Tanaman Daun Gingseng Jawa Yang Bermanfaat

Sponsored Links
Banyak orang menyebutkan jika Ginseng bermanfaat untuk meredakan tekanan darah yang meninggi sekaligus meningkatkan tekanan darah yang sedang anjlok. Itu tadi akar Gingseng yang berasal dari tanaman Panax schinsen (bahasa Korea). Di Indonesia sendiri ada tanaman yang disebut sebagai Gingseng Jawa, kalau ini yang dimanfaatkan adalah daunnya. Manfaat daun Gingseng Jawa ini pun hampir menyamai khasiat akar Gingseng.


Gingseng Jawa biasa juga disebut dengan Kolesom dengan nama ilmiah yang diberikan kepadanya adalah Talinum fruticosum. Kadang ada juga yang menyebutnya dengan Krokot Belanda. Daun Ginseng ini adalah tumbuhan perdu dengan pertumbuhan merambat dan dapat mencapai ketinggian 60 cm. Batang memiliki cabang di sebelah bawah dengan pangkal keras. Daun berbentuk bulat, tunggal dengan tepian rata dengan ujung dan pangkal lancip.


Tanaman obat ini mudah dibudidayakan menggunakan biji ataupun stek batang. Umumnya akar tumbuhan ini akan membesar bila perbanyakannya dari biji. Dengan syarat tanahnya gembur dengan humus maka ia akan tumbuh dengan subur. Daun Gingseng Jawa ini pun bisa dibudidayakan menggunakan pot untuk tanaman hias. Tak kalah dengan akar Gingseng, manfaat daun Gingseng pun bisa sebagai obat menyembuhkan berbagai penyakit.


Daun Gingseng bisa menangani antara lain kanker payudara, meningkatkan produksi ASI dan masalah keputihan. Pilih daun Ginseng Jawa yang tak kelewat tua supaya tak pahit. Daun Ginseng sarat dengan kandungan vitamin A, flavonoida, saponin, steroid dan minyak atsiri yang berfungsi memperbesar nafsu makan. Ada lagi manfaat daun Ginseng Jawa ini yaitu memperkuat stamina tubuh serta memiliki efek afrosidiak atau meningkatkan nafsu seks.


Menurut sejumlah penelitian lain pun menyatakan jika daun Ginseng Jawa terkandung senyawa turunan alkaloid, saponin, tannin, dan senyawa lain. Dinyatakan dalam penelitian itu jika manfaat daun Gingseng ini bisa memperlancar aliran darah di sistem saraf pusat dan saraf tepi. Gingseng Jawa tak hanya dimanfaatkan daunnya, akarnya pun memiliki kandungan senyawa utama antara lain flavonoida dan saponin yang fungsinya antara lain bisa untuk memperkuat paru-paru, afrosidiak dan penguat stamina (tonik).


Sebenarnya setiap bagian tumbuhan ini dapat dikonsumsi, dari akar, daun hingga bunga. Namun kelewat banyak memakan daun Ginseng Jawa akan menimbulkan keracunan. Indikasinya dengan adanya rasa mual dan agak pening di kepala. Bila anda mengalaminya, bisa diatasi lewat meminum kopi pekat disertai istirahat cukup di tempat dengan sirkulasi udara bebas. Saat ini daun Gingseng Jawa bisa diperoleh dengan mudah di beberapa supermarket di bagian sayur-mayur. Anda bisa memasak tumis, sup atau untuk pelengkap nasi goreng. Bila anda suka boleh juga dengan dimakan mentah sebagai lalap.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive