Ini Cara Murah Meriah Membasmi Kutu Daun Pada Tanaman Hias

.
.
MEMBASMI KUTU DAUN -- Salah satu yang menjengkelkan dalam merawat tanaman hias adalah serangan hama yang membuat tanaman kesayangan rusak bahkan mati. Ada banyak sekali hama dan penyakit yang bisa menyerang tanaman hias, salah satunya adalah kutu daun. Kutu daun sendiri merupakan hewan kecil yang termasuk dalam hama tanaman termasuk tanaman hias . Tubuhnya yang mungil membuat hewan ini sulit dikenali atau diketahui dengan cepat jika tidak jeli mengamatinya.

Kutu daun sendiri memiliki spesies yang sangat banyak, ada lebih dari 4000 jenis kutu daun yang ada di muka bumi ini. Selain spesies kutu daun yang sangat banyak, warna dan bentuk kutu daun juga sangat bervariasi. Warna kutu daun mulai yang berwarna coklat, merah, hitam, hijau, atau kuning tergantung pada spesiesnya.

Kutu daun bisa merusak tanaman hias karena mereka makan dengan mengisap getah tanaman terutama pada tunas yang baru tumbuh. Kutu daun umum ditemukan di bawah daun dan bahkan pada akar. Serangan kutu daun mengakibatkan daun menggulung, layu, serta menghambat pertumbuhan tanaman. Dalam jumlah yang besar, akan mengakibatkan kematian pada tanaman.

Untuk mengatasi serangan kutu daun pada tanaman hias, beberapa langkah berikut mungkin bisa dilakukan:

Cara pertama Membasmi Kutu Daun
Cara paling sederhana membasmi kutu daun adalah dengan menyemprot tanaman menggunakan air. Jika Anda memiliki tanaman dalam pot yang diletakkan di dalam rumah, bawa keluar pot kemudian semprot tanaman dengan air. Lakukan pemyemprotan setiap hari hingga tanaman terbebas dari kutu daun.

Cara Kedua Membasmi Kutu Daun Semprotkan Cabe
Anda dapat membuat semprotan cabe untuk mengendalikan kutu daun. Siapkan 3 – 4 cabai, beberapa siung bawang putih, dan satu liter air. Masukkan semua bahan ke dalam blender. Setelah halus, larutkanke dalam air untuk kemudian disemprotkan ke tanaman yang terjangkiti kutu daun.

Cara Ketiga Membasmi Kutu Daun
Anda dapat menggunakan predator alami untuk mengendalikan kutu daun. Kepik merupakan salah satu predator alami bagi hama ini. Anda akan terkejut mengetahui bahwa kepik dewasa dapat makan hingga 1000 kutu daun dalam satu hari.Untuk mengatasi kutu daun, lepaskan kepik pada malam hari setelah menyiram tanaman terlebih dahulu.Metode ini umumnya mampu bekerja dengan baik, bahkan pada tanaman yang terserang parah sekalipun.

Cara Keempat Membasmi Kutu Daun
Selain cara alami, kutu daun juga bisa dibasmi menggunakan insektisida. Untuk melakukan hal ini, campur satu sendok teh insektisida dengan satu liter air. Masukkan larutan ke dalam botol semprot dan semprotkan pada bagian yang terserang kutu daun. 

Nah itu tadi beberapa langkah Membasmi kutu daun pada tanaman hias. Selamat Mencoba.

sumber : tatakebun.blogspot
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive