Kelebihan Serbuk Gergaji Sebagai Media Tanam

.
.
Anda pasti sudah mengetahui, jika kini bukan hanya tanah yang bisa anda jadikan sebagai media tanam untuk menanam tanaman. Anda bisa menanam dengan arang, sekam, pasir, air dan juga serbuk gergaji. Ternyata, serbuk gergaji juga memiliki kandungan unsur hara seperti tanah. Serbuk gergaji sebagai media tanam ini sudah dimanfaatkan sejak waktu yang lama. Maka dari itu anda pasti pernah melihat orang di sekitar anda menanam tanaman dengan menggunakan serbuk gergaji, namun biasanya tanaman yang ditanam dengan serbuk gergaji adalah tanaman yang tidak memiliki ukuran terlalu besar.
Serbuk Gergaji Sebagai Media Tanam
Serbuk Gergaji Sebagai Media Tanam

Seperti namanya, serbuk gergaji merupakan limbah dari aktifitas atau industri menggergaji kayu. Karena pada awalnya limbah ini dianggap menimbulkan masalah seperti membusuk dan mengganggu keindahan lingkungna, akhirnya beberapa orang mencoba memanfaatkannya dan mulai menjadikannya sebagai media tanam. Meskipun sebelumnya serbuk gergaji lebih sering dimanfaatkan untuk menjadi campuran dalam membuat kayu olahan. Selain itu, serbuk gergaji juga biasanya dijadikan bahana campuran untuk bahan campuran membuat kertas.

 
Serbuk gergaji sebagai media tanam dipilih karena bahan serbuk gergaji kayu karena dapat menyerap air dengan optimal. Mencampur tanah dengan serbuk gergaji sebagai media tanam juga dapat membuat tanah disekitarnya menjadi lebih subur dan penyerapan unsur menjadi lebih mudah.

Serbuk gergaji sebagai media tanam biasanya digunakan jika anda menanam di pot atau polybag. Serbuk gergaji juga dipilih sebagai media tanam karena teksturnya yang ringan, sehingga akar akan lebih cepat tumbuh dan berkembang. Karena teksturnya yang lembut itulah sebuk gergaji cocok dimasukkan ke dalam tempat apa saja. Serbuk gergaji juga dapat menyimpan air dengan baik seperti halnya tanah.
Kelebihan serbuk gergaji sebagai media tanam lainnya adalah memiliki kadar porositas yang tinggi namun masih bisa diatur kepadatannya, sehingga anda bisa mendapatkan tingkat porositas yang anda inginkan dengan mengatur rasio air yang anda berikan.

Namun, disamping kelebihan serbuk gergaji sebagai media tanam. Ada juga beberapa kekurangan dari serbuk gergaji ini, yaitu serbuk gergaji sangat mudah untuk diserang jamur. Jadi jika anda membiarkannya terlalu lama lembab, serbuk gergaji akan berjamur dan merusak tanaman anda dan bisa menyebabkan tanaman menjadi mati. Jadi jika anda ingin menjadikan serbuk gergaji sebagai media tanam, anda harus mengeceknya setiap hari dan memastikan intensitas cahaya yang diterima oleh tanaman anda.
Serbuk Gergaji Sebagai Media Tanam
Serbuk Gergaji Sebagai Media Tanam
Selain itu, serbuk gergaji sebagai media tanam juga memiliki kekurangan lainnya. Yaitu anda harus benar-benar mengeceknya setiap hari, karena selain tidak bisa membiarkan terlalu lembab. Anda juga tidak boleh membiarkan serbuk gergaji terlalu kering, karena kepadatannya akan hilang dan membuat tanaman anda mudah roboh, sehingga juga bisa menyebabkan tanaman anda menjadi mati.

Jika anda ingin menjadikan serbuk gergaji sebagai media tanam, ada baiknya anda mencapurnya dengan tanahm atau memberinya pupuk terlebih dahulu untuk memberikan tambahan unsur hara. Untuk pemanfaatan serbuk gergaji lainnya dalam industri pertanian yaitu, digunakan sebagai mulsa yaitu sebagai pelembab tanah.

Jika anda sudah mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan serbuk gergaji sebagai media tanam, apakah anda berencana untuk memanfaatkan serbuk gergaji ini? Namun, anda juga harus mengerti tanaman apa yang cocok untuk anda tanam dengan menggunakan serbuk gergaji sebagai media tanam, karena tidak semua tanaman cocok jika ditanam dengan menggunakan media tanam serbuk gergaji. Anda juga harus mengatur intensitas cahaya yang diterima oleh tanaman anda. Apapun media tanam yang anda pilih, semoga tanaman anda memberikan hasil yang terbaik.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive