Berbagai Macam Cara Melawan Burung Pipit

.
.


 
bururng
Burung pipit (Lonchura leucogastra) sering menjadi hama yang menjengkelkan para petani. Jumlahnya yang mencapai ribuan bisa menghabiskan bulir padi yang siap panen dalam waktu singkat. Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan petani untuk bisa melawan burung pipit. Banyak diantaranya menggunakan cara tradisional yang melelahkan dengan hasil kurang memadai, namun ada juga yang sudah memodifikasi teknologi yang cukup efektif mengendalian burung pipit. Berikut ini beberapa cara yang biasa dipakai petani untuk melawan burung pipit.
  1. Meskipun hasilnya kurang efektif namun penggunaan ‘hantu sawah’, boneka atau orang-orangan di sawah masih banyak dipakai para petani. Cara sederhana ini biasanya dilengkapi dengan pemasangan pita, plastik dan bunyi-bunyian.
  2. Ada pula yang menggunakan pita kaset yang diikat secara horisontal di seluruh penjuru sawah untuk menakuti burung. Cara ini biasanya dilengkapi dengan ‘bendera’ yang dibuat dari lembaran plastik atau karung pupuk bekas.
  3. Membuat kincir angin dilengkapi kaleng sebagai sumber bunyi. Burung pipit akan terganggu ketika mendengar suara keras. Cara ini bisa dimodifikasi dengan mempergunakan motor bertenaga listrik atau aki baterai.
  4. Cara yang cukup efektif adalah dengan menggunakann jaring penangkap ikan bekas.  Petani dapat membeli jaring bekas pada nelayan terdekat. Jaring bekas dipasang di sawah dengan menancapkan beberapa bambu sebagai tiang di pematang sawah,  kemudian mengikat jaring di bambu tersebut dan membetang di atas tanaman padi yang mulai masak atau mulai diserang hama burung. Jaring bekas dapat dipakai beberapa kali, tergantung dari kondisinya. Cara ini bisa juga menggunakan jaring plastik baru namun harganya relatif lebih mahal.
  5. Dengan menggunakan plastik mengkilap berukuran panjang yang dipasang di sawah. Plastik ini bermanfaat untuk memantulkan sinar matahari yang akan membuat silau burung pipit sehingga mereka tidak jadi mendekati lahan pertanaman padi.
  6. Mempergunakan kepingan CD atau DVD bekas. Cara sederhana ini banyak dilakukan petani di China, dan hasilnya cukup efektif untuk mengusir burung pipit. Caranya, tancapkan kayu dengan diameter  sekitar 5 cm dengan tinggi sekitar 15 cm di atas pucuk tanaman padi. Di atas tiang tersebut dipasang kepingan CD ataupun DVD bekas, dengan bagian yang bisa memantulkan cahaya menghadap matahari. Burung pipit akan silau ketika mendekati lahan sawah.
  7. Menggunakan pestisida nabati berupa buah serut. Buah serut dicuci bersih, ditumbuk sampai halus, dan direndam dalam air sekitar 24 jam, dengan perbandingan 3 kilogram buah serut dan 10 liter air. Buah serut itu disaring dengan kain kasa. Formula itu lalu disemprotkan pada tanaman padi dua kali seminggu. Bisa juga dengan menyemprotkan larutan umbi gadung dan brotowali.
  8. Membuat layang-layang menyerupai burung elang yang terbuat dari plastik bekas warna hitam, atau menggantung beberapa burung elang mainan anak yang banyak dijual di pasar. Cara ini terbukti efektif mengusir burung pipit.
  9. Ada cara unik mengusir burung pipit dengan jengkol. Buah jengkol diredam beberapa hari, setelah keluar bau menyengat jengkol dan air rendaman dimasukkan ke dalam botol dan diletakan di beberapa sudut sawah. Bau menyengat jengkol akan mengusir burung pipit dari sawah.
Masih banyak cara yang dilakukan petani untuk melawan burung pipit. Silakan mencoba.
Sumber : http://tabloidsahabatpetani.com/senjata-melawan-burung-pipit/
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive