Loading...

7 Cara Perawatan Harian Burung Cendet Sebelum Lomba

Sponsored Links
.
Perawatan Cendet Lomba- Cara Perawatan Harian Burung Cendet Sebelum Lomba. Burung Cendet yang telah mencapai puncak performance dapat ditandai dengan suara kicauan Gacornya yang tak henti-henti saat dirumah maupun digantang saat Lomba atau dimana pun tempatnya. Untuk Anda yang masih baru dalam hoby cendet, tentunya akan merasa kebingungan. Anda tentu saja belum paham seperti apa dan bagaimana cara memperlakukan cendet yang bagus sebelum diturunkan ke arena lomba. Cara merawat burung Cendet lomba sesungguhnya tidak jauh berbeda dengan perawatan Cendet harian. Salah satu yang harus kita berikan dalam perawatannya adalah Pakan EF (extra fooding). Pemberian pakan berupa EF yang baik tentu berbeda jumlah atau porsi EF untuk harian dan saat akan di ikut sertakan dalam lomba. Tujuan perawatan tahapan ini yakni menyiapkan burung supaya memiliki tingkat birahi yang diinginkan serta mempunyai stamina yang stabil. Sebelumnya telah kami buat tentang mengatasi Cendet Salto silahkan anda simak.

Banyak perlombaan burung kicau yang mengikutsertakan cendet dalam kategori tertentu, hal ini tentu menjadi pemicu bagi pecinta cendet untuk membuat cendet bisa lebih baik kualitasnya, sehingga ketika diadu, bisa tampil prima dan bahkan bisa juara. Tetapi untuk Anda yang sudah sering menurunkan cendet ke latberan maupun even-even lomba burung berkicau, mempersiapkan cendet bukanlah hal yang sulit. Hal ini karena Anda sudah berpengalaman, dan Anda juga tentunya sudah mengenal betul seperti apa karakter cendet jagoan Anda. Lalu seperti apakah Setingan/Setelan Burung Cendet Menjelang di lombakan? karena banyak hobies pemula yang kuatir burungnya tidak koncer atau hanya diam saat digantang. 

http://miefbird.blogspot.com/2017/04/cara-perawatan-harian-burung-cendet.html
Cara Perawatan Harian Burung Cendet Sebelum Lomba

Cara Perawatan Harian Burung Cendet Sebelum Lomba


H-3 burung harus full kerodong
Pertama-tama, persiapan cendet untuk lomba sebaiknya dimulai H-3. Pada saat itu, burung sudah harus dalam kondisi ful kerodong. Hal ini bertujuan agar burung dalam kondisi tenang dan tidak banyak mengeluarkan tenaga. Sebab, ketika cendet dibiarkan sebagaimana harian biasa, cendet akan cenderung bertempur secara terus-menerus jika mendengar suara burung sejenis. Pun misalnya tidak ada burung sejenis, tentu cendet akan tetap berbunyi sehingga menguras banyak tenaga. Maka dengan dikerodong, diharapkan cendet bisa menyimpan tenaga tersebut untuk digunakan saat turun lomba supaya mempunyai performa yang maksimal.

Tidak mandi dan jemur dulu
Selama dikondisikan seperti ini, sebaiknya burung diistirahatkan total dengan tidak dimandikan dan dijemur. Tujuannya, selain supaya burung bisa tenang dan mengumpulkan tenaga, juga diharapkan supaya burung mempunyai level birahi yang maksimal. Sebab, jika burung dimandikan dan dijemur, secara otomatis level birahinya akan berubah. Karenanya, mengistirahatkan burung secara total sangat mungkin untuk Anda lakukan supaya level birahi burung tetap stabil.

Naikkan porsi EF
Menaikkan porsi EF untuk cendet yang disiapkan untuk lomba juga sangat penting. Hal ini selain bertujuan supaya tenaga burung lebih besar, juga untuk mendongkrak level birahinya supaya lebih siap menghadapi lawan-lawannya. Sebab, saat burung digantang, burung harus “berperang” menghadapi banyak musuh yang harus dikalahkan. Dan adapun jenis EF yang biasanya diberikan adalah berupa jangkrik. Selain itu, Anda bisa menambahkan kroto atau ulat hongkong.

Hari H burung dimandikan
Cendet yang hendak turun lomba dan sudah mengalami perubahan setingan seperti ini, sebaiknya dimandikan pada hari H. Hal ini bertujuan untuk membuat relaksasi dan meredam birahi dan emosi cendet yang berlebihan supaya tidak munting. Namun demikian, ada beberapa burung yang kadang kala tidak membutuhkan mandi. Karenanya, sesuaikan dengan kondisi burung Anda sebab ini juga sangat menentukan maksimal dan tidaknya penampilan burung Anda.

Mengenai kapan waktu mandi, juga harus disesuaikan dengan karakter burung Anda. Ada kalanya burung suka dimandikan malam hari (malam hari H) atau beberapa sesi sebelum digantang. Bahkan, jika gantangan Anda dekat, ada cendet yang meminta dimandikan sebelum Anda berangkat ke gantangan.

Jemurlah walaupun sebentar
Jika cendet Anda mandi di siang hari, sebaiknya cendet dijemur untuk menghangatkan tubuhnya dengan durasi yang tidak terlalu lama. Namun ada beberapa cendet, sekalipun mandi di siang hari, tidak membutuhkan jemur. Sebab ada kalanya birahi burung malah meningkat lagi. Sedangkan jika cendet Anda mandi di malam hari, Anda cukup mengangin-anginkannya.

Berikan EF sehabis mandi
Setelah cendet selesai mandi, sebaiknya diberikan EF berupa jangkrik. Adapun takarannya disesuaikan dengan setelan yang telah Anda berikan sejak –H3.

Berikan EF sebelum digantang
Ada beberapa pemain yang memberikan jangkrik lagi di lapangan, sebelum cendet digantang. Hal ini bertujuan untuk menambah tenaga pada cendet supaya bisa bertarung dengan maksimal. Namun jika Anda khawatir cendet Anda akan munting, sebaiknya hal ini tidak dilakukan.

Jika anda ingin memiliki burung cendet yang gacor dan bisa menjadi kebanggaan, anda harus bisa memahami kebutuhan dari burung cendet anda. Jangan memaksakan kehendak anda untuk menjadikan burung yang rajin berkicau, karena burung yang rajin berkicau itu adalah burung yang nyaman di dalam sangkarnya dan bersahabat dengan pemiliknya. Jika satu setingan tidak anda temukan dan kurang memuaskan silahkan mencoba setingan yang lain, karena dalam merawat burung tidak ada setingan yang mutlak benar.

Demikianlah Cara Perawatan Harian Burung Cendet Sebelum Lomba. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Loading...
Loading...