Nih, Panduan Menanam Bunga Wijaya Kusuma!

.
.
cara-menanam-wijaya-kusuma.jpg
Bagaimana cara menanam bunga wijaya kusuma? Wijaya kusuma (Epiphyllum anguliger) adalah tanaman hias berbunga yang tergolong dalam keluarga kaktus-kaktusan. Daunnya berwarna hijau dan berbentuk pipih dengan lekukan-lekukan kecil di bagian tepinya. Pada dasarnya, tanaman wijaya kusuma menyukai daerah yang subur, sejuk, dan terlindung mengingat habitat alaminya yang berada di dalam hutan belantara.

Wijaya kusuma disenangi oleh banyak penghobi tanaman karena memiliki bunga yang putih bersih dan harum semerbak. Konon, bunga ini hanya akan mekar di tengah malam dan berguguran saat menjelang pagi. Itulah kenapa, bunga wijaya kusuma memiliki keistimewaan mistik dan banyak dipakai di dalam ritual-ritual adat tertentu.
Tidak susah kok menanam bunga wijaya kusuma! Berikut ini langkah-langkah panduannya :
Alat dan Bahan :
  • Bibit wijaya kusuma
  • Pot
  • Pasir
  • Pupuk kandang
  • Cacahan pakis halus
  • Tanah humus
  • Pecahan genteng
  • Air
  • Sekop kecil
Langkah-langkah :
  1. Siapkan bibit wijaya kusuma yang bisa dibeli di toko-toko pertanian terdekat. Anda juga dapat membuat bibit sendiri melalui stek batang yaitu dengan memotong batang tanaman yang sehat dan segar sepanjang 12-18 cm. Kemudian batang diangin-anginkan selama 2-3 hari, lalu tanamkan pangkal batang di media tanam sedalam 5-7 cm.
  2. Wijaya kusuma menyukai media tanam yang subur, bersih, dan porous. Anda bisa membuat media tanam ini dengan mencampurkan pasir, pupuk kandang, cacahan pakis halus, dan tanah humus dengan perbandingan 2:3:1:4 atau 1:3:2:4. Setelah itu, media tanam yang sudah tercampur rata tersebut dimasukkan ke dalam pot dengan diberi alas berupa pecahan genteng sebagai penahan.
  3. Pola penyiraman wijaya kusuma sebaiknya disesuaikan dengan kondisi iklim di daerah setempat. Apabila kemarau, tanaman dapat disiram sebanyak dua kali sehari sehingga kebutuhan air tercukupi. Sebaliknya di saat musim penghujan, kurangi frekuensi penyiraman menjadi dua hari sekali atau disesuaikan dengan tingkat kelembaban media tanam. Kondisi media tanam yang terlalu lama akan mengakibatkan akar bunga wijaya kusuma membusuk dan tanaman pun mati.
  4. Pemupukan ulang wijaya kusuma bisa dilakukan sebulan setelah penanaman. Idealnya, pemupukan ini menggunakan pupuk NPK dengan komposisi yang seimbang. Dosis yang dipakai sebanyak satu sendok teh per tanaman atau disesuaikan dengan saran masing-masing produk pupuk.
  5. Penyiangan harus dilakukan secara rutin guna mencegah tumbuhnya gulma di pot tanaman. Perawatan juga termasuk pemberian fungsida dan insektisida dengan teratur, serta pemangkasan bagian-bagian tanaman yang berpenyakit.
Selamat berkebun!
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive