Cara Mudah Menangkap Hama Serangga Menggunakan Perangkap Warna

.
.

Menangkap Hama Serangga Menggunakan Perangkap Warna




Menangkap Serangga Tanpa Pestisida

Salah satu cara mengendalikan hama serangga adalah menggunakan perangkap warna. Perangkap ini memanfaatkan ketertarikan serangga pada warna terterntu. Perangkap ini cukup banyak digunakan karena praktis, mudah, dan murah

Mengapa Serangga Tertarik dengan Warna Tertentu

Gerakan makhluk hidup yang bereaksi terhadap cahaya atau warna disebut phototaksis. Jika makhluk hidup bergerak mendekati cahaya/warna itu adalah phototaksis positif seperti laron berkerumun di lampu.  Bunga memanfaatkan sifat ini untuk menarik serangga agar membantu penyerbukan, maka dari itu bunga berwarna-warni. Jika makhluk hidup bergerak menjauhi cahaya/warna itu adalah phototaksis negatif seperti kecoa menjauh ke gelapan disoroti senter.

Dalam membuat perangkap, kita memanfaatkan sifat phototaksis postitif dalam menangkap serangga. Serangga umumnya tertarik dengan warna merah, biru, hijau, dan kuning. Dari ketiga warna tersebut, warna kuning yang paling banyak serangga yang tertarik, kemudian disusul warna biru, hijau, dan merah.

Warna Hijau, Kuning, Merah, dan Biru bagi Serangga

Serangga menyukai warna-warna yang kontras. Cara serangga melihat suatu warna tidak seperti cara kita melihat. Seperti halnya warna hijau daun bagi serangga itu adalah warna kuning dan warna biru secara terpisah, mengingat hijau adalah gabungan warna biru dan kuning, serangga yang tertarik dengan warna ini biasanya hama daun. Dan serangga juga menyukai warna-warna yang berbias ultraviolet, serangga yang tertarik dengan warna seperti merah atau biru biasanya lebah.

Maka dari itu perangkap warna yang digunakan untuk menangkap hama serangga biasanya berwarna kuning. Karena hama serangga biasanya paling banyak menyerang daun. Warna biru juga digunakan untuk menarik hama thrips yang menyerang bunga atau daun tua.

Cara Kerja Perangkap Kuning

Hama daun lebih suka daun yang masih muda. Bagi mereka kertas warna kuning terlihat seperti kumpulan daun-daun muda. Warna kuning juga bagi serangga menandakan buah-buahan itu telah masak. Maka dari itu warna kuning menarik serangga untuk hinggap paling banyak

Membuat Perangkap Serangga dengan Perangkap Warna

Cara ini mudah dilakukan dan murah, yaitu menggunakan papan atau botol yang diberi cat kuning atau kertas kuning. Kemudian diolesi dengan bahaan perekat. Perangkap tersebut diletakkan diantara tanaman-tanaman. Penggunaan perangkap ini sangat efektif diterapkan untuk hama yang aktif siang hari. Cara pembuatan perangkap ini sebagai berikut.
  1. Papan persegi dibuat dengan ukuran 30x30 cm atau botol akua 1 liter
  2. Papan atau botol dicat kuning atau dibungkus plastik atau kertas warna kuning
  3. Permukaan botol atau papan dioleskan zat perekat hingga rata
  4. Letakkan perangkap tersebut pada tiang2 di kebun, tiap 10m2 pasang minimum 1 buah perangkap
Perekat pada perangkap perlu dikontrol dan diperbarui secara teratur supaya perekat tidak kering.Berikut perekat yang dapat digunakan

  • Getah nangka
  • Karet gelang dicampur minyak tanah 1:1
  • Sterofoam dicampur bensin 1:1
  • Lem tikus

    Memaksimalkan Keampuhan Perangkap

    Perangkap warna dapat dimaksimalkan untuk fokus menangkap serangga tertentu. Misal lalat buah, bisa menggunakan buah tiruan yang berwarna kuning kemudian diberi perekat. Atau bisa juga papan kuning ditambahkan metil eugenol atau pheromon sebagai zat penarik melalui aroma untuk memperkuat daya tarik.

    Perangkap Warna pada Toko Pertanian


    Contoh Blue dan Yellow Traps

    Biasanya di toko pertanian disediakan yellow traps berbentuk lembaran yang sudah diberi perekat. Ada juga yang berbentuk tabung. Jadi langsung tinggal pakai.

    Sumber : http://taman-berkebun.blogspot.com/2015/07/menangkap-hama-serangga-menggunakan.html
    Sponsored Links
    loading...
    Loading...
    .

    Blog Archive