Loading...

Cara Mudah Membuat Hormon Tanaman Unggul

Sponsored Links
.
Loading...
CARA MEMBUAT PUPUK ORGANIK CAIR PEMACU TUMBUH ZPT ORGANIKSobat tani semua kali ini saya akan membagikan cara membuat pupuk organik cair pemacu tumbuh. Sebelum melangkah ketahap selanjutnya, juragan tani tarus mengetahui pengertian dari pupuk organik cair pemacu tumbuh terlebih dahulu. Pupuk organik cair pematu tumbuh atau biasa saya sebut POCPT adalah salah satu jenis pupuk organik yang dibuat sedemikian rupa dengan tujuan untuk memacu pertumbuhan tanaman. Sebenarnya POCPT ini merupakan hasil kombinasi antara pupuk organik biasa dengan ZPT (Zat Pengatur Tumbuh).
Pupuk ini merupakan hasil ekstraksi dari bagian bagian tumbuhan yang diduga banyak mengandung auksin, dan giberelin sehingga diharapkan setelah diberikan perlakuan POCPT ini tumbuhan akan terpacu untuk tumbuh baik batang, tunas, maupun akarnya. Pupuk POCPT ini digunakan pada saat tanaman masih dalam fase pertumbuhan vegetatif.
 

Langsung saja tanpa basa-basi lagi siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu1.       akar-akaran tanaman( saya menggunakan akar tanaman yang banyak mengandung Rhizoma( akar lamtoro, akar turi, akar kumis kucing)2.       taoge 0,5kg. taoge adalah sumber auksin.3.       Daun-daunan hijau boleh pakai kangkung, enceng gondok rekomendasi pakai daun lamtoro yang banyak mengandung Nitrogen 2kg4.       Yakult 2 botol sebagai sumber mikroorganisme. Boleh menggunakan EM-45.       Gula 0,25 kg. boleh menggunakan madu atau tetes tebu tergantung kondisi keuangan Juragan Tani semua.6.       Alat yang diperlukan : blander, pisau, tempat inkubasi berupa ember dengan penutup rapat kapasitas 10liter, saringan menggunakan pakaian bekas untuk menyaring pupuk setelah jadi.
Cara pembuatan
  • Siapkan niat yang membara. Karena jika tidak ada niat tak akan terlaksana
  • Potong kecil-kecil semua bahan yang akan digunakan
  • Blander semua bahan hingga benar-benar halus
  • Masukkan semua bahan pada tempat inkubasi
  • Masukkan air sebanyak 8 liter pada ember inkubasi.
  • Aduk hingga merata
  • Cairkan gula dan campurkan pada tabung inkubasi.
  • Berikan yakult 2 botol pada tabung inkubasi.
  • Mix atau aduk hingga merata atau homogeny
  • Tutup rapat-rapat.
Setelah itu semua telah dilakukan juragan tani boleh istirahat terlebih dahulu boleh sambal ngopi atau ngeteh tapi juragan tani g boleh merokok ya. Haram hukumnya! HhehehPada hari ke-3, hari ke-5, dan hari ke-7 lakukan pembukaan ( hati-hati dalam membuka bisa meledak) pada fase ini organisme akan menghasilkan CO2 yang tinggi. Setelah dibuka aduk sekitar 5 menit dan biarkan terbuka selama setengah jam kemudian tutup rapat kembali.Pembukaan selanjutnya dilakukan pembukaan pada hari ke 15-21 jika sudah tidak timbul bau yang menyengat berarti pupuk organik cair pemacu tumbuh siap digunakan. Jangan lupa saring terlebih dahulu. Ampas yang dihasilkan bisa digunakan sebagai pupuk organik. Dosis yang digunakan 1:10 yang berarti 1liter POCPT untuk 10Liter air. Dan digunakan untuk menyiram tanaman 1 minggu sekali.Catatan untuk juragan tani boleh memodifikasi cara pembuatan dengan apapun terserah juragan tani semua. Tidak boleh menggunakan dalam dosis tinggi karena akan menyababkan kematian. Saya pernah menyirmkan pupuk pada tanaman Tin saya tanpa ada pengenceran 3 hari kemudian tanaman layu dan kering pada satu minggu setelah siram 

Sponsored Links
Loading...