas dari bijinya.

3.  Angkat Biji asem Jawa dan rendam beberapa saat dengan pupuk pertumbuhan, Selanjutnta ditanam pada polibag atau pot yang sudah diberi media dan pupuk. Komposisi medianya adalah tanah+pupuk kandang+pasir+kompos. Yang perlu dicatat jangan terlalu dalam menimbun biji asem jawa dan tunggu hingga berkecambah serta tumbuh semakin besar. Selanjutnya pohon asem jawa siap menjadi bakalan bonsai yang siap dibentuk.

Membentuk Dan Merawat  Bonsai Asem Jawa

Jika tanaman asem jawa dari biji sudah tumbuh atau kita mendapatkan bakalan bonsai dari mencangkok, langkah selanjutnya adalah membentuk dan merawat tanaman bonsai asem jawa tersebut. Berikut beberapa langkah membuat bonsai asem jawa:
1. Menentukan bentuk bonsai asem jawa yang akan dikehendaki. Ada berbagai model bonsai asem jawa yang bisa dipilih sesuai keinginan. Namun tentunya juga disesuaikan dengan bawan bonsai yang sudah ada agar tidak terlalu ribet. Ada beberapa bentuk bonsai asem jawa yang bisa dipilih misalnya Bonsai Asem jawa dengan bentuk tegak berkelok-kelok, bentuk bonsai Sarung angin, bonsai akar terjalin, Miring ke kiri, Miring ke kanan dan bentuk bonsai lainnya.
bentuk-bonsai-asem-jawa
Salah satu Bentuk Bonsai Asem Jawa


2. Aturlah diameter batang dengan bagian bawah besar dan makin ke atas makin kecil dan seimbang antara kiri dan kanan.

3. Dahan yang baik adalah dahan yang ada di bagian puncak lengkungan batang pohon. Potong dahan  yang berada di bagian dalam lengkungan dipotong.

4. Dari pangkal batang hingga bagian puncak pohon dapat ditarik garis lurus.
5. Rajin-rajinlah memangkah dahan yang terlalu rimbun agar tidak saling menaungi.
6. Setelah itu perlu perawatan dengan melakukan pemupukan . Pemupukan bonsai asam jawa bisa menggunakan pupuk organik, pupuk kandang atau kompos dan bahan organik lain secukupnya.
7. Selanjutnay bisa dilakukan pembentukan dahan atau ranting dengan menggunakan kawat, dengan model sesuai yang dikehendaki.  Jika bentuk bonsai asam jawa ini sudah terbentuk, kawat belitan bisa diambil.

Nah itulah cara sederhana membuat bonsai dari tanaman asam jawa. Tentunya semua memerlukan kesabaran dan ketelatenan dalam merawat bonsai tanaman asam jawa untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.


Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter